... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Transaksi pada Hari Jumat, Bolehkah?

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Jumat adalah hari yang dikhususkan dalam Islam. Pada hari itu, Allah menganjurkan hamba-Nya untuk memperbanyak ibadah serta meninggalkan segala sesuatu yang dapat menganggu ibadah tersebut.

Salah satu amalan yang dilarang pada hari itu adalah melakukan transaksi jual beli ketika sang muazin mengumandangkan azan ketika imam telah duduk di atas mimbar. Hal ini sesuai dengan firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al-Jumu’ah: 9)

Atas dasar ayat ini, para ulama sepakat bahwa hukum melakukan transaksi pada saat berlangsungnya ibadah shalat jumat adalah haram. Kemudian bagaimana dengan mereka yang tidak diwajibkan shalat jumat? Apakah transaksi pada saat itu juga dilarang?

Jual-beli pada saat berlansungnya jumatan tidak diharamkan, kecuali terhadap orang yang berkewajiban melakukan ibadah shalat Jumat. Karena itu, kalau ada dua orang anak kecil, dua orang perempuan, atau dua orang musafir melakukan transaksi jual-beli, hal itu boleh dan sah-sah saja.

Jika terjadi transaksi jual-beli antara orang yang berkewajiban shalat Jumat dengan orang yang tidak berkewajiban melaksanakannya, yang diharamkan ialah terhadap orang yang berkewajiban. Apakah ia juga diharamkan terhadap orang yang tidak berkewajiban karena telah membantunya melakukan dosa atau memang tidak diharamkan karena tidak terkena perintah melaksanakan shalat Jumat?

BACA JUGA  Habib Rizieq Sampaikan Lima Amanat Perjuangan di Reuni 212

Jawabannya, ada dua pendapat di kalangan para ulama. Pendapat terkuat ialah yang mengatakan transaksinya juga haram. Sebab, Allah telah berfirman, “…Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…” (Al-Mâ`idah: 2). Dalil ini menguatkan pendapat yang menyatakan haram. (Al-Mughnî: III/364, dan Al-Fawâkih Ad-Dawânî: I/258)

Sementara itu, apakah akad selain jual beli juga turut diharamkan, seperti ijarah (sewa), shulh (berdamai), dan nikah? Jumhur ulama dari kalangan mazhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan salah satu dari dua pendapat di kalangan mazhab Hanbali mengatakan, “Selain akad jual beli—yaitu berupa akad-akad yang bisa mengganggu orang yang shalat—hukumnya sama juga seperti akad jual beli. Sehingga, hukumnya pun sama, yaitu haram.” Pendapat ini dipilih Imam Asy-Syaukani dalam tafsirnya, Fathul-Qadîr.

Baca halaman selanjutnya: Adapun pendapat yang satu lagi...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Kunjungi Mesir Diam-diam, Khalifah Haftar Disambut Istimewa

Mantan panglima militer Libya yang kini memimpin pasukan untuk merebut kekuasaan, Khalifah Haftar, Kamis (19/01), tiba di Kairo dalam kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya

Jum'at, 20/01/2017 10:12 0

Indonesia

Hari Pertama Pendaftaran Koperasi Syariah 212, Pendaftar Tembus 500 Orang

Koperasi Syariah 212 hari ini (Jumat, 20/01) membuka pendaftaran pertama di Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia, Sentul, Bogor

Jum'at, 20/01/2017 09:34 4

Amerika

PBB dan AS Diundang Hadiri Negosiasi Astana

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Amerika Serikat akhirnya diundang untuk menghadiri negoasiasi damai antara rezim dan oposisi Suriah di ibukota Kazakhsan, Astana, pada 23 Januari mendatang. PBB menyatakan kemungkinan besar hadir sementara AS masih pikir-pikir.

Jum'at, 20/01/2017 09:03 0

Malaysia

OKI Akan Kirim Delegasi Kunjungi Warga Rohingnya di Arakan

Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Kamis (19/01), memutuskan mengirim delegasi tingkat tinggi ke Arakan, Myanmar, untuk bertemu dengan pejabat pemerintah dan warga minoritas Rohingya yang mengalami kekerasan.

Jum'at, 20/01/2017 08:26 0

Indonesia

Deklarasi Persatuan Umat Islam Dicetuskan di Jakarta

Sejumlah tokoh dan perwakilan ormas Islam hari ini menggelar pertemuan di Jakarta, dan sepakat untuk mencetuskan Deklarasi Persaudaraan Umat Islam

Kamis, 19/01/2017 21:18 3

Indonesia

GNPF-MUI: Kita Tolak Segala Upaya Deligitimasi Fatwa MUI

MUI merupakan lembaga fatwa bagi umat Islam di Indonesia. Hal itu telah disepakati oleh ormas-ormas Islam di Tanah Air.

Kamis, 19/01/2017 20:26 0

Suriah

Rezim Assad Ulangi Skenario Aleppo di Wadi Barada

Militer rezim Suriah mengepung daerah Wadi Barada di Pedesaan Damaskus menyusul pertempuran yang berlangsung selama satu

Kamis, 19/01/2017 19:56 0

Suriah

Informan Rezim Suriah, Aktif Sejak 2011 hingga Masuk Bulan Sabit Merah

Operasi intelijen Rezim Suriah dengan memasukkan mata-mata ke berbagai wilayah yang dikuasai oposisi terungkap melalui sebuah rekaman audio. Salah satu agen yang aktif berperan dalam operasi yang berlangsung sejak awal konflik Suriah tersebut adalah Mahmoud Mahrous Al-Musa

Kamis, 19/01/2017 19:01 0

Amerika

AS Didesak Siarkan Seluruh Foto Penyiksaan Tahanan Iraq dan Afghanistan

Departemen Pertahanan AS kembali diminta untuk menunjukkan foto-foto penyiksaan tentara Angkatan Darat terhadap para tahanan penjara Abu Ghuraib dan penjara lainnya di Iraq dan Afghanistan.

Kamis, 19/01/2017 18:08 0

Afrika

Akui Bom di Kamp Militer Mali, Al-Murabithun: Itu Balasan Bagi Boneka Perancis

Gerakan Al-Murabitun pimpinan Mukhtar Bel Mukhtar bertanggung jawab atas serangan mematikan di sebuah kamp militer di Kota Jao, Mali Utara, pada Rabu pagi (18/01) waktu setempat.

Kamis, 19/01/2017 17:30 0

Close