... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Deklarasi Persatuan Umat Islam Dicetuskan di Jakarta

Foto: Deklarasi Persaudaraan Umat Islam dibacakan di Masjid Al-Azhar Jakarta, Kamis (19/01)

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah tokoh dan perwakilan ormas Islam hari ini menggelar pertemuan di Jakarta, dan sepakat untuk mencetuskan Deklarasi Persaudaraan Umat Islam.

Para tokoh dan perwakilan ormas Islam mengikuti pertemuan yang digelar di Masjid Al-Azhar, Kamis (19/01). Pertemuan yang diikuti oleh puluhan peserta itu berlangsung tertutup sejak pagi hingga siang hari. Pertemuan sempat diwarnai jeda ketika memasuki waktu Shalat Dzuhur, dan kembali dilanjutkan hingga memasuki waktu Ashar.

Sejumlah nama terlihat hadir dalam pertemuan tersebut, seperti Mantan Ketua MPR RI Amien Rais, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Prof. Didin Hafiduddin, dan KH Cholil Ridwan. Hadir pula tokoh-tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) yaitu Habib Muhammad Rizieq Shihab, KH Bachtiar Nasir, KH Misbahul Anam, dan KH Zaitun Rasmin.

Seusai pertemuan, para tokoh tersebut membacakan sebuah deklarasi secara bersama-sama. Pernyataan bersama itu dinamai Deklarasi Persaudaraan Umat Islam.

Berikut isi lengkap Deklarasi Persaudaraan Umat Islam:

Deklarasi Persaudaraan Umat Islam

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Agung, Pencipta dan Penguasa langit dan bumi dengan segala isinya, kami Umat Islam Indonesia menyatakan:

1. Kami adalah umat yang satu dalam satu kesatuan aqidah dan keyakinan sebagai hamba Allah Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa, Allahu Ahad, Lam Yalid walam yuulad walam yakun lahu kufuwan ahad.

BACA JUGA  Antisipasi Radikalisme, 155 Buku Pelajaran Agama Akan Dirombak

2. Kami adalah satu kesatuan dalam persaudaraan ukhuwah Islamiyah yang bersaudara dalam ikatan aqidah dengan Tuhan yang satu Allah Tuhan Yang Maha Esa, kitab suci yang satu Al Quran dengan Rasul yang satu Muhammad Rasulullah pembawa dinul haq dari Allah Yang Maha Kuasa sebagai rahmat bagi seluruh alam

3. Kami adalah satu kesatuan umat dalam persaudaraan ukhuwah Islamiyah yang mengedepankan kemaslahatan umat dan bangsa daripada kemaslahatan pribadi dan kelompok kami sendiri-sendiri dan memandang umat lain warga negara dan bangsa dengan pandangan saling menghormati hak-hak bertetangga secara baik (husnul jiwar) demi menjaga keutuhan NKRI. Menjaga kedaulatan NKRI adalah tanggung jawab bersama, tanggung jawab kenegaraan sekaligus tanggung jawab keagamaan

4. Kami bertekad untuk menjaga kedaulatan NKRI yang berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, dengan mewujudkan supremasi hukum Allah yang Maha Kuasa dalam seluruh hirarki peraturan perundangan dalam rangka mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia denga cara menegakkan system permusyawaratan/perwakilan rakyat yang dipimpin oleh hikmah

5. Kami bertekad mewujudkan NKRI yang penuh berkah yang melindungi segenap bangsa Indonesia sebagai hamba Allah Yang Maha Kuasa dan seluruh tumpah darah Indonesia sebagai zamrud di khatulistiwa bumi Allah Tuhan Yang Maha Esa dengan, melindungi aqidah dan kepercayaan kepada Allah Yang Maha Esa, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga menjadi bangsa yg beriman dan bertaqwa yang hidup tenteram dan damai dalam negara yang baldatun thayibatun wa rabbun ghafuur.

BACA JUGA  Menag Fachrul Razi, Jerami Terakhir di Punggung Jokowi?

6. Kami sepenuhnya mendukung MUI sebagai lembaga fatwa bagi ummat Islam Indonesia dan kami menolak segala upaya DELEGITIMASI fatwa MUI

7. Kami menolak segala bentuk KRIMINALISASI Habib Rizieq dan Ulama lainnya, serta kami juga menolak PEMBUBARAN FPI dan ORMAS ISLAM lainnya

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

3 comments on “Deklarasi Persatuan Umat Islam Dicetuskan di Jakarta”

  1. Rudito Widyanata Kramawangsa

    Maaf, Allaahusomad-nya tertinggal atau memang sengaja tidak dipakai dalam deklarasi tersebut?

  2. tri

    Umat Islam harus bersatu… Jaga NKRI.. Ikhlas dan rendah hati.. Tapi berani membela yang benar Insya Allah diberikan petunjuk Allah SWT Aamiin

  3. yudhicara

    Maaf, bisakah diperbaiki ada sedikit salah ketik misal: “mammelindungi” dan “melundungi”

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rezim Assad Ulangi Skenario Aleppo di Wadi Barada

Militer rezim Suriah mengepung daerah Wadi Barada di Pedesaan Damaskus menyusul pertempuran yang berlangsung selama satu

Kamis, 19/01/2017 19:56 0

Suriah

Informan Rezim Suriah, Aktif Sejak 2011 hingga Masuk Bulan Sabit Merah

Operasi intelijen Rezim Suriah dengan memasukkan mata-mata ke berbagai wilayah yang dikuasai oposisi terungkap melalui sebuah rekaman audio. Salah satu agen yang aktif berperan dalam operasi yang berlangsung sejak awal konflik Suriah tersebut adalah Mahmoud Mahrous Al-Musa

Kamis, 19/01/2017 19:01 0

Amerika

AS Didesak Siarkan Seluruh Foto Penyiksaan Tahanan Iraq dan Afghanistan

Departemen Pertahanan AS kembali diminta untuk menunjukkan foto-foto penyiksaan tentara Angkatan Darat terhadap para tahanan penjara Abu Ghuraib dan penjara lainnya di Iraq dan Afghanistan.

Kamis, 19/01/2017 18:08 0

Afrika

Akui Bom di Kamp Militer Mali, Al-Murabithun: Itu Balasan Bagi Boneka Perancis

Gerakan Al-Murabitun pimpinan Mukhtar Bel Mukhtar bertanggung jawab atas serangan mematikan di sebuah kamp militer di Kota Jao, Mali Utara, pada Rabu pagi (18/01) waktu setempat.

Kamis, 19/01/2017 17:30 0

Amerika

7 Negara Ini Was-was Menunggu Pelantikan Donald Trump Jadi Presiden AS

Sebaliknya beberapa negara menatap pelantikan Donald Trump sebagai hal mengerikan. Dan berikut tujuh di antara beberapa negara yang was-was melihat pelantikan Trump, dikutip dari laman Time.

Kamis, 19/01/2017 15:41 0

Suriah

Mengaku Bagian dari Oposisi Suriah, Dua Orang Ini Ternyata Loyalis Israel

Esam Zaytoun dan Sirawan Kajo, pada Selasa (17/01) lalu, menghadiri sebuah konferensi yang diadakan oleh Lembaga Truman di Hebrew University of Jerussalem. Surat kabar milik Syiah, Al-Hayat, menyatakan bahwa dua orang tersebut adalah delegasi dari oposisi Suriah yang mengunjungi Israel untuk meminta bantuan.

Kamis, 19/01/2017 15:40 0

Palestina

Polisi Israel Mengaku Diserang Pemuda Palestina, Aktivis: Itu Dusta!

Polisi Israel kembali menembak mati seorang pemuda Palestina yang dianggap melakukan percobaan pembunuhan terhadap polisi. Insiden itu terjadi selama demonstrasi menentang penghancuran rumah di wilayah Palestina selatan yang diklaim Israel.

Kamis, 19/01/2017 13:51 0

Analisis

Kapitalisme Digital di Balik ‘Hoax’

Bisa jadi benar bahwa demokrasi kini tenggelam ke dalam lautan berita-berita hoax, tetapi yang lebih pasti bahwa demokrasi tenggelam dalam kemunafikan para elit pemegang kekuasaan.

Kamis, 19/01/2017 11:29 0

Afrika

Khalifa Haftar Dikabarkan Minta Rusia Turun ke Libya Seperti di Suriah

Mantan panglima militer Libya era rezim Muammar Qaddafi, Khalifah Haftar, dilaporkan meminta Rusia masuk ke Libya untuk mendukungnya sebagaimana mendukung rezim Assad di Suriah.

Kamis, 19/01/2017 11:20 0

Timur Tengah

Petinju Inggris Anthony Joshua Dihujat Gara-gara Ikut Shalat di Masjid

Anthony Joshua, juara kelas berat Federasi Tinju Internasional (IBF), berfoto bersama teman-temannya ketika sedang shalat di akun twitternya pada Selasa, (17/01) dan sejak saat itu telah di-retweet hingga lebih dari 18.000 kali.

Kamis, 19/01/2017 10:30 0

Close