... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pakar Komunikasi: ‘Hoax’ Ada dalam Strategi Komunikasi Perang

Foto: Pakar komunikasi, Maimon Herawati.

KIBLAT.NET, Jakarta – Beberapa waktu terakhir, beredar di masyarakat gerakan anti hoax. Namun, apa sih sebenarnya hoax itu?

Dosen Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung, Maimon Herawati M.Litt menjelaskan bahwa hoax atau fake news (berita palsu) itu ada di dalam strategi komunikasi perang.

“Dalam sisi strategi komunikasi perang, itu ada namanya proxy war, atau disebut propaganda. Bisa disebut juga sebagai psy war atau perang mental. Dan itu dibenarkan dalam strategi perang,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net, Selasa(17/1).

Alumnus Newcastle University ini mengatakan, bahwa hoax atau fake news biasanya dilakukan dengan cara mengeluarkan berita-berita yang bombastis tapi tidak sesuai kenyataan. Hal ini digunakan untuk menghancurkan mental musuh.

Namun, jika dalam kaidah jurnalistik, membuat berita hoax ataupun berita bohong sangat jelas keharamannya. Karena berita harus berdasarkan fakta yang sebenar-benarnya.

Maimon menjelaskan, membuat sebuah berita tidak boleh berdasarkan karangan, atau fakta yang dibuat-buat, kemudian dimunculkan untuk diberitakan.

“Bukan kemudian fakta yang dibuat-buat, yang dimunculkan untuk kemudian ditangkap dan diberitakan seakan sebuah kenyataan pahal tidak” pungkasnya.

 

Reporter: M. Jundii
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Hadirilah! Kajian FSKI: Syaikh Abdullah Azzam, Bapak Jihad Modern

Syaikh Abdullah Azzam. Siapa yang tidak mengenal sosok yang satu ini?. Sebutan “Bapak jihad modern” ini menjadikan sosoknya pantas kita gali secara mendalam. Kegigihannya dalam mempertahankan agama ini, menjadikan setiap jiwa-jiwa kaum Muslimin bergetar.

Selasa, 17/01/2017 20:14 0

Suriah

Muhammad Alloush Pimpin Tim Negosiator Oposisi Suriah

Komandan senior faksi Jaisyul Islam, Muhammad Alloush, dipilih menjadi ketua negosiator oposisi Suriah dalam pembicaraan damai di kota Astana, Kazakhstan, pada 23 Januari mendatang

Selasa, 17/01/2017 17:00 0

Palestina

Momen-Momen Ini Tunjukkan Palestina Takkan Pernah Dikalahkan

Agresi Israel ke Palestina selama puluhan tahun tak menyurutkan perjuangan rakyat Palestina untuk meraih kemerdekaannya. Hal itu terbukti dengan perlawanan rakyat yang terus berkobar hingga saat ini. Dengan segala usaha, keberanian, semangat dan tawakalnya, rakyat berjuang mempertahankan wilayahnya dari cengkeraman Zionis Israel.

Selasa, 17/01/2017 16:13 0

Foto

[Foto] Kawal Sidang Ahok, Warga Kepulauan Seribu Minta Hukum Ditegakkan

Sejumlah warga Kepulauan Seribu pada hari ini, Selasa (17/01) turut mengawal sidang kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok di Kementan, Jakarta Selatan.

Selasa, 17/01/2017 14:59 0

Analisis

Ketahuilah! Tak Ada Kata Kompromi dalam Kamus Assad

Bashar Assad memang telah menyampaikan pesannya kepada media, bahwa pemilihan umum dapat menggesernya untuk meninggalkan posisinya sebagai presiden. Namun, kompromi itu tidak mungkin terjadi dalam situasi seperti ini. Sejarah dan perkembangan di lapangan telah menunjukkan hal itu.

Selasa, 17/01/2017 14:24 0

Suriah

Oposisi Suriah Putuskan Hadiri Negosiasi Damai di Kazakhstan

Kelompok oposisi Suriah, Senin (16/01), memutuskan menghadiri pembicaraan damai di Kazakhstan yang disponsori oleh Turki dan Rusia. Pengamat melihat, keputusan oposisi ini diambil karena tekanan kekuatan-kekuatan besar.

Selasa, 17/01/2017 13:44 0

Opini

Membaca Strategi Penasihat Hukum Ahok

Kualitas para Pelapor akan kembali dipertanyakan dengan berdalih para Pelapor bukan yang menyaksikan secara langsung pada saat Ahok pidato di Kepulauan Seribu.

Selasa, 17/01/2017 12:48 0

Yaman

Kejamnya Hutsi, Seret Tawanan dengan Mobil hingga Digantung Satu Kaki

Hutsi sengaja menampilkan pemandangan mengerikan itu untuk menanamkan rasa takut dan menimbulkan efek jera kepada masyarakat.

Selasa, 17/01/2017 11:13 0

Editorial

[Editorial] Serigala Berbulu ‘Hoax’

Jangan sampai gerakan ini punya niat buruk terselubung bagaikan serigala berbulu domba. Menampilkan kesan mulia dengan mengusung gerakan anti hoax tapi sejatinya menyasar umat Islam. Parahnya lagi, menuding orang dengan sebutan hoax tapi tak berkaca kalau dirinya kerap menebar fitnah.

Selasa, 17/01/2017 11:13 0

Rusia

Meski Kurangi Pasukan, Rusia Ingin Tetap Hadir di Suriah

Beberapa waktu lalu Rusia mengumumkan penarikan sebagian pasukan dari Suriah. Termasuk kapal induk di masa Uni Soviet, Adiral Kuznetsov dari Laut Mediterania

Selasa, 17/01/2017 10:08 0