... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Mengaku Lumpuhkan Komandan Senior AQAP di Provinsi Baidha

Foto: Drone Amerika Serikat [sumber: Sky News Araby]

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon), Jumat (13/01), mengumumkan pesawat tanpa awaknya berhasil melumpuhkan seorang komandan senior Organisasi Al-Qaidah di Jazirah Arab (AQAP). Operasi ini diluncurkan pada Ahad lalu di provinsi Baidha, Yaman tengah.

“Serangan udara tersebut diluncurkan Ahad lalu di provinsi Baidha dan berhasil menewaskan anggota Al-Qaidah bernama Abdul Ghani Ar-Rashash,” kata juru bicara Pentagon, Peter Cook, dalam keterangan kepada media, Jumat.

Dia menambahkan bahwa Rashash merupakan pejabat senior AQAP. Menurut Cook, dia termasuk salah satu komandan tinggi Al-Qaidah di wilayah Yaman.

Jubir Pentagon menggambarkan, kematian Rashash ini akan mengambat operasi-operasi AQAP. Hal itu karena dia dianggap komandan yang memiliki pengaruh di organisasi.

Sumber lokal sebelumnya menyebutkan bahwa pesawat drone AS menembakkan roket menargetkan mobil yang ditumpangi Abdul Ghani Ar-Rashash. Saat itu, mobil tersebut melintas di dekat gedung pusat pemerintahan distrik Masurah, timur provinsi Baidha. Rashash mengendarai mobil sendirian.

Kantor berita Al-Arabiya menyebut, Rashas merupakan komandan tinggi di distrik Masurah. Dia membawahi operasi-operasi AQAP, khususnya di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, AS menempatkan AQAP sebagai cabang Al-Qaidah paling aktif dan berbahaya bagi Barat. Untuk melumpuhkan AQAP, AS menggencarkan operasi drone dalam beberapa tahun terakhir melalui pangkalan udaranya di negara-negara Timur Tengah. Operasi ini berhasil membunuh pucuk pimpinan AQAP dan sejumlah petinggi organisasi.

BACA JUGA  Iran Mulai Mengakui Dukungan untuk Pemberontak Syiah Hutsi Yaman

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera, Al-Arabiya

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Mahasiswa Gema Pembebasan Gelar Demonstrasi Kecam Kenaikan Harga

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Pembebasan menggelar aksi damai di depan Gedung Sate Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (13/01).

Sabtu, 14/01/2017 09:26 0

Indonesia

Muncul Desakan Evaluasi Kapolres Sintang Usai Penghadangan Wasekjen MUI

Kapolres Sintang karena terkesan melakukan pembiaran terhadap aksi pengusiran KH Tengku Zulkarnain

Sabtu, 14/01/2017 08:12 0

Indonesia

Umat Islam Kalbar Desak Polisi Tangkap Pelaku Penghadangan Wasekjen MUI

"Aktor intelektualnya juga harus ditangkap"

Sabtu, 14/01/2017 06:56 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Ungkap Sejumlah Kejanggalan dalam Persidangan Ahok

Persidangan tindak pidana penodaan agama oleh calon petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah sampai tahap pemeriksaan saksi-saksi pelapor. Dalam hal ini, Sekertaris Umum Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mencatat sejumlah keganjilan dalam beberapa proses persidangan yang sudah berlangsung.

Jum'at, 13/01/2017 18:02 0

Indonesia

Habib Rizieq Diperiksa terkait Tesis-nya, Ahli Hukum: Tidak Beralasan Yuridis

Ahli Hukum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. Abdul Chair Ramadhan mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Syihab terkait tesis S2-nya yang dianggap menodai Pancasila sebagai lambang negara, penuh rekayasa untuk melemahkan umat Islam.

Jum'at, 13/01/2017 10:03 0

Indonesia

Pakar Sains Informatika: Ada Ketidakpercayaan Masyarakat dalam Gerakan Anti Hoax

Pakar sains informatika Ismail Fahmi mengungkapkan ada sambutan yang berbeda antara deklarasi masyarakat atau Gerakan Anti Hoax di Car Free Day sejumlah wilayah Indonesia dengan fenomena di media sosial.

Rabu, 11/01/2017 17:24 0

Indonesia

Pemblokiran Media Islam di Awal Tahun 2017 Jadi Catatan Parlemen

Pemblokiran media-media Islam pada awal tahun 2017 sudah menjadi catatan parlemen dan dipertanyakan oleh DPR RI kepada pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Rabu, 11/01/2017 16:48 0

Indonesia

Sukamta: Kominfo Tidak Konstruktif dalam Pemblokiran Media Islam

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, Phd menyebutkan kriteria isu SARA (Suku Agama Antar Ras dan Golongan) serta ancaman melakukan kekerasan dalam pemblokiran media harus bisa lebih diperjelas lagi.

Rabu, 11/01/2017 06:00 0

Indonesia

Pemblokiran Media Islam Tidak Sesuai dengan Peraturan Menteri

Sekjen Jurnalis Islam Bersatu (JITU) Muhammad Pizaro Novelan Tauhidi sangat menyayangkan pemblokiran yang dilakukan oleh Kominfo terhadap media-media Islam, lapor Islamic News Agency (INA).

Selasa, 10/01/2017 22:27 0

Indonesia

Sambangi DPR, JITU Sayangkan Pemblokiran Media Islam Tanpa Kriteria yang Jelas

Menanggapi hal tersebut, anggota dewan dari Fraksi PKS menilai bahwa pemerintah seharusnya menurunkan aturan yang jelas dalam bentuk PP dan tidak bisa semena-mena memblokir media tanpa dasar hukum yang jelas. Revisi UU ITE, menurut Sukamta dilakukan khususnya terkait transaksi elektronik, bukan untuk menyasar media.

Selasa, 10/01/2017 20:30 0

Close