AS Mengaku Lumpuhkan Komandan Senior AQAP di Provinsi Baidha

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon), Jumat (13/01), mengumumkan pesawat tanpa awaknya berhasil melumpuhkan seorang komandan senior Organisasi Al-Qaidah di Jazirah Arab (AQAP). Operasi ini diluncurkan pada Ahad lalu di provinsi Baidha, Yaman tengah.

“Serangan udara tersebut diluncurkan Ahad lalu di provinsi Baidha dan berhasil menewaskan anggota Al-Qaidah bernama Abdul Ghani Ar-Rashash,” kata juru bicara Pentagon, Peter Cook, dalam keterangan kepada media, Jumat.

Dia menambahkan bahwa Rashash merupakan pejabat senior AQAP. Menurut Cook, dia termasuk salah satu komandan tinggi Al-Qaidah di wilayah Yaman.

Jubir Pentagon menggambarkan, kematian Rashash ini akan mengambat operasi-operasi AQAP. Hal itu karena dia dianggap komandan yang memiliki pengaruh di organisasi.

Sumber lokal sebelumnya menyebutkan bahwa pesawat drone AS menembakkan roket menargetkan mobil yang ditumpangi Abdul Ghani Ar-Rashash. Saat itu, mobil tersebut melintas di dekat gedung pusat pemerintahan distrik Masurah, timur provinsi Baidha. Rashash mengendarai mobil sendirian.

Kantor berita Al-Arabiya menyebut, Rashas merupakan komandan tinggi di distrik Masurah. Dia membawahi operasi-operasi AQAP, khususnya di wilayah tersebut.

Seperti diketahui, AS menempatkan AQAP sebagai cabang Al-Qaidah paling aktif dan berbahaya bagi Barat. Untuk melumpuhkan AQAP, AS menggencarkan operasi drone dalam beberapa tahun terakhir melalui pangkalan udaranya di negara-negara Timur Tengah. Operasi ini berhasil membunuh pucuk pimpinan AQAP dan sejumlah petinggi organisasi.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera, Al-Arabiya

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat