... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sniper ISIS dan Bom Mobil Hambat Laju Militer di Pusat Kota Mosul

Foto: Peta Mosul

KIBLAT.NET, Mosul – Militer Irak kembali harus menghadapi perlawanan sengit dari Daulah Islamiyah atau lebih dikenal ISIS dalam pertempuran di Mosul. Hal itu membuat militer Irak dan sekutunya lambat membebaskan daerah baru di kota terbesar kedua di Irak itu.

Dilaporkan Al-Jazeera, Kamis (12/01), pergerakan militer Irak sampai saat ini sudah mencapai lingkungan Al-Maliyah dan Al-Fayshalah, sebelah selatan pusat kota Mosul. Militer Irak terus bergerak menuju Marqad Nabi Yunus di pinggiran kota.

Akan tetapi, pergerakan militer di daerah strategis itu berjalan sangat lamban akibat perlawanan sengit pasukan ISIS. Pasukan Abu Bakar Al-Baghdadi itu memanfaatkan gedung-gedung tinggi dan rumah kosong untuk memukul setiap pergerakan militer.

Wartawan Al-Jazeera melaporkan, sniper-sniper ISIS yang ditempat di gedung-gedung tinggi menargetkan setiap pergerakan militer Irak dan milisi sekutu. Mereka beberapa kali terpaksa menghentikan langkah atau menarik diri dari titik-titik yang beru ditinggalkan ISIS.

Tidak hanya itu, bom-bom mobil yang dikemudikan para pejuang ISIS juga kerap menghantam konvoi militer, yang bergerak menuju wilayah ISIS. Serangan bom mobil ini sangat berbahaya dan mengejutkan bagi militer karena mobil-mobil sarat bom itu tiba-tiba muncul dari rumah dan gedung kosong di sekitar jalan yang dilalui konvoi militer.

Sementara itu di utara dan barat Mosul, jet koalisi AS membombardir front-front pertahanan ISIS dan pemukian sipil. Wartawan Al-Jazeera melaporkan, asap membumbung tinggi di Mosul utara setelah jet koalisi melepaskan sejumlah roket.

BACA JUGA  Dua Negara Sekutu Penting Berperang, Irak Hadapi Posisi Sulit

Di waktu yang sama, kantor berita ISIS Amaq menyebutkan sedikitnya 21 sipil tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat serangan jet koalisi di Mosul barat. Jet-jet koalisi tidak hanya menargetkan basis ISIS namun juga pemukiman sipil.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Habib Rizieq Diperiksa terkait Tesis-nya, Ahli Hukum: Tidak Beralasan Yuridis

Ahli Hukum Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. Abdul Chair Ramadhan mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Syihab terkait tesis S2-nya yang dianggap menodai Pancasila sebagai lambang negara, penuh rekayasa untuk melemahkan umat Islam.

Jum'at, 13/01/2017 10:03 0

Indonesia

Pakar Sains Informatika: Ada Ketidakpercayaan Masyarakat dalam Gerakan Anti Hoax

Pakar sains informatika Ismail Fahmi mengungkapkan ada sambutan yang berbeda antara deklarasi masyarakat atau Gerakan Anti Hoax di Car Free Day sejumlah wilayah Indonesia dengan fenomena di media sosial.

Rabu, 11/01/2017 17:24 0

Indonesia

Pemblokiran Media Islam di Awal Tahun 2017 Jadi Catatan Parlemen

Pemblokiran media-media Islam pada awal tahun 2017 sudah menjadi catatan parlemen dan dipertanyakan oleh DPR RI kepada pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Rabu, 11/01/2017 16:48 0

Indonesia

Sukamta: Kominfo Tidak Konstruktif dalam Pemblokiran Media Islam

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta, Phd menyebutkan kriteria isu SARA (Suku Agama Antar Ras dan Golongan) serta ancaman melakukan kekerasan dalam pemblokiran media harus bisa lebih diperjelas lagi.

Rabu, 11/01/2017 06:00 0

Indonesia

Pemblokiran Media Islam Tidak Sesuai dengan Peraturan Menteri

Sekjen Jurnalis Islam Bersatu (JITU) Muhammad Pizaro Novelan Tauhidi sangat menyayangkan pemblokiran yang dilakukan oleh Kominfo terhadap media-media Islam, lapor Islamic News Agency (INA).

Selasa, 10/01/2017 22:27 0

Indonesia

Sambangi DPR, JITU Sayangkan Pemblokiran Media Islam Tanpa Kriteria yang Jelas

Menanggapi hal tersebut, anggota dewan dari Fraksi PKS menilai bahwa pemerintah seharusnya menurunkan aturan yang jelas dalam bentuk PP dan tidak bisa semena-mena memblokir media tanpa dasar hukum yang jelas. Revisi UU ITE, menurut Sukamta dilakukan khususnya terkait transaksi elektronik, bukan untuk menyasar media.

Selasa, 10/01/2017 20:30 0

Indonesia

Soal Pemblokiran Media Islam, Komisi I DPR RI: UU ITE Perlu Direvisi

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengungkapkan perlu adanya revisi kembali UU ITE yang dibuat sejak tahun 2008 ini.

Selasa, 10/01/2017 20:06 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Tak Pernah Nobatkan Ahok Jadi Model Kepala Daerah Antikorupsi

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan tidak pernah menobatkan Ahok sebagai model antikorupsi sebagaimana yang diklaim oleh pengacaranya di persidangan kasus penistaan agama, siang (10/01) ini.

Selasa, 10/01/2017 19:09 0

Indonesia

Ahok Sebut Pemuda Muhammadiyah di Persidangan, Begini Penjelasan Dahnil Anzar

Namun, pesan-pesan nasihat dan komunikasi dengan Ahok langsung tidak lagi saya lakukan secara intens ketika saya sadar Ahok tetap terus melakukan kebijakan yang tidak berpihak membela kaum miskin melalui penggusuran secara massif dan muncul berita indikasi dugaan korupsi pada Kasus Reklamasi dan Rumah Sakit Sumber Waras yang diduga melibatkan banyak pihak, juga ketika KPK meminta keterangan Ahok terkait kedua Kasus tersebut, serta dugaan potensi korupsi pada diskresi yang dibuat Ahok seperti banyak diulas media seperti Tempo.

Selasa, 10/01/2017 18:48 0

Indonesia

Blokir Media Islam, Menkominfo: Saya Mohon Maaf

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memohon maaf kapada umat Islam atas pemblokiran sejumlah media Islam.

Selasa, 10/01/2017 17:30 0

Close