... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Saudi Undang Iran untuk Bicarakan Pengaturan Haji

Foto: Korban tragedi Mina pada musim haji 2015

KIBLAT.NET, Teheran – Pemerintah Arab Saudi secara resmi, Senin (09/01), mengundang pemerintah Iran untuk membicarakan pengaturan haji, yang selama ini terputus. Hubungan diplomatik Arab Saudi dan Iran putus setelah ketegangan kedua negara meningkat yang berujung pada penyerangan kantor diplomat Saudi di Iran.

“Kami menerima undangan resmi dari pemerintah Saudi untuk bertemu dan menggelar pembicaraan bilateral terkait haji,” kata perwakilan pemimpin spiritual Syiah internasional Ali Khemenei untuk urusan haji, Ghazi Askar, Senin.

Dia menjelaskan, pembicaraan itu mencakup urusan akomodasi haji, transportasi, keamanan, perawatan medis, permbankan dan visa. Kami akan merespon undangan beberapa hari ke depan.

Ketegangan antara Arab Saudi dan Iran sampai pada puncaknya setelah warga Iran menyerang dan membakar kantor kedutaan dan diplomat Arab Saudi. Pengrusakan ini buntut dari eksekusi yang dilakukan pemerintah Saudi terhadap pemimpin spiritual Syiah, Namr bin Namr, atas tuduhan teror.

Kejadian itu merupakan kelanjutan dari serangkaian insiden-insiden beruntun yang memicu ketegangan hubungan kedua negera. Paling panas, insiden desak-desakan di Mina saat pelaksanaan musim haji 2015 yang menewaskan ratusan orang.

Pemerintah Iran dan Saudi saling menyalahkan atas insiden tersebut. Tim penyelidik Saudi mengatakan bahwa musibah mematikan itu disebabkan oleh jamaah asal Iran yang tidak mentaati peraturan. Akibatnya, mereka melawan arus sehingga menyebabkan jutaan orang desa-desakan dalam satu tempat. Banyak dari jamaah meninggal akibat kepanasan dan sesak nafas.

BACA JUGA  Kelompok Bersenjata Culik 14 Tentara Iran di Perbatasan

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Wawancara Dahnil Anzar (Bag 2): DNA Muhammadiyah Itu Amar Makruf Nahi Munkar

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan permasalahan bangsa Indonesia saat ini adalah penegakan hukum (law enforcement).

Senin, 09/01/2017 17:42 1

Indonesia

Tabligh Akbar Pulau Pramuka, Panitia: Kepolisian Sudah Beri Izin

Sekretaris Panitia Tabligh Akbar di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sholeh, mengatakan bahwa pihak kepolisian sudah memberikan perizinan atas terselenggaranya Tabligh Akbar tersebut.

Senin, 09/01/2017 17:37 0

Indonesia

Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri melebur ke Koperasi Syariah 212

Salah satu Spirit Aksi Bela Islam 212 adalah lahirnya Koperasi Syariah 212. Namun sebelum terbentuknya koperasi tersebut, sudah hadir di tengah masyarakat Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri (M212M).

Senin, 09/01/2017 14:35 1

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Tabligh Akbar di Pulau Pramuka untuk Syiar Islam

Tabligh Akbar yang diadakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu siang ini berjalan dengan lancar. Demikian kata Sekretaris Pemuda Muhammdiyah, Pedri Kasman yang juga menjadi tamu undangan dalam acara tersebut.

Senin, 09/01/2017 14:09 0

Indonesia

Masyarakat Dukung Tabligh Akbar di Pulau Pramuka

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) siang ini menggelar Tabligh Akbar Aksi Bela Islam di Masjid Jami' Al-Makmuriah, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Senin, 09/01/2017 13:55 0

Video Kajian

Ust. Oemar Mita: Di Mana Kakimu Berpijak?

KIBLAT.NET – Kalau ditanya adakah suatu hal yang akan terus ada hingga hari kiamat ?...

Senin, 09/01/2017 08:20 0

Rohah

Aku Berlindung Kepada Allah dari Huruf Syin dan Jim

Aku berlindung kepada Allah dari dua hal, yaitu dari huruf syin dan huruf jîm.

Sabtu, 07/01/2017 20:00 0

Suara Pembaca

Pascasarjana UMPO Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Pelaksanaan bakti sosial oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) di Desa Wonopuro Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo pada tanggal 07 Januari 2017, berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang baik oleh masyarakat sekitar.

Sabtu, 07/01/2017 19:17 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Buat Peraturan yang Jelas terkait Pemblokiran

Sejumlah media online mengalami pemblokiran oleh Kominfo beberapa waktu lalu karena dianggap bermuatan hoax dan menyebarkan konten ilegal. Media yang diblokir, notabene adalah media Islam.

Sabtu, 07/01/2017 19:06 0

Indonesia

Pakar: Mekanisme Kominfo Salah dalam Pemblokiran Media

Pakar Teknologi Informasi dan Kriptografi, Pratama Pershada menegaskan bahwa cara yang dilakukan Kominfo dalam melakukan pemblokiran saat ini salah. Sebab, mendahulukan blokir dari kroscek

Sabtu, 07/01/2017 16:40 0

Close