... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sambangi DPR, JITU Sayangkan Pemblokiran Media Islam Tanpa Kriteria yang Jelas

Foto: Jurnalis Islam Bersatu (JITU) sambangi Komisi I DPR RI terkait pemblokiran media Islam.

KIBLAT.NET, Jakarta – Jurnalis Islam Bersatu (JITU) bersama sejumlah perwakilan media Islam pada Selasa (10/01) menyambangi gedung DPR terkait pemblokiran sejumlah situs Islam.

Pertemuan tersebut disambut dan difasilitasi oleh anggota Komisi I DPR RI Dr. Sukamta di Gedung Nusantara I.

Sekjen JITU, Muhammad Pizaro menyampaikan aspirasi sejumlah media Islam dan menyayangkan pemblokiran yang dilakukan Kemenkominfo secara sepihak tanpa kriteria yang jelas dan tanpa ada komunikasi terlebih dahulu.

“Padahal sesuai UU Pers, media kami berbadan hukum resmi. Kami sayangkan, karena kami tidak mendapatkan informasi terlebih dahulu, kami selaku praktisi media merasa kecewa, langkah yang diambil Kominfo tidak tepat dengan memblokir media-media Islam,” kata pria yang juga Redaktur Pelaksana Islampos.com ini kepada Islamic News Agency (INA).

Pizaro mengakui telah bertemu dengan pihak Kominfo dan menyampaikan keluhannya. Namun, sampai pertemuan tersebut, ia mengaku tidak mendapat penjelasan yang transparan mengapa situsnya diblokir.

“Pada realita yang terjadi kami langsung diblokir, tidak ada komunikasi yang dilakukan oleh Kominfo, hal itu kami sampaikan kepada Kominfo akan tetapi kami tidak mendapatkan jawaban yang pasti,” jelas Pizaro.

Menanggapi hal tersebut, anggota dewan dari Fraksi PKS menilai bahwa pemerintah seharusnya menurunkan aturan yang jelas dalam bentuk peraturan pemerintah (PP) dan tidak bisa semena-mena memblokir media tanpa dasar hukum yang jelas.

Revisi UU ITE, menurut Sukamta dilakukan khususnya terkait transaksi elektronik, bukan untuk menyasar media.

BACA JUGA  Diciduk saat Beli Air, Inilah Kronologi Penahanan Dua Mahasiswa Al-Azhar Asal Indonesia

“Kemudian ada beberapa pasal tambahan, misalnya pasal 28 soal informasi dan transaksi elektronik, pasal ini memberi perintah terkait tindakan melalui alat elektronik yang merugikan orang lain dalam bentuk transaksi yang merugikan orang lain,”ujarnya.

 

Reporter: Haikal
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Tunjuk Menantunya Sebagai Penasihat Senior, Donald Trump Dituding Nepotisme

Kushner menikah dengan putri Trump, Ivanka, dan pengangkatannya menguatkan spekulasi adanya praktek nepotisme di Gedung Putih. Dia bahkan tidak mungkin memenuhi persyaratan untuk jabatan di bawah UU 1967 yang melarang pejabat pemerintah mempekerjakan kerabat dan sanak famili. Meskipun masih belum jelas apakah peraturan tersebut berlaku untuk kabinet Trump atau tidak.

Selasa, 10/01/2017 18:00 0

Analisis

Pidato Perpisahan Obama: Menyusuri Sepanjang Jalan Kenangan di Chicago

Barack Obama menutup buku kisah kepresidenannya pada hari ini, (10/01), dengan pidato perpisahan di Chicago. Pidato ini dilihat sebagai upaya untuk mengangkat kembali moral para pendukungnya yang ditumbangkan oleh kemenangan mengejutkan Donald Trump.

Selasa, 10/01/2017 17:18 0

Analisis

Mencari Tahu Potensi Terorisme dari Akun Media Sosial?

Facebook dan Twitter adalah dua contoh media sosial yang paling populer saat ini. Keduanya memungkinkan pemilik akun untuk mengunggah kalimat-kalimat yang mengungkapkan apa yang sedang dipikirkan oleh pemilik akun; sering curhat masalah pribadi, sering berbagi nasehat dan motivasi, sering mengunggah dan mempromosikan barang dagangan, ataupun sering mengunggah ajakan-ajakan berjihad.

Selasa, 10/01/2017 16:00 0

Konsultasi

Berdosakah Bila Saya Larut dalam Chatting dan Media Sosial yang Marak Hari Ini?

Saat ini banyak sekali media sosial dan chatting yang bisa dikatakan tidak bisa terpisah dari kita, bahkan usai salam dari shalat pun adakalanya langsung chattingan. Pertanyaan saya, apakah yang saya tulis termasuk perbuatan menyia-nyiakan waktu dan tidak bermanfaat? Ini termasuk perkara mubah ataukah justru saya akan mempertanggungjawabkan semua yang saya tulis atau katakan di situ?

Selasa, 10/01/2017 15:45 1

Info Event

Mahasiswa Pascasarjana UMP Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP) menggelar kegiatan bakti sosial di Desa Wonopuro, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo pada Sabtu, 07 Januari 2017.

Selasa, 10/01/2017 15:22 0

Wilayah Lain

Presiden Afrika Selatan Imbau Warganya Tak Kunjungi Israel

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendesak warganya untuk tidak berkunjung ke Israel kecuali untuk urusan yang berhubungan dengan upaya “membina perdamaian” di kawasan itu.

Selasa, 10/01/2017 11:30 0

Suriah

Milisi Pro Rezim dan Militer Suriah Saling Tembak di Aleppo

Milisi pendukung rezim Bashar Assad dan militer pemerintah terlibat baku tembak di Aleppo yang menyebabkan korban sipil.

Selasa, 10/01/2017 10:42 0

Tazkiyah

Ketika Rasulullah Tetiba Menghilang dari Para Shahabat

Abu Hurairah berkata, “Suatu ketika kami duduk-duduk dalam sebuah majelis, kemudian kami mencari-cari Rasulullah saw., namun kami tidak menemukannya.”

Selasa, 10/01/2017 10:15 0

Suriah

Pesawat Tak Dikenal Bombardir Faksi Islamis di Pedesaan Idlib

Pesawat tak dikenal, Senin (09/01), dilaporkan menargetkan sejumlah lokasi yang menjadi basis faksi-faksi Islamis di pedesaan Idlib. Di saat bersamaan, upaya pembunuhan terhadap para komandan pejuang faksi Islamis marak terjadi di wilayah yang mayoritas di bawah kontrol oposisi itu.

Selasa, 10/01/2017 09:30 0

Wilayah Lain

Filipina dan Rusia Teken Perjanjian Kerja Sama Militer

Menteri Pertahanan Filipina mengatakan, Senin (09/01), negaranya sudah mencapai tahap akhir untuk menyepakati perjanjian keamanan dengan Rusia.

Selasa, 10/01/2017 08:47 0