... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Presiden Afrika Selatan Imbau Warganya Tak Kunjungi Israel

Foto: Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma

KIBLAT.NET, Johannesburg – Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendesak warganya untuk tidak berkunjung ke Israel kecuali untuk urusan yang berhubungan dengan upaya “membina perdamaian” di kawasan itu.

Di hadapan para pendukung yang menghadiri acara milad ke-105 partai yang saat ini berkuasa, Partai Kongres Nasional Afrika (ANC) di ibukota Johannesburg pada hari Ahad (08/01), Zuma mengatakan, “Rakyat Palestina terus mengalami penderitaan dalam perjuangan mereka menuntut hak menentukan nasib sendiri.”

Zuma yang juga merupakan presiden ANC (African National Congress) mengatakan, partainya akan terus menerus memberikan solidaritas dan dukungan bagi perjuangan rakyat Palestina.”

“Kami sangat tidak menyarankan kunjungan ke Israel untuk tujuan yang tidak ada hubungannya dengan upaya perdamaian,” tegas Zuma.

Dalam kesempatan itu, pemimpin Afrika Selatan ini juga menyerukan persatuan faksi-faksi di Palestina, dan menyatakan bahwa partainya mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyalahkan Israel atas kebijakan negara zionis tersebut terkait pembangunan pemukiman.

Sekelompok pelajar, usahawan, dan beberapa pejabat resmi pemerintah yang sebelumnya pernah berkunjung ke Israel dikritik atas tindakan mereka itu.

Banyak rakyat Afrika Selatan, termasuk partai yang berkuasa ANC secara terbuka menyatakan dukungan mereka terhadap perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan Israel di tanah Palestina.

Mayoritas rakyat Afrika Selatan meyakini bahwa apa yang sedang terjadi atas orang-orang Palestina hari ini mirip dengan apa yang telah terjadi atas bangsa mereka selama berabad-abad di era apartheid hingga berakhir pada tahun 1994.

Selanjutnya, Presiden Zuma juga menyerukan AS untuk mengembalikan Teluk Guantanamo kepada Kuba dan menghapus embargo ekonomi terhadap negara itu. “ANC akan terus bersama dengan rakyat Kuba”, katanya.

Mantan pemimpin Kuba, mendiang Fidel Castro, diketahui mendukung perjuangan Afrika Selatan melawan tirani minoritas kulit putih yang menindas warga kulit hitam selama beberapa abad.

Zuma menegaskan komitmen partainya bagi persatuan Afrika dalam rangka meraih kemakmuran bagi Afrika. Menyinggung soal Suriah, Zuma menyerukan masyarakat internasional untuk membantu rakyat Suriah meraih perdamaian dan menemukan solusi permanen bagi konflik yang kini masih berlangsung.

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Anadolu Agency

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Ketika Rasulullah Tetiba Menghilang dari Para Shahabat

Abu Hurairah berkata, “Suatu ketika kami duduk-duduk dalam sebuah majelis, kemudian kami mencari-cari Rasulullah saw., namun kami tidak menemukannya.”

Selasa, 10/01/2017 10:15 0

Video News

Wawancara Dahnil Anzar (Bag 2): DNA Muhammadiyah Itu Amar Makruf Nahi Munkar

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan permasalahan bangsa Indonesia saat ini adalah penegakan hukum (law enforcement).

Senin, 09/01/2017 17:42 1

Indonesia

Tabligh Akbar Pulau Pramuka, Panitia: Kepolisian Sudah Beri Izin

Sekretaris Panitia Tabligh Akbar di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sholeh, mengatakan bahwa pihak kepolisian sudah memberikan perizinan atas terselenggaranya Tabligh Akbar tersebut.

Senin, 09/01/2017 17:37 0

Indonesia

Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri melebur ke Koperasi Syariah 212

Salah satu Spirit Aksi Bela Islam 212 adalah lahirnya Koperasi Syariah 212. Namun sebelum terbentuknya koperasi tersebut, sudah hadir di tengah masyarakat Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri (M212M).

Senin, 09/01/2017 14:35 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Tabligh Akbar di Pulau Pramuka untuk Syiar Islam

Tabligh Akbar yang diadakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu siang ini berjalan dengan lancar. Demikian kata Sekretaris Pemuda Muhammdiyah, Pedri Kasman yang juga menjadi tamu undangan dalam acara tersebut.

Senin, 09/01/2017 14:09 0

Indonesia

Masyarakat Dukung Tabligh Akbar di Pulau Pramuka

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) siang ini menggelar Tabligh Akbar Aksi Bela Islam di Masjid Jami' Al-Makmuriah, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Senin, 09/01/2017 13:55 0

Video Kajian

Tadzkirah : Dimana Kakimu Berpijak ? (Vocal oleh Ust. Oemar Mita, Lc.)

KIBLAT.NET – Kalau ditanya adakah suatu hal yang akan terus ada hingga hari kiamat ?...

Senin, 09/01/2017 08:20 0

Rohah

Aku Berlindung Kepada Allah dari Huruf Syin dan Jim

Aku berlindung kepada Allah dari dua hal, yaitu dari huruf syin dan huruf jîm.

Sabtu, 07/01/2017 20:00 0

Suara Pembaca

Pascasarjana UMPO Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Pelaksanaan bakti sosial oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) di Desa Wonopuro Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo pada tanggal 07 Januari 2017, berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang baik oleh masyarakat sekitar.

Sabtu, 07/01/2017 19:17 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Buat Peraturan yang Jelas terkait Pemblokiran

Sejumlah media online mengalami pemblokiran oleh Kominfo beberapa waktu lalu karena dianggap bermuatan hoax dan menyebarkan konten ilegal. Media yang diblokir, notabene adalah media Islam.

Sabtu, 07/01/2017 19:06 0