... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Ketika Rasulullah Tetiba Menghilang dari Para Shahabat

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Abu Hurairah berkata, “Suatu ketika kami duduk-duduk dalam sebuah majelis, kemudian kami mencari-cari Rasulullah saw., namun kami tidak menemukannya.”

Abu Hurairah dan para shahabat biasanya selalu bersama Rasulullah setiap sore. Namun, sore itu beliau tidak ada bersama mereka sehingga mereka mencari beliau, namun tidak menemukan beliau. Lantas, mereka berpencar mencari beliau.

Mereka berkata, “Wahai Abu Hurairah, engkau mencari di kebun si fulan, Abu Bakar mencari di daerah sini, dan Umar mencari di daerah sana. Setiap orang mencari di tempat yang berbeda.”

Namun, Abu Hurairah-lah yang beruntung dalam pencarian. Dialah yang menemukan Rasulullah saw. di dalam sebuah kebun milik seorang Anshar. Dia mendatangi kebun tersebut, lalu bertanya akan keberadaan Rasululullah. Orang Anshar itu pun memberitahukan kepadanya bahwa Rasulullah saw. berada di tengah kebun.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya jika engkau dikejutkan dengan keberadaan Rasulullah saw. di sebuah tempat. Ini adalah peristiwa istimewa karena beliau bukanlah sekadar seorang pemimpin, melainkan penghulu para pemimpin; bukan pula seorang ulama, melainkan penghulu para ulama.

Kemudian Abu Hurairah masuk ke dalam kebun.

Abu Hurairah ialah seorang yang humoris, ramah, berasal dari Bani Zuhrah, yang tinggal di daerah pegunungan.

Abu Hurairah berkata, “Maka, aku pun bersiap-siap. Aku rapikan pakaianku, lalu aku masuk ke dalam kebun.”

Dalam riwayat lain dikatakan, “Aku berdandan bagaikan seekor serigala yang sedang bersiap-siap.”

Ketika Abu Hurairah memasuki kebun, tiba-tiba Rasulullah saw. melihatnya, lantas bertanya, “Dari mana sajakah engkau, wahai Abu Hirr (kucing)?”

Abu Hurairah mendapat gelar demikian karena dahulu dia senang bermain-main dengan kucing miliknya. Karena itulah, keluarganya memanggil dengan sebutan Abu Hurairah.

BACA JUGA  Ketenangan Hati Menjelang Eksekusi Mati

“Wahai, Rasulullah. Kami kehilangan engkau, lalu kami datang mencarimu,” jawab Abu Hurairah.

Rasulullah saw. bersabda, “Wahai, Abu Hurairah. Kembalilah kepada manusia dan kabarkanlah bahwa barang siapa yang mengucapkan Lâ Ilâha Illallâh dan aku adalah Rasulullah dengan jujur dari dalam hatinya, niscaya dia akan masuk surga, dan bawalah sepatuku ini sebagai saksi akan kebenaran yang engkau ucapkan.” Lalu Rasulullah saw. mengambil sepatunya dan memberikannya kepada Abu Hurairah.[1]

Keluarlah Abu Hurairah dengan kegembiraan yang meluap-luap dan membawa kabar gembira, karena pasti dialah yang akan menyampaikannya kepada seluruh manusia. Dia pun bersiap-siap, kemudian keluar dari kebun tersebut. Tiba-tiba di jalan dia bertemu dengan Umar.

Baca halaman selanjutnya: “Allâhu Akbar,” Umar...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Pesawat Tak Dikenal Bombardir Faksi Islamis di Pedesaan Idlib

Pesawat tak dikenal, Senin (09/01), dilaporkan menargetkan sejumlah lokasi yang menjadi basis faksi-faksi Islamis di pedesaan Idlib. Di saat bersamaan, upaya pembunuhan terhadap para komandan pejuang faksi Islamis marak terjadi di wilayah yang mayoritas di bawah kontrol oposisi itu.

Selasa, 10/01/2017 09:30 0

Wilayah Lain

Filipina dan Rusia Teken Perjanjian Kerja Sama Militer

Menteri Pertahanan Filipina mengatakan, Senin (09/01), negaranya sudah mencapai tahap akhir untuk menyepakati perjanjian keamanan dengan Rusia.

Selasa, 10/01/2017 08:47 0

Iran

Saudi Undang Iran untuk Bicarakan Pengaturan Haji

Pemerintah Arab Saudi secara resmi, Senin (09/01), mengundang pemerintah Iran untuk membicarakan pengaturan haji, yang selama ini terputus.

Selasa, 10/01/2017 07:48 0

Afrika

Pada 2016, Serangan Al-Qaidah di Afrika Barat Meningkat 150 Persen

Menurut data yang dikumpulkan The Long War Journal, Al-Qaidah dan afiliasinya meluncurkan setidaknya 257 serangan di Mali dan wilayah Afrika Barat pada tahun 2016. Jumlah itu meningkat 150 persen dari 106 serangan pada tahun sebelumnya.

Senin, 09/01/2017 21:22 0

Video News

Wawancara Dahnil Anzar (Bag 2): DNA Muhammadiyah Itu Amar Makruf Nahi Munkar

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan permasalahan bangsa Indonesia saat ini adalah penegakan hukum (law enforcement).

Senin, 09/01/2017 17:42 0

Indonesia

Tabligh Akbar Pulau Pramuka, Panitia: Kepolisian Sudah Beri Izin

Sekretaris Panitia Tabligh Akbar di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sholeh, mengatakan bahwa pihak kepolisian sudah memberikan perizinan atas terselenggaranya Tabligh Akbar tersebut.

Senin, 09/01/2017 17:37 0

Asia

Terus Didesak Lepas Jilbab, Guru Muslimah Ini Pilih Resign dari Sekolah

Seorang guru muslimah memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya di sebuah sekolah di Mumbai pekan lalu. Keputusan ini ia ambil setelah enam bulan mengalami diskriminasi dari pihak sekolah.

Senin, 09/01/2017 16:55 0

Indonesia

Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri melebur ke Koperasi Syariah 212

Salah satu Spirit Aksi Bela Islam 212 adalah lahirnya Koperasi Syariah 212. Namun sebelum terbentuknya koperasi tersebut, sudah hadir di tengah masyarakat Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri (M212M).

Senin, 09/01/2017 14:35 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Tabligh Akbar di Pulau Pramuka untuk Syiar Islam

Tabligh Akbar yang diadakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu siang ini berjalan dengan lancar. Demikian kata Sekretaris Pemuda Muhammdiyah, Pedri Kasman yang juga menjadi tamu undangan dalam acara tersebut.

Senin, 09/01/2017 14:09 0

Indonesia

Masyarakat Dukung Tabligh Akbar di Pulau Pramuka

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) siang ini menggelar Tabligh Akbar Aksi Bela Islam di Masjid Jami' Al-Makmuriah, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Senin, 09/01/2017 13:55 0