... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Filipina dan Rusia Teken Perjanjian Kerja Sama Militer

Foto: Pasukan elit Filipina

KIBLAT.NET, Manilla – Menteri Pertahanan Filipina mengatakan, Senin (09/01), negaranya sudah mencapai tahap akhir untuk menyepakati perjanjian keamanan dengan Rusia. Perjanjian ini memungkinkan para komandan militer kedua negara saling berkunjung dan menghadiri latihan militer.

Menteri Pertahanan Dalfin Laurentzana mengungkapkan kepada wartawan dalam pertemuan tahunan militer saat pergantian tahun di pangkalan utama militer Manila bahwa pihaknya akan menghadiri latihan militer Rusia. Jika kami, lanjutnya, membutuhkan keahlian mereka kita akan bergabung dalam latihan.

“Ini merupakan bagian dari kesepahaman yang akan kami tandatangani. Mungkin akan berlanjut pada latihan militer bersama namun awalnya hanya saling mengunjungi,” jelasnya.

Di sisi lain, Filipina berupaya meyakinkan Amerika Serikat bahwa hubungannya dengan Moskow tidak akan mempengaruhi kerjasama dengan sekutu yang sudah lama.

Dia menegaskan kepada AS bahwa kesepakatan kerja sama miiter dengan Moskow tidak mengharuskan negara tersebut menempatkan pasukan, jet tempur atau kapal tempur di Manila untuk pertahanan bersama.

Laurentzana melanjutkan bahwa kesepakatannya dengan Rusia tidak sama seperti kesepakatan dengan AS. Kerja sama dengan AS adalah perjanjian pertahanan bersama sementara dengan Rusia hanya perjanjian latihan militer bersama.

Dua kapal perang Rusia pekan lalu bersandar beberapa saat di pelabuhan Manila. Presiden Filipina Rodrigo Duttirta meluangkan waktu khusus untuk mengunjungi kapal tersebut. Dia berharap Moskow menjadi sekutu negaranya dan melindungi mereka.

BACA JUGA  Di Hari Peringatan Serangan 9/11, Zawahiri Seru Serang AS

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Wawancara Dahnil Anzar (Bag 2): DNA Muhammadiyah Itu Amar Makruf Nahi Munkar

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan permasalahan bangsa Indonesia saat ini adalah penegakan hukum (law enforcement).

Senin, 09/01/2017 17:42 1

Indonesia

Tabligh Akbar Pulau Pramuka, Panitia: Kepolisian Sudah Beri Izin

Sekretaris Panitia Tabligh Akbar di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sholeh, mengatakan bahwa pihak kepolisian sudah memberikan perizinan atas terselenggaranya Tabligh Akbar tersebut.

Senin, 09/01/2017 17:37 0

Indonesia

Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri melebur ke Koperasi Syariah 212

Salah satu Spirit Aksi Bela Islam 212 adalah lahirnya Koperasi Syariah 212. Namun sebelum terbentuknya koperasi tersebut, sudah hadir di tengah masyarakat Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri (M212M).

Senin, 09/01/2017 14:35 1

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Tabligh Akbar di Pulau Pramuka untuk Syiar Islam

Tabligh Akbar yang diadakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu siang ini berjalan dengan lancar. Demikian kata Sekretaris Pemuda Muhammdiyah, Pedri Kasman yang juga menjadi tamu undangan dalam acara tersebut.

Senin, 09/01/2017 14:09 0

Indonesia

Masyarakat Dukung Tabligh Akbar di Pulau Pramuka

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) siang ini menggelar Tabligh Akbar Aksi Bela Islam di Masjid Jami' Al-Makmuriah, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Senin, 09/01/2017 13:55 0

Video Kajian

Ust. Oemar Mita: Di Mana Kakimu Berpijak?

KIBLAT.NET – Kalau ditanya adakah suatu hal yang akan terus ada hingga hari kiamat ?...

Senin, 09/01/2017 08:20 0

Rohah

Aku Berlindung Kepada Allah dari Huruf Syin dan Jim

Aku berlindung kepada Allah dari dua hal, yaitu dari huruf syin dan huruf jîm.

Sabtu, 07/01/2017 20:00 0

Suara Pembaca

Pascasarjana UMPO Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Pelaksanaan bakti sosial oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) di Desa Wonopuro Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo pada tanggal 07 Januari 2017, berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang baik oleh masyarakat sekitar.

Sabtu, 07/01/2017 19:17 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Buat Peraturan yang Jelas terkait Pemblokiran

Sejumlah media online mengalami pemblokiran oleh Kominfo beberapa waktu lalu karena dianggap bermuatan hoax dan menyebarkan konten ilegal. Media yang diblokir, notabene adalah media Islam.

Sabtu, 07/01/2017 19:06 0

Indonesia

Pakar: Mekanisme Kominfo Salah dalam Pemblokiran Media

Pakar Teknologi Informasi dan Kriptografi, Pratama Pershada menegaskan bahwa cara yang dilakukan Kominfo dalam melakukan pemblokiran saat ini salah. Sebab, mendahulukan blokir dari kroscek

Sabtu, 07/01/2017 16:40 0

Close