... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Berdosakah Bila Saya Larut dalam Chatting dan Media Sosial yang Marak Hari Ini?

KIBLAT.NET – Saat ini banyak sekali media sosial dan chatting yang bisa dikatakan tidak bisa terpisah dari kita, bahkan usai salam dari shalat pun adakalanya langsung chattingan. Pertanyaan saya, apakah yang saya tulis termasuk perbuatan menyia-nyiakan waktu dan tidak bermanfaat? Ini termasuk perkara mubah ataukah justru saya akan mempertanggungjawabkan semua yang saya tulis atau katakan di situ?

Jawab: Tentu saja setiap orang bertanggung jawab atas setiap kata-kata dan tindakan, termasuk yang ditulis oleh tangannya. Allah berfirman, “Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al-kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya, ‘Ini dari Allah,’ (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.” (Al-Baqarah: 79).

Bahkan manusia akan terkejut ketika melihat semua yang pernah dilakukan di dunia tertulis dalam catatan amalnya, “Dan diletakkanlah Kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata, ‘Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang pun.” (Al-Kahfi: 49).

BACA JUGA  Ketika Facebook Mengubur Jurnalisme

Karena itulah, seorang hamba hendaknya selalu merasa diawasi oleh Allah ketika menulis. Seorang penyair membuat ungkapan yang sangat indah:

Setiap penulis itu akan diuji dan waktu akan mengabadikan apa yang digoreskan oleh tangannya
Karena itu janganlah engkau menulis kecuali yang menyenangkan dirimu saat engkau melihatnya di akhirat.

Imam Nawawi menjelaskan hadits “siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya mengatakan yang baik atau diam” dengan ungkapan, “Bila seseorang ingin berbicara, sedangkan yang diucapkan adalah baik dan mendatangkan pahala, maka hendaknya ia mengatakannya. Bila ia tidak melihat adanya kebaikan bila mengatakannya, hendaknya ia diam. Dengan demikian, berbicara/ menulis yang sifatnya mubah diperintahkan agar tidak dilakukan karena dikhawatirkan bisa menjerumuskan kepada perkara yang haram dan makruh.”

Namun, ketika melihat adanya suatu kebaikan, kita hendaknya tidak memilih diam dan tidak menanggapi. Dalam hal ini, berbicara atau mengungkapkannya dalam tulisa di chatting lebih baik daripada diam. Ahli ilmu mengatakan, “Perkataan yang baik itu ghanimah, sedangkan diam adalah keselamatan. Ghaniman lebih utama daripada keselamatan.

Ibnu Rajab mengatakan, “Orang-orang saling bercakap-cakap di majelis Al-Ahnaf bin Qais tentang manakah yang lebih baik, diam atau berbicara. Maka Al-Ahnaf mengatakan, ‘Berbicara lebih baik karena keutamaan diam itu hanya disukai oleh pelakunya, sedangkan ucapan yang baik bisa mendatangkan kebaikan bagi orang yang mendengarnya.”

BACA JUGA  Ketika Facebook Mengubur Jurnalisme

Umar bin Abdul Aziz ketika mendengar seseorang berkata, “Orang yang diam karena tahu diam lebih baik sama dengan orang yang berbicara karena berbicara itu lebih baik,” ia pun menjawab, “Saya berharap, orang yang berbicara karena tahu bahwa berbicara lebih baik itu lebih bagus keadaannya pada hari kiamat karena orang ini membawa manfaat bagi orang lain, sedangkan orang yang diam hanya membawa manfaat untuk dirinya sendiri.”

Editor: Agus Abdullah

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Info Event

Mahasiswa Pascasarjana UMP Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP) menggelar kegiatan bakti sosial di Desa Wonopuro, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo pada Sabtu, 07 Januari 2017.

Selasa, 10/01/2017 15:22 0

Indonesia

Jangkau Korban Banjir Terparah di Bima, IHR Donasikan Peralatan Sekolah dan Sembako

Lembaga Kemanusiaan Indonesian Humanitarian Relief (IHR) turut turun dalam memberikan donasi terhadap korban banjir bandang yang melanda Kota Bima 21 Desember 2016 lalu. Melalui salah satu relawannya, Ibrahim Dwi Santoso tiba di Kota Bima pada Senin, (09/01/17) pagi.

Selasa, 10/01/2017 14:00 0

Indonesia

IHR Bekerjasama dengan BMH Bantu Korban Banjir di Bima

Hal demikian disampaikan oleh salah satu relawan Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Akbar saat berdiskusi dengan salah satu lembaga kemanusiaan Indonesian Humanitarian Relief (IHR) di pesantren Hidayatullah Kota Bima, Jl. Imam Bonjol, Kampung Salama, Kel. Nae, Kec Rasanae Barat, Kota Bima, Senin (09/01/17) pagi.

Selasa, 10/01/2017 13:29 0

Wilayah Lain

Presiden Afrika Selatan Imbau Warganya Tak Kunjungi Israel

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendesak warganya untuk tidak berkunjung ke Israel kecuali untuk urusan yang berhubungan dengan upaya “membina perdamaian” di kawasan itu.

Selasa, 10/01/2017 11:30 0

Suriah

Milisi Pro Rezim dan Militer Suriah Saling Tembak di Aleppo

Milisi pendukung rezim Bashar Assad dan militer pemerintah terlibat baku tembak di Aleppo yang menyebabkan korban sipil.

Selasa, 10/01/2017 10:42 0

Tazkiyah

Ketika Rasulullah Tetiba Menghilang dari Para Shahabat

Abu Hurairah berkata, “Suatu ketika kami duduk-duduk dalam sebuah majelis, kemudian kami mencari-cari Rasulullah saw., namun kami tidak menemukannya.”

Selasa, 10/01/2017 10:15 0

Suriah

Pesawat Tak Dikenal Bombardir Faksi Islamis di Pedesaan Idlib

Pesawat tak dikenal, Senin (09/01), dilaporkan menargetkan sejumlah lokasi yang menjadi basis faksi-faksi Islamis di pedesaan Idlib. Di saat bersamaan, upaya pembunuhan terhadap para komandan pejuang faksi Islamis marak terjadi di wilayah yang mayoritas di bawah kontrol oposisi itu.

Selasa, 10/01/2017 09:30 0

Wilayah Lain

Filipina dan Rusia Teken Perjanjian Kerja Sama Militer

Menteri Pertahanan Filipina mengatakan, Senin (09/01), negaranya sudah mencapai tahap akhir untuk menyepakati perjanjian keamanan dengan Rusia.

Selasa, 10/01/2017 08:47 0

Iran

Saudi Undang Iran untuk Bicarakan Pengaturan Haji

Pemerintah Arab Saudi secara resmi, Senin (09/01), mengundang pemerintah Iran untuk membicarakan pengaturan haji, yang selama ini terputus.

Selasa, 10/01/2017 07:48 0

Afrika

Pada 2016, Serangan Al-Qaidah di Afrika Barat Meningkat 150 Persen

Menurut data yang dikumpulkan The Long War Journal, Al-Qaidah dan afiliasinya meluncurkan setidaknya 257 serangan di Mali dan wilayah Afrika Barat pada tahun 2016. Jumlah itu meningkat 150 persen dari 106 serangan pada tahun sebelumnya.

Senin, 09/01/2017 21:22 0