... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pada 2016, Serangan Al-Qaidah di Afrika Barat Meningkat 150 Persen

Foto: Al-Qaidah di Afrika

KIBLAT.NET – Menurut data yang dikumpulkan The Long War Journal, Al-Qaidah dan afiliasinya meluncurkan setidaknya 257 serangan di Mali dan wilayah Afrika Barat pada tahun 2016. Jumlah itu meningkat 150 persen dari 106 serangan pada tahun sebelumnya.

Serangan di atas -baik dari pengakuan ataupun identifikasi- dilakukan oleh Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM). AQIM memiliki dua cabang; Katibat Murabitoon dan Ansar Dine (kelompok depan untuk AQIM). Adapun Ansar Dine memiliki dua batalyon, yakni Katibat Macina dan Katibat Khalid bin Walid (Ansar Dine Selatan Sungai). Selain di Mali, serangan juga dilakukan di dekat Burkina Faso, Niger dan Pantai Gading.

Dari 257 serangan, datanya sebagai berikut: 93 dilakukan dengan alat peledak improvisasi; 27 serangan berasal dari mortir atau roket yang diluncurkan ke pangkalan militer Perancis, Mali, atau PBB di Mali utara; 11 penculikan dengan sembilan terjadi di Mali dan masing-masing di Burkina Faso dan Niger; enam serangan bom bunuh diri; dan 120 serangan yang tersisa adalah variasi dari serangan, penyergapan, atau pembunuhan.

Wilayah utara Kidal terus menjadi wilayah yang paling ditargetkan di Mali, dengan 88 serangan terjadi dengan wilayah tersebut. Timbuktu melaporkan setidaknya 57 serangan, sementara Gao relatif kurang stabil dengan hanya 41 serangan. Di bagian selatan negara itu, setidaknya ada 51 serangan. Sisanya 20 serangan terjadi di Burkina Faso, Niger, Pantai Gading, dengan hanya satu di Aljazair.

BACA JUGA  Indonesia Jalin Kerja Sama Keagamaan dengan Afrika Selatan

Dari jumlah serangan tersebut, hanya 14 persen yang mengenai warga sipil. Sebaliknya, pasukan keamanan Mali (militer, penjaga nasional, gendarmerie, dan polisi) adalah target utama jihadis, dengan orang-orang dari pasukan keamanan menjadi target dalam 84 kasus dan pasukan PBB ditargetkan sebanyak 75 kali. Adapun 35 serangan diarahkan kepada pasukan Perancis. Pasukan Tuareg ditargetkan setidaknya enam kali. Sedangkan 20 serangan dilakukan di negara-negara tetangga.

Ansar Dine mengaku bertanggung jawab atas 84 serangan, sementara AQIM 21 serangan. Tiga serangan terpisah, dua di Burkina Faso dan satu di Niger, telah diklaim oleh ISIS di Sahara. Selain itu, kelompok yang menamakan dirinya Ansaroul Islam, mengklaim serangan terhadap sebuah pos militer Burkinabe di utara Burkina Faso pada 16 Desember.

Ansaroul Islam diduga dipimpin oleh Amadou Kouffa, sekutu pemimpin Ansar Dine di Katibat Macina dan mungkin cabang Burkinabe dari kelompok jihad. Demikian menurut perusahaan konsultan yang menangani risiko perang, Menastream .

Wilayah Mali terlihat menjadi target utama Al-Qaidah, termasuk di bagian selatan negara itu yang umumnya dianggap sebagai sisi “aman” dari Mali. Militer Mali juga menjadi target paling banyak dibanding yang lainnya, meningkat secara signifikan dari tahun 2015.

Banyaknya serangan ini merupakan kebangkitan Al-Qaidah di Mali utara, yang mampu menembus ke Mali selatan dengan frekuensi yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Ansar Dine dan cabang-cabangnya tampaknya telah bergabung kembali dalam menghadapi operasi militer yang dipimpin Perancis. Kembalinya Al Murabitoon di bawah pimpinan Mokhtar Belmokhtar, tampaknya telah membantu menghidupkan kembali cabang regional Al-Qaidah.

BACA JUGA  Din Syamsuddin dan MJC Afrika Selatan Bahas Isu Palestina hingga Rohingya

Katibat Macina dari etnis Fulani (juga dikenal sebagai Front Pembebasan Macina), memungkinkan kelompok jihad mendapat jaringan dan koneksi lokal di Mali selatan yang membuat serangan menjadi lebih mudah di sana. Kelompok etnis Fulani adalah salah satu yang terbesar di Afrika Barat. Hal ini membantu perekrutan transnasional pejuang Fulani. Jika benar bahwa kelompok Burkinabe Ansaroul Islam, yang didominasi Fulani, terhubung ke Ansar Dine, maka prediksi ini sangat mungkin terjadi.

Al-Qaidah masih mempertahankan kemampuan untuk beroperasi secara terbuka di Mali, meskipun Perancis yang memimpin pasukan penjaga perdamaian PBB menggelar operasi militer di wilayah itu. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Al-Qaidah telah mampu menyerang seluruh Afrika Barat. Frekuensi dan skala serangan diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2017.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: The Long War Journal

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Wawancara Dahnil Anzar (Bag 2): DNA Muhammadiyah Itu Amar Makruf Nahi Munkar

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan permasalahan bangsa Indonesia saat ini adalah penegakan hukum (law enforcement).

Senin, 09/01/2017 17:42 1

Indonesia

Tabligh Akbar Pulau Pramuka, Panitia: Kepolisian Sudah Beri Izin

Sekretaris Panitia Tabligh Akbar di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu, Sholeh, mengatakan bahwa pihak kepolisian sudah memberikan perizinan atas terselenggaranya Tabligh Akbar tersebut.

Senin, 09/01/2017 17:37 0

Indonesia

Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri melebur ke Koperasi Syariah 212

Salah satu Spirit Aksi Bela Islam 212 adalah lahirnya Koperasi Syariah 212. Namun sebelum terbentuknya koperasi tersebut, sudah hadir di tengah masyarakat Koperasi Jasa Muslim 212 Mandiri (M212M).

Senin, 09/01/2017 14:35 1

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Tabligh Akbar di Pulau Pramuka untuk Syiar Islam

Tabligh Akbar yang diadakan di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu siang ini berjalan dengan lancar. Demikian kata Sekretaris Pemuda Muhammdiyah, Pedri Kasman yang juga menjadi tamu undangan dalam acara tersebut.

Senin, 09/01/2017 14:09 0

Indonesia

Masyarakat Dukung Tabligh Akbar di Pulau Pramuka

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) siang ini menggelar Tabligh Akbar Aksi Bela Islam di Masjid Jami' Al-Makmuriah, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Senin, 09/01/2017 13:55 0

Video Kajian

Ust. Oemar Mita: Di Mana Kakimu Berpijak?

KIBLAT.NET – Kalau ditanya adakah suatu hal yang akan terus ada hingga hari kiamat ?...

Senin, 09/01/2017 08:20 0

Rohah

Aku Berlindung Kepada Allah dari Huruf Syin dan Jim

Aku berlindung kepada Allah dari dua hal, yaitu dari huruf syin dan huruf jîm.

Sabtu, 07/01/2017 20:00 0

Suara Pembaca

Pascasarjana UMPO Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Pelaksanaan bakti sosial oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) di Desa Wonopuro Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo pada tanggal 07 Januari 2017, berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang baik oleh masyarakat sekitar.

Sabtu, 07/01/2017 19:17 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Buat Peraturan yang Jelas terkait Pemblokiran

Sejumlah media online mengalami pemblokiran oleh Kominfo beberapa waktu lalu karena dianggap bermuatan hoax dan menyebarkan konten ilegal. Media yang diblokir, notabene adalah media Islam.

Sabtu, 07/01/2017 19:06 0

Indonesia

Pakar: Mekanisme Kominfo Salah dalam Pemblokiran Media

Pakar Teknologi Informasi dan Kriptografi, Pratama Pershada menegaskan bahwa cara yang dilakukan Kominfo dalam melakukan pemblokiran saat ini salah. Sebab, mendahulukan blokir dari kroscek

Sabtu, 07/01/2017 16:40 0

Close