... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS Kirim 300 Marinir Tambahan ke Helmand, Afghanistan

Foto: Pasukan Marinir AS/ilustrasi

KIBLAT.NET, Kabul – Amerika Serikat mengumumkan, Sabtu lalu (07/01), mengirim 300 pasukan marinir tambahan ke wilayah Helmand, Afghanistan Selatan, untuk melatih dan membantu pasukan lokal menghadapi pejuang Taliban. Penambahan pasukan asing ini dinilai menjadi bukti kekalahan AS di lapangan.

Juru bicara militer AS di Afghanistan, Bill Salafin, mengungkapkan bahwa pasukan marinir tambahan tersebut mulai dikirim pada musim semi mendatang. Mereka akan bertugas enam bulan untuk membantu militer dan polisi lokal.

Pemerintah lokal segera menyambut baik penambahan pasukan khusus AS ini. Afghanistan menyebut ini merupakan inisiatif positif yang dilakukan pemerintah AS.

“Pasukan tambahan ini akan menambah kekuatan kami menghadapi teroris,” kata pernyataan Departemen Pertahanan Afghanistan, Ahad (08/01).

Di sisi lain, Taliban menganggap penambahan pasukan khusus AS itu justeru menunjukkan kekalahan pasukan penjajah dalam pertempuran di Helmand. Pasukan AS berupaya meningkatkan moral anggotanya yang tak mampu menghadapi pejuang Taliban.

Juru bicara Taliban, Dzabihullah Mujahid, menjelaskan bahwa pengumuman militer AS itu datang setelah mereka mengirim 100 tentara pasukan khusus musim panas lalu ke ibukota Helmand, Lashkar Gah. Akan tetapi, tentara-tentara khusus itu menarik diri dengan cepat ke pangkalan Camp Bastion setelah menderita kerugian.

Masih menurut jurbir Taliban, di waktu bersamaan para komandan senior AS juga menempatkan ratusan tentara di pangkalan utama militer AS di Helmand, Camp Dwyer. Pasukan-pasukan ini dikirim sembunyi-sembunyi untuk menghindari sorotan warga AS.

BACA JUGA  Delegasi Taliban Kunjungi Uzbekistan Bahas Proyek Listrik dan Transportasi

Mujahid kembali menegaskan bahwa penambahan pasukan ini hanya bertujuan untuk meningkatkan moral pasukan penjajah. Sampai saat ini, mereka tidak meraih kemajuan berarti dalam perang menghadapi para pejuang.

Gerakan Taliban beberapa tahun terakhir meningkatkan serangan ke wilayah Helmand, khususnya setelah militer AS mengumumkan menarik diri pada akhir 2014. Diperkirakan sebanyak 85% wilayah tersebut saat ini di bawah kontrol Taliban sementara sisanya diperebutkan.

Pergerakan para pejuang Taliban itu membuat Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengeluarkan peraturan baru bagi pasukannya. Militer AS dibolehkan mengerahkan pesawat tempur untuk membantu pasukan lokal menghadang Taliban, khususnya di Helmand.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera, 24.ae

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rohah

Aku Berlindung Kepada Allah dari Huruf Syin dan Jim

Aku berlindung kepada Allah dari dua hal, yaitu dari huruf syin dan huruf jîm.

Sabtu, 07/01/2017 20:00 0

Suara Pembaca

Pascasarjana UMPO Gelar Baksos di Desa Wonopuro

Pelaksanaan bakti sosial oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO) di Desa Wonopuro Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo pada tanggal 07 Januari 2017, berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang baik oleh masyarakat sekitar.

Sabtu, 07/01/2017 19:17 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Buat Peraturan yang Jelas terkait Pemblokiran

Sejumlah media online mengalami pemblokiran oleh Kominfo beberapa waktu lalu karena dianggap bermuatan hoax dan menyebarkan konten ilegal. Media yang diblokir, notabene adalah media Islam.

Sabtu, 07/01/2017 19:06 0

Indonesia

Pakar: Mekanisme Kominfo Salah dalam Pemblokiran Media

Pakar Teknologi Informasi dan Kriptografi, Pratama Pershada menegaskan bahwa cara yang dilakukan Kominfo dalam melakukan pemblokiran saat ini salah. Sebab, mendahulukan blokir dari kroscek

Sabtu, 07/01/2017 16:40 0

Indonesia

Terkait Pemblokiran Media, Pemerintah Diminta Lakukan Pendekatan

Anggota Komisi I DPR RI, Efendi Simbolon menegaskan bahwa dalam pemblokiran media, pemerintah seharusnya melakukan pendekatan terhadap media terkait.

Sabtu, 07/01/2017 15:35 0

Indonesia

Koperasi Syariah Hanya Permulaan, Ada yang Lebih Besar Lagi

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) ustadz Bachtiar Natsir mengatakan, Koperasi Syariah 212 adalah bentuk lanjutan semangat umat setelah aksi 212.

Sabtu, 07/01/2017 13:40 0

Indonesia

Dua Pekan Sekali, Masjid-masjid di Palu Akan Dibersihkan Bergiliran

Mengawali tahun 2017, ISMI (Ikatan Silaturahim Masyarakat Masjid) Palu kembali melakukan kegiatan bersih-bersih masjid pada Jum'at (06/01) di Masjid Ar-Rahman Jl. Tombolotutu, Palu.

Sabtu, 07/01/2017 13:23 0

Indonesia

GNPF-MUI: Koperasi Syariah adalah Jihad Ekonomi

Ketua GNPF MUI, Kh Bachtiar Nasir menyerukan kepada Ummat bahwa salah satu gerakan Jihad Umat saat ini adalah dengan melakukan Jihad Ekonomi.

Sabtu, 07/01/2017 09:41 0

Artikel

Kisah Wanita Zalim Yang Melegenda Di Kota Madinah

Namanya Arwa binti Uwais, ia adalah wanita yang langsung dihukum oleh Allah karena kezalimannya terhadap salah seorang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Jum'at, 06/01/2017 20:30 0

Indonesia

Guyon Mahfud MD soal Naiknya Biaya STNK: Salahnya Habib Riziq

Jagad media sosial dihebohkan dengan cuitan Mahfud MD pada Jum'at 06 Januari 2017. Pasalnya, tulisan mantan ketua Mahkamah Konstitusi di twitter itu mengaitkan sejumlah masalah yang dihadapi rakyat Indonesia dengan sosok Habib Rizieq.

Jum'at, 06/01/2017 19:05 0

Close