Ledakan Besar di Perbatasan Suriah-Turki, Puluhan Orang Tewas

KIBLAT.NET – Sebuah truk bahan bakar meledak di pusat kota Azaz, yang dikuasai oposisi di dekat perbatasan Suriah dengan Turki pada hari Sabtu (7/1). Ledakan menewaskan puluhan orang dan melukai puluhan lainnya. Belum ada yang bertanggung jawab atas peledakan ini.

Ledakan itu menghantam area di dekat pasar yang ramai orang dan di depan sebuah gedung pengadilan di Azaz menewaskan sedikitnya 48 orang. Korban tewas diperkirakan akan meningkat, menurut laporan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Rami Abdurrahman, kepala Observatorium, mengatakan ledakan itu disebabkan oleh truk bahan bakar yang mencurigakan. Ia menjelaskan ledakan besar telah menyebabkan tingginya angka kematian.

Gambar yang dishare online menunjukkan asap hitam naik di atas pasar dan suara tembakan bergema. Mayat berserakan di tanah, dan ada juga seorang ayah lari sambil memeluk anaknya.

Azaz adalah basis utama Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang didukung Turki. Sekitar 14 dari korban tewas adalah pejuang FSA atau penjaga gedung pengadilan.

Serangan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian pemboman untuk memukul Azaz, 16km selatan kota Kilis, Turki.

Daerah ini merupakan basis oposisi Suriah yang terlibat dalam operasi besar yang bertujuan untuk membersihkan unsur ISIS dari wilayah perbatasan Turki.

“Azaz adalah kota yang sangat strategis. Kota ini telah dikuasai ISIS sejak 2013, tapi kelompok itu digusur oleh Tentara Pembebasan Suriah baru-baru ini. ISIS telah berusaha untuk kembali ke sana,” mengutip laporan Al-Jazeera.

 

Redaktur: Salem

Sumber: Al-Jazeera

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat