... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Kisah Wanita Zalim Yang Melegenda Di Kota Madinah

Foto: Kezaliman (Ilustrasi)

KIBLAT.NET – Dalam kumpulan catatan sejarah kota Madinah, tersebutlah sebuah kisah wanita zalim yang cukup melegenda di kalangan para sahabat saat itu. Namanya Arwa binti Uwais, ia adalah wanita yang langsung dihukum oleh Allah karena kezalimannya terhadap salah seorang sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Diriwayatkan pada zaman Bani Umayyah, Sa‘id bin Zaid mengalami suatu peristiwa besar yang selalu diperbincangkan oleh penduduk Madinah dalam waktu yang lama. Peristiwa itu direkam dengan baik oleh Imam Bukhari dan Muslim dalam Shahîh keduanya.

Peristiwa itu bewal dari Arwa binti Uwais yang mengklaim bahwa Sa‘id telah merampas sebagian tanah miliknya dan menyatukannya dengan tanah milik Sa‘id. Ia menyebarkan hal tersebut di tengah-tengah manusia. Kejahatannya pun terus berkelanjutan hingga ia mengadukan perkaranya kepada gubernur Madinah, Marwan bin Hakam.

Marwan mengirim beberapa orang utusan kepada Sa‘id untuk mengurus perkara tersebut. ternyata disebutkan juga bahwa perkara tersebut sempat menyulitkan Sa‘id.  Ia pun berkata, “Mereka menganggap aku telah menzalimi wanita tersebut. Bagaimana aku menzalimi dirinya, padahal aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ ظَلَمَ قِيدَ شِبْرٍ طُوِّقَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ سَبْعِ أَرَضِينَ

“Siapa yang menzalimi seseong dalam hal sejengkal tanah, pada hari kiamat kelak ia akan dikalungi tujuh bumi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sa‘id kemudian berdoa karena ia telah dizalimi, “Ya Allah, sesungguhnya ia telah mengklaim bahwa aku telah menzalimi dirinya. Jika ia berdusta maka butakanlah matanya dan lemparkanlah ia ke dalam sumurnya yang di sana ia berselisih denganku. Tampakkanlah cahaya kebenaranku di tengah-tengah kaum muslimin bahwa aku tidak menzaliminya.”

BACA JUGA  Pencabutan Status Kewarganegaraan bagi Teroris, Adilkah?

Tak berselang lama setelah itu, mengalirlah air bah yang sangat deras dari jurang lembah di Madinah yang menyingkap batas pemisah antara tanah kedua orang tersebut. Akhirnya, menjadi jelaslah bagi kaum muslimin bahwa Sa‘id beda di pihak yang benar.

Sebulan setelah itu, si wanita tersebut mengalami kebutaan. Tatkala ia berkeliling di area tanahnya, ia terjatuh ke dalam sumur yang di sana ia berselisih dengan Sa‘id.

Abdullah bin Umar berkata, “Saat kami masih muda, kami mendengar seseorang berkata kepada orang lain, ’Semoga Allah membutakanmu sebagaimana Dia membutakan Arwa,”

Hal itu tidaklah mengherankan, sebab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Waspadailah doa orang yang terzalimi, karena tidak ada suatu penghalang pun antara ia dan Allah.” (HR Bukhari).

Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim mau memahami peristiwa tersebut, sungguh mereka akan meninggalkan kezaliman dan memutuskan segala suatunya dengan adil.

 

Penulis : Fakhruddin

Disadur dari buku “Hati-hati Doa Orang Terzalimi” karya Saad bin Said Al Hajuri, Penerbit Aqwam Solo

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Guyon Mahfud MD soal Naiknya Biaya STNK: Salahnya Habib Riziq

Jagad media sosial dihebohkan dengan cuitan Mahfud MD pada Jum'at 06 Januari 2017. Pasalnya, tulisan mantan ketua Mahkamah Konstitusi di twitter itu mengaitkan sejumlah masalah yang dihadapi rakyat Indonesia dengan sosok Habib Rizieq.

Jum'at, 06/01/2017 19:05 0

Indonesia

Pemblokiran Media Merupakan Cara Primitif dan Tak Relevan Lagi

Menurutnya, akan lebih lucu lagi apabila pemblokiran itu dilakukan terhadap media-media yang selama ini kritis terhadap jalannya pemerintahan Jokowi. "Itu menunjukkan bahwa memang pemerintahan ini anti kritik dan cenderung otoriter," tegasnya.

Jum'at, 06/01/2017 17:41 0

Suriah

Di Tengah Gencatan Senjata, Milisi Syiah Siapkan Serangan Besar di Aleppo

Milisi Syiah Iran dan Iraq pro-rezim juga telah diposisikan dekat kota Khanaser dan mempersiapkan serangan besar setelah beberapa pekan setelah kota ALeppo timur jatuh.

Jum'at, 06/01/2017 17:14 0

Video News

Wawancara Dahnil Anzar (Bag I): Kita Umat Mayoritas Tapi Kena Sindrom Minority Complex

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan bagaimana umat Islam di Indonesia merupakan umat yang bepotensi sangat besar. Namun, banyaknya jumlah tak sebanding dengan kualitas yang dihasilkan dalam kemajuan peradaban umat Islam itu sendiri.

Jum'at, 06/01/2017 15:16 0

Arab Saudi

Empat Tahanan Guantanamo Bebas, Disambut Program Deradikalisasi Saudi

Empat warga Yaman dibebaskan dari penjara AS di Teluk Guantanamo dan tiba di Arab Saudi pada Kamis (05/01). Masih ada 59 tahanan yang masih ditahan di pusat penahanan di Kuba tersebut.

Jum'at, 06/01/2017 14:02 0

Info Event

Mari Bantu! Istri Aktivis Masjid Menderita Tumor Hati

Sutarmi (40 th) adalah istri dari seorang Aktivis Masjid, Maryanto (44 th). Keseharian Sutarmi adalah seorang petani, sedangkan suami hanyalah seorang buruh lepas. Ibu tiga anak ini mengalami sakit sejak delapan tahun silam.

Jum'at, 06/01/2017 13:06 0

Amerika

AS Masukkan Putra Usamah bin Ladin ke Daftar “Teroris”

Amerika Serikat memasukkan putra pendiri organisasi Al-Qaidah Usamah bin Ladin ke dalam daftar teroris. Dia dianggap berbahaya untuk Amerika Serikat.

Jum'at, 06/01/2017 11:42 0

Indonesia

Koperasi Syariah 212 Diresmikan

Dewan Ekonomi Syariah 212 GNPF-MUI, Jumat pagi (05/01/2017), meresmikan Koperasi Syariah 212 (Investment Holding). Acara launcihing ini digelar di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA, Sentul City, Bogor. Turut hadir, Wakil Ketua GNPF-MUI, KH Zaitun Rasmin.

Jum'at, 06/01/2017 10:55 0

Suriah

Lagi, Jet AS Bom Markas Fath Al-Syam di Idlib

Juru bicara militer AS di Baghdad, John Dorian, Kamis (05/01), mengungkpakan bahwa Washington bertanggung jawab atas serangan udara yang menargetkan markas Jabhah Fath Al-syam di kota Sarmada, pedesaan Idlib, beberapa hari lalu.

Jum'at, 06/01/2017 10:04 0

Indonesia

Trauma Healing, GTA Peduli Adakan Dongeng Anak di Aceh

Tim Griya Tabungan Akhirat Peduli (GTA Peduli) pasca gempa Aceh melakukan program Trauma Healing dengan mengadakan dongeng anak di tempat pengungsian bagi anak-anak Aceh.

Jum'at, 06/01/2017 09:39 0