... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wakil Rakyat Ini Pertanyakan Ketidakadilan Pemerintah dalam Pemblokiran Media

Foto: Sukamta, anggota Komisi I DPR RI

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengungkapkan pihaknya tidak memungkiri jika selama ini terkesan ada semacam ketidakadilan dalam pemblokiran media yang dituding berkonten negatif.

Menurut dia, seharusnya pemerintah menertibkan situs-situs yang ada tanpa pandang bulu, tanpa pandang konten dari agama tertentu atau komunitas tertentu.

“Jangan misalnya lebih suka memblokir situs dengan konten agama tertentu tapi situs dengan konten agama lain yang juga dinilai bertentangan dengan UU ITE, bahkan lebih parah, malah tidak ditindak,” ujarnya pada Rabu, (04/01) di Jakarta.

Ia menilai tindakan pemblokiran hanya akan menimbulkan kesan pemerintah bertindak sewenang-wenang. Misalnya, pemerintah kerap memblokir situs yang suka mengkritik pemerintah.

“Saya khawatir ketidakadilan semacam ini akan semakin membuat suasana tidak kondusif, tidak terkendali, karena masyarakat akan semakin marah dan protes. Di era demokrasi ini kita harus bermain di ruang permainan yang terang dan jelas. Yang abu-abu harus dibuat menjadi jelas; biar tidak ada dusta di antara kita,” lanjutnya.

Tanpa aturan yang jelas, tindakan pemblokiran hanya akan menimbulkan masalah baru yang tidak perlu, dan pasti akan timbul kesan pemerintah berlebihan, sewenang-wenang dan despotik (anti-kritik).

Ia meminta agar pemerintah segera menyusun unit yang secara khusus menangani hal ini sesuai amanah UU ITE Pasal 40 ayat 6.

“Ini perlu untuk acuan baku kita semua. Ini lebih perlu dikedepankan karena lebih sustainable, bersifat jangka panjang dan lebih efektif, sementara pemblokiran media online mestinya itu hanya reaksi dan solusi terakhir setelah tidak bisa dilakukan pembinaan,” tambah Sekretaris Fraksi PKS ini.

BACA JUGA  Ini Dua "Kartu" Jokowi untuk Masyarakat Hadapi Corona

Ia pun menghimbau kepada pemilik dan pengelola media online untuk bersama-sama mengembangkan diri menjadi media yang sehat, akurat dan bisa diandalkan dalam memberikan informasi.

“Jadikan ini sebagai momen kita media online untuk mengonsolidasikan diri demi mengemban visi mencapai tujuan bangsa. Mari kita secara bersama membangun institusi dan budaya demokrasi dengan media sebagai pilar keempatnya,” tutup wakil rakyat dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Serangan Assad Berpotensi Gagalkan Perundingan Damai Suriah

Menteri Luar Negeri Turki menyatakan, pembicaraan damai Suriah yang dicanangkan dengan Rusia di Astana, Kazakhstan bisa "hancur" bila terus terjadi pelanggaran gencatan senjata.

Kamis, 05/01/2017 12:50 0

Tarbiyah Jihadiyah

Sebuah Rasa Penggerak Keimanan

Pemahaman telah terbalik dan timbangan telah berubah. Orang yang datang berjihad untuk membela dienullah, atau menentang penguasa thaghut, atau memerintah yang makruf dan melarang yang munkar serta menghadapi berbagai cobaan, dituduh kurang akal dan sentimental (peka perasaan). “Perasaan” (rasa peka) menjadi sesuatu yang tercela.

Kamis, 05/01/2017 11:24 0

Rohah

Subhanallah, Ikan-Ikan pun Melemparkan Butir Permata dari Lautan

“Berapa banyak orang yang kusut masai rambutnya, berdebu wajahnya, memakai dua kain yang lusuh serta tidak dihiraukan manusia, namun jika ia telah bersumpah atas nama Allah, niscaya Allah akan mengabulkan sumpahnya.”

Kamis, 05/01/2017 10:04 0

Palestina

Krisis Dana, Media-media Iran di Palestina Ditutup

Pemerintah Iran menutup banyak kantor media di wilayah Palestina dan mem-PHK para karyawannya dengan alasan krisis keuangan. Komite Radio dan TV Iran menyatakan tak mampu lagi membiayai operasional kantor dan gaji karyawan

Kamis, 05/01/2017 09:20 0

Video Kajian

Aleppo Kota Akhir Zaman (Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I)

KIBLAT.NET – Aleppo kini sedang didera. Banyak yang diam, banyak yang memelintir beritanya namun banyak...

Kamis, 05/01/2017 08:49 0

Wilayah Lain

Gerilyawan Mindanao Serbu Penjara, 160 Napi Kabur

Sekitar 160 tahanan dilaporkan kabur setelah sekelompok orang yang diduga bagian dari pejuang Muslim menyerang sebuah penjara di pulau Mindanao, Filipina Selatan, pada Rabu (04/12) dini hari.

Kamis, 05/01/2017 07:39 0

Iran

Syiah Hizbullah Lebanon Tak Akan Ditarik dari Suriah

Penasehat pemimpin spiritual Syiah Iran Ali Khomenei, Ali Akbar Velayati, menyatakan bahwa milisi Syiah Hizbullah tidak akan meninggalkan Suriah meskipun ada opsi gencatan senjata.

Rabu, 04/01/2017 10:35 0

Suriah

Oposisi Suriah Ancam Boikot Pembicaraan Damai di Kazakhstan

Pasukan oposisi Suriah yang menandatangani kesepakatan gencatan senjata dengan rezim Assad di bawah pengawasan Turki dan Rusia mengancam membekukan perundingan damai di Kazakhstan yang digelar bulan ini.

Rabu, 04/01/2017 09:51 0

Yaman

Serangan Koalisi Teluk Tewaskan Dua Komandan Pemberontak Syiah Hutsi

Dua orang komandan itu bertugas memimpin pertempuran di medan pertempuran Midi.

Rabu, 04/01/2017 06:55 0

Opini

Umat Islam Diserang dari Segala Penjuru, Bagaimana Petunjuk Kaum Salaf?

Menghadapi gelombang serangan ini, tentu kita perlu petunjuk, bagaimana dulu para Ulama' dan Mujahid, dengan petunjuk dan pertolongan Alloh SWT mampu menjaga eksistensi Din ini hingga seperti sekarang. Tulisan ini hanya memuat sebagian saja, berdasarkan realitas dan problem yang biasa kita temui di lapangan.

Selasa, 03/01/2017 20:35 1

Close