... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gerilyawan Mindanao Serbu Penjara, 160 Napi Kabur

Foto: Pasukan bersenjata Piliphina

KIBLAT.NET, Mindanao – Sekitar 160 tahanan dilaporkan kabur setelah sekelompok orang yang diduga bagian dari pejuang Muslim menyerang sebuah penjara di pulau Mindanao, Filipina Selatan, pada Rabu (04/12) dini hari. Sumber resmi pemerintah mengatakan, sedikitnya 6 orang tewas menyusul baku tembak antara pasukan pemerintah dengan para penyerang.

Kepala sipir rumah tahanan tingkat provinsi, Supt. Peter John Bongngat Jr., mengatakan seorang penjaga tewas dan seorang tahanan terluka ketika puluhan orang bersenjata menyerbu penjara yang berada di Kidapawan City, provinsi North Cotabato. Insiden ini merupakan salah satu aksi terbesar yang menargetkan penjara dalam beberapa tahun terakhir.

Kidapawan adalah sebuah kota di wilayah selatan yang bergolak berjarak 930 km dari ibukota Manila.

Bongngat dan seorang kepala polisi lokal, Supt. Leo Ajero, mengatakan baku tembak berlanjut hingga beberapa jam setelah pasukan gabungan polisi dan tentara dengan didukung kendaraan lapis baja mengejar para gerilyawan dan rekan-rekan mereka yang dibebaskan dari penjara di kawasan hutan sekitar.

Menurut Bongngat, para penyerang yang bersenjata lengkap itu diduga merupakan anggota-anggota BIFF (Bangsamoro Islamic Freedom Fighter) dan gerilyawan lainnya yang memisahkan diri dari organisasi induk, Moro Islamic Liberation Front (MILF). MILF sendiri telah menandatangani perjanjian damai dengan Manila.

Pihak berwenang mengatakan, penjara Kidapawan diketahui menampung lebih dari 1.500 orang tahanan, termasuk orang-orang BIFF yang didakwa atas sejumlah aksi pengeboman di beberapa lokasi. Insiden terbaru ini merupakan aksi yang ketiga kalinya terhadap fasilitas penjara di tingkat provinsi sejak 2007.

BACA JUGA  Ratusan Orang Tewas Dalam Protes Anti Pemerintah di Sudan

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Yahoo News

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Blokir Sejumlah Media, Pemerintah Dinilai Langgar HAM

Staf Divisi Hak Sipil Politik KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) Satrio Wirataru menilai, pemerintah melalui Menkominfo telah melanggar dua Hak Asasi Manusia dalam pemblokiran 11 situs media online.

Kamis, 05/01/2017 07:07 0

Indonesia

Pemblokiran Sejumlah Media Islam Dinilai Tidak Etis

Media Islam korban pemblokiran menyayangkan penutupan akses atas permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang dinilai tidak etis

Rabu, 04/01/2017 18:55 0

Indonesia

Klarifikasi Pemblokiran, Media Islam Sambangi Kominfo

Media online Islam yang diblokir mendatangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk melakukan klarifikasi dan mengajukan normalisasi.

Rabu, 04/01/2017 18:40 3

Indonesia

KontraS: UU Pemblokiran Seolah Bolehkan Pemerintah Berbuat Seenaknya

Dalam memblokir 11 situs yang di antaranya situs media dakwah dan pemberitaan Islam, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) tidak menyertai pemberitahuan terlebih dahulu dan juga tidak menjelaskan perihal pemblokiran tersebut. Hanya dari bisik-bisik di dunia maya yang menyebar, kesebelas situs itu diblokir lantaran menyebarkan konten ilegal.

Rabu, 04/01/2017 09:04 0

Indonesia

Masalah Pemblokiran oleh Pemerintah, Sudah Sejak Dulu Tidak Jelas

Staf Divisi Hak Sipil Politik KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan), Satrio Wirataru, mengatakan bahwa masalah pemblokiran yang tak disertai penjelasan merupakan masalah kepemerintahan sejak dulu

Rabu, 04/01/2017 08:47 0

Indonesia

Waktu Tak Cukup, Kesaksian Dua Pelapor Ahok Ditunda Selasa Depan

Sidang pemeriksaan saksi pelapor kasus Ahok hari tidak selesai. Sebab, masih ada dua saksi yang belum diperiksa yaitu Pedri Kasman dan Ibnu Baskoro.

Selasa, 03/01/2017 22:25 0

Opini

Umat Islam Diserang dari Segala Penjuru, Bagaimana Petunjuk Kaum Salaf?

Menghadapi gelombang serangan ini, tentu kita perlu petunjuk, bagaimana dulu para Ulama' dan Mujahid, dengan petunjuk dan pertolongan Alloh SWT mampu menjaga eksistensi Din ini hingga seperti sekarang. Tulisan ini hanya memuat sebagian saja, berdasarkan realitas dan problem yang biasa kita temui di lapangan.

Selasa, 03/01/2017 20:35 1

Indonesia

Pengurus Persatuan Mahasiswa Patani Yogyakarta Periode 2017-2018 Resmi Dilantik

Berikutnya sambutan Ketua Umum terpilih, Hissam H. Ismail mengungkapkan tujuan persatuan periode 2017-2018, berharap PMIPTI akan maju dan meningkat tidak saja bergantung dari ketuanya tetapi dengan partisipasi serta dorongan dari seluruh anggotanya untuk menjayakan persatuan kita bersama.

Selasa, 03/01/2017 18:30 0

Opini

Burung Hud-hud, Situs Islam dan Kebijaksanaan Pemimpin

Namun, kasus pemblokiran media Islam ini, yang nampak adalah keotoriteran penguasa. Mengedepankan kehendak, hanya karena dipandang tidak sesuai dengan selera.

Selasa, 03/01/2017 17:29 0

Indonesia

Saksi Pertama Sidang Keempat Ahok: Unsur Ketidaksengajaan Terbantahkan

KIBLAT.NET, Jakarta – Saksi pertama sidang keempat terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Novel Bamukmin...

Selasa, 03/01/2017 17:24 0