... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Blokir Sejumlah Media, Pemerintah Dinilai Langgar HAM

Foto: Situs dtidak dapat diakses

KIBLAT.NET, Jakarta – Staf Divisi Hak Sipil Politik KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) Satrio Wirataru menilai, pemerintah melalui Menkominfo telah melanggar dua Hak Asasi Manusia dalam pemblokiran 11 situs media online.

“Yang pertama adalah dari pihak pengelola situs, mereka terlanggar haknya karena tidak disertai penjelasan dari pemerintah. Kedua, pemerintah melanggar hak masyarakat untuk mendapat informasi, jika situs-situs yang diblokir itu adalah sumber informasi yang berpengaruh dalam kehidupan mereka,” ujar Satrio saat dihubungi Kiblat.net, beberapa waktu lalu.

Satrio menjelaskan dalam pemblokiran kemarin, hal yang juga perlu digaris bawahi adalah mekanisme dalam pemblokiran itu apakah sudah sesuai dengan hak asasi. Menurutnya, pemblokiran ini termasuk tindakan yang membatasi serta mencegah kebebasan berpendapat. “sekaligus membatasi hak masyarakat untuk mendapat informasi,” tegasnya.

Menurutnya, hal pertama yang dilanggar pemerintah adalah hak pengelola situs, mereka tidak bisa bekerja, jika itu adalah mata pencahariannya, maka dia kehilangan mata pencahariannya. Kedua, bagi masyarakat dampaknya adalah hak mereka terlanggar untuk mendapat informasi.

“Jika seandainya Situs-situs itu adalah sumber informasi dia yang berguna bagi kehidupannya jadi lebih kepada ditekankan kepada hak pemilik situs itu dan hak masyarakat yang terlanggar,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tugas pemerintah sendiri terkait informasi yang beredar hanyalah sebagai regulator. Ia menilai, pemerintah justru seharusnya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk lebih bisa mengakses intalasi. “Dan pemerintah sifatnya bukan lagi menilai suatu informasi ini layak untuk disebarkan atau tidak, dan juga tidak lagi boleh mealakukan pembredelan,” tegasnya.

BACA JUGA  Cegah Second Wave, Anies Akan Batasi Arus Balik

Satrio kembali menegaskan, yang boleh dilakukan pemerintah itu pun seandainya informasi yang disebarkan oleh media tadi sifatnya berbahaya dan bisa menciptakan kerusuhan dan kebencian, kan ada UU terkait hate speech. “Jika memang terkena pasal itu, seharusnya pemerintah pun menjelaskan secara mendetail. Misal menunjukkan di mana salahnya dan diperingati. Nah sampai saat ini belum ada seperti itu,” tegasnya.
Terakhir ia mengatakan “Harusnya ada seperti itu (peringatan terlebih dahulu) jangan tiba-tiba langsung diblokir. Ini adalah Pelanggaran kebebesan berpendapat jika memang tidak ditempuh prosedurnya secara benar”.

Reporter: Jundi Al-Kayyis
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Syiah Hizbullah Lebanon Tak Akan Ditarik dari Suriah

Penasehat pemimpin spiritual Syiah Iran Ali Khomenei, Ali Akbar Velayati, menyatakan bahwa milisi Syiah Hizbullah tidak akan meninggalkan Suriah meskipun ada opsi gencatan senjata.

Rabu, 04/01/2017 10:35 0

Suriah

Oposisi Suriah Ancam Boikot Pembicaraan Damai di Kazakhstan

Pasukan oposisi Suriah yang menandatangani kesepakatan gencatan senjata dengan rezim Assad di bawah pengawasan Turki dan Rusia mengancam membekukan perundingan damai di Kazakhstan yang digelar bulan ini.

Rabu, 04/01/2017 09:51 0

Yaman

Serangan Koalisi Teluk Tewaskan Dua Komandan Pemberontak Syiah Hutsi

Dua orang komandan itu bertugas memimpin pertempuran di medan pertempuran Midi.

Rabu, 04/01/2017 06:55 0

Opini

Umat Islam Diserang dari Segala Penjuru, Bagaimana Petunjuk Kaum Salaf?

Menghadapi gelombang serangan ini, tentu kita perlu petunjuk, bagaimana dulu para Ulama' dan Mujahid, dengan petunjuk dan pertolongan Alloh SWT mampu menjaga eksistensi Din ini hingga seperti sekarang. Tulisan ini hanya memuat sebagian saja, berdasarkan realitas dan problem yang biasa kita temui di lapangan.

Selasa, 03/01/2017 20:35 1

Opini

Burung Hud-hud, Situs Islam dan Kebijaksanaan Pemimpin

Namun, kasus pemblokiran media Islam ini, yang nampak adalah keotoriteran penguasa. Mengedepankan kehendak, hanya karena dipandang tidak sesuai dengan selera.

Selasa, 03/01/2017 17:29 0

Suriah

Ditahan di Penjara Rezim dari 2012, Kematian Jurnalis Suriah Ini Baru Dikonfirmasi Keluarga

Kepergian jurnalis Suriah, Nabil Churbajie dihujani sejumlah penghormatan. Nabil ditangkap rezim Assad sejak 2012 silam dan dikonfirmasi telah meninggal dunia pada pekan lalu oleh keluarganya.

Selasa, 03/01/2017 16:19 0

Mesir

Lagi, Militer Mesir Hancurkan Belasan Terowongan ke Gaza

Pasukan Mesir dilaporkan telah menghancurkan belasan terowongan di wilayah Sinai yang menghubungkan ke wilayah Jalur Gaza, Palestina.

Selasa, 03/01/2017 08:42 0

Video Kajian

Aleppo Kota Akhir Zaman

KIBLAT.NET – Aleppo membara lagi. Dunia seakan gempar mendengarnya, namun tak sedikit juga ada yang...

Selasa, 03/01/2017 08:34 0

Suriah

Jet Turki dan Rusia Lakukan Serangan Bersama di Suriah Utara

Jet tempur Turki dan Rusia melakukan serangan bersama untuk kedua kali dalam beberapa hari terakhir menargetkan wilayah Daulah Islamiyah (ISIS) di sekitar kota Al-Bab, pedesaan Aleppo, Suriah Utara.

Selasa, 03/01/2017 08:01 0

Suriah

Jenderal Senior Iran Tewas di Suriah

Seorang komandan dari pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) tewas dalam bentrokan dengan kelompok-kelompok oposisi Suriah. Demikian menurut laporan Fars News, Sabtu (31/12) lalu.

Senin, 02/01/2017 17:03 0

Close