... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Oposisi Suriah Ancam Boikot Pembicaraan Damai di Kazakhstan

Foto: Korban serangan jet Suriah /ilustrasi

KIBLAT.NET, Damaskus – Pasukan oposisi Suriah yang menandatangani kesepakatan gencatan senjata dengan rezim Assad di bawah pengawasan Turki dan Rusia mengancam membekukan perundingan damai di Kazakhstan yang digelar bulan ini.

Ancaman ini dikeluarkan setelah 14 faksi tersebut menyaksikan pelanggaran berulang kali dari pihak rezim meski gencatan masih berlangsung.

“Rezim Assad dan sekutunya masih terus melancarkan pemboman dan melakukan banyak pelanggaran besar,” kata pernyataan faksi-faksi oposisi yang mayoritas berafiliasi pada Free Syrian Army (FSA), Selasa (03/01).

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa juga, pasukan oposisi menegaskan bahwa pihaknya akan membatalkan gencatan senjata dan kembali melakukan perlawanan bila rezim Assad dan milisi Syiah terus melakukan ekspansi militer.

Terkait hal ini, rezim Assad dan milisi Syiah Hizbullah sebelumnya telah melakukan pelanggaran dengan menyerang Wadi Barada, barat laut Damaskus yang merupakan wilayah pasukan oposisi.

Pasukan oposisi mengatakan bahwa rezim Assad telah berusaha untuk merebut kendali sumber mata air utama yang memasok wilayah Damaskus itu.

Rezim Assad dan 14 faksi oposisi Suriah telah menyepakati opsi gencatan senjata yang ditengahi oleh Turki dan Rusia.

Selain opsi gencatan senjata, kedua negara tersebut juga menjadwalkan pertemuan di ibukota Kazakhstan, Astana untuk membahas kelanjutan pembicaraan perdamaian di Suriah.

Namun, opsi gencatan senjata dan rencana pembicaraan perdamaian nampaknya akan runtuh karena pasukan rezim Assad dan sekutunya masih terus melancarkan serangan ke wilayah oposisi Suriah.

BACA JUGA  Serangan Terbaru Rusia untuk Jauhkan Faksi Islamis dari Jalur Penting

Reporter: Dio Alifullah
Sumber: Reuters


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

KontraS: UU Pemblokiran Seolah Bolehkan Pemerintah Berbuat Seenaknya

Dalam memblokir 11 situs yang di antaranya situs media dakwah dan pemberitaan Islam, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) tidak menyertai pemberitahuan terlebih dahulu dan juga tidak menjelaskan perihal pemblokiran tersebut. Hanya dari bisik-bisik di dunia maya yang menyebar, kesebelas situs itu diblokir lantaran menyebarkan konten ilegal.

Rabu, 04/01/2017 09:04 0

Indonesia

Masalah Pemblokiran oleh Pemerintah, Sudah Sejak Dulu Tidak Jelas

Staf Divisi Hak Sipil Politik KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan), Satrio Wirataru, mengatakan bahwa masalah pemblokiran yang tak disertai penjelasan merupakan masalah kepemerintahan sejak dulu

Rabu, 04/01/2017 08:47 0

Indonesia

Waktu Tak Cukup, Kesaksian Dua Pelapor Ahok Ditunda Selasa Depan

Sidang pemeriksaan saksi pelapor kasus Ahok hari tidak selesai. Sebab, masih ada dua saksi yang belum diperiksa yaitu Pedri Kasman dan Ibnu Baskoro.

Selasa, 03/01/2017 22:25 0

Opini

Umat Islam Diserang dari Segala Penjuru, Bagaimana Petunjuk Kaum Salaf?

Menghadapi gelombang serangan ini, tentu kita perlu petunjuk, bagaimana dulu para Ulama' dan Mujahid, dengan petunjuk dan pertolongan Alloh SWT mampu menjaga eksistensi Din ini hingga seperti sekarang. Tulisan ini hanya memuat sebagian saja, berdasarkan realitas dan problem yang biasa kita temui di lapangan.

Selasa, 03/01/2017 20:35 1

Indonesia

Pengurus Persatuan Mahasiswa Patani Yogyakarta Periode 2017-2018 Resmi Dilantik

Berikutnya sambutan Ketua Umum terpilih, Hissam H. Ismail mengungkapkan tujuan persatuan periode 2017-2018, berharap PMIPTI akan maju dan meningkat tidak saja bergantung dari ketuanya tetapi dengan partisipasi serta dorongan dari seluruh anggotanya untuk menjayakan persatuan kita bersama.

Selasa, 03/01/2017 18:30 0

Opini

Burung Hud-hud, Situs Islam dan Kebijaksanaan Pemimpin

Namun, kasus pemblokiran media Islam ini, yang nampak adalah keotoriteran penguasa. Mengedepankan kehendak, hanya karena dipandang tidak sesuai dengan selera.

Selasa, 03/01/2017 17:29 0

Indonesia

Saksi Pertama Sidang Keempat Ahok: Unsur Ketidaksengajaan Terbantahkan

KIBLAT.NET, Jakarta – Saksi pertama sidang keempat terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Novel Bamukmin...

Selasa, 03/01/2017 17:24 0

Indonesia

Himpunan Pelajar Patani di Indonesia (HIPPI) Jakarta Gelar Kongres ke-5

Organisasi Himpunan Pelajar Patani Di Indonesia (HIPPI) Jakarta adalah organisasi kemahasiswaan dan beroriantasi kemasyarakatan bagi umat bangsa Melayu Patani, organisasi HIPPI Jakarta merupakan wadah perkumpulan pelajar yang datang dari Patani (Thailand Selatan) yaitu “Provinsi Patani, Yala, Narathiwat dan Profensi sebahagian dari Songkla”.

Selasa, 03/01/2017 17:15 0

Indonesia

Saksi Kasus Ahok Meninggal, Sidang Keempat Dihadiri 6 Saksi

KIBLAT.NET, Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut) hanya mengajukan...

Selasa, 03/01/2017 17:10 0

Indonesia

Massa Pendukung Ahok dan Umat Islam Hampir Bentrok di Sidang Ahok

KIBLAT.NET, Jakarta – Hari ini, bentrokan antara massa pro Ahok dan umat Islam yang tergabung...

Selasa, 03/01/2017 17:07 0

Close