... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Klarifikasi Pemblokiran, Media Islam Sambangi Kominfo

KIBLAT.NET, Jakarta – Media online Islam yang diblokir mendatangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), untuk melakukan klarifikasi dan mengajukan normalisasi.

Perwakilan lima media online yang diblokir Kominfo melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjwn Aptika), Semuel A. Pangerapan. Pimpinan Kiblat.net, Islampos.com, Voa-Islam.com, dan Dakwahtangerang.com mempertanyakan dasar pemblokiran yang dilakukan kementerian itu.

“Kami ingin menanyakan dasar pemblokiran kami, karena tidak ada pemberitahuan dari Kominfo,” kata Redaktur Pelaksana Islampos.com, Muhammad Pizaro dalam rapat yang digelar di ruang pertemuan Ali Murtopo, Rabu (04/2017).

Menurut Pizaro, Kominfo sebenarnya memiliki kewajiban untuk berkomunikasi dengan pihak media sebelum melakukan pemblokiran. Seharusnya, kementerian yang dipimpin oleh Rudiantara itu melakukan musyawarah sebelum menutup akses sebuah situs.

“Pemblokiran ini banyak ditanyakan oleh pembaca kami, umat, pengamat media, dan tokoh-tokoh Islam,” lanjutnya.

Sementara, Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan menyebut bahwa pemblokiran yang mereka lakukan telah sesuai dengan undang-undang. Dia merujuk pada pasal 40 ayat 2 serta ayat 2(a) dan 2 (b) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektroni (ITE), sebagai dasar pemblokiran.

Semuel mengaku bahwa pemblokiran dilakukan atas permintaan lembaga negara terkait. Namun, dalam kesempatan itu dia enggan mengungkapkan konten yang dimuat media-media tersebut, yang dinilai telah melanggar undang-undang dan menjadi dasar pemblokiran.

BACA JUGA  Tak Kunjung Tertangkap, Romo Syafii Sebut Harun Masiku Lebih Hebat dari Teroris

“Kami bekerja di kominfo ini profesional,” ujar Semuel.

Kominfo kembali melakukan pemblokiran terhadap situs-situs Islam. Penyedia Layanan Internet (ISP) diminta menutup akses terhadap 11 situs. Tagar #StopBlokirMediaIslam pun sempat menjadi trending topik di media sosial di hari pertama 2017, sebagai bentuk protes netizen terhadap pemblokiran media Islam.

Reporter: Imam S.
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

3 comments on “Klarifikasi Pemblokiran, Media Islam Sambangi Kominfo”

  1. Arogansi kepemimpinan yang meng atas namakan undang2 negara, hanya karena menolong pihak2 tertentu yang notabene masih sepihak dengan golongan2 tertentu tsb. IRONIS nya seorang Dirjen yang KEBETULAN BUKAN LAH SEORANG MUSLIM. Dengan kata lain DISKRIMINASI AGAMA.

  2. IMI

    Segitu takutnya pihak kafir dan munafiqin… :)

  3. #StopBlokirMediaIslam .. Hhhmm… Heran dengan Negara ini…

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Syiah Hizbullah Lebanon Tak Akan Ditarik dari Suriah

Penasehat pemimpin spiritual Syiah Iran Ali Khomenei, Ali Akbar Velayati, menyatakan bahwa milisi Syiah Hizbullah tidak akan meninggalkan Suriah meskipun ada opsi gencatan senjata.

Rabu, 04/01/2017 10:35 0

Suriah

Oposisi Suriah Ancam Boikot Pembicaraan Damai di Kazakhstan

Pasukan oposisi Suriah yang menandatangani kesepakatan gencatan senjata dengan rezim Assad di bawah pengawasan Turki dan Rusia mengancam membekukan perundingan damai di Kazakhstan yang digelar bulan ini.

Rabu, 04/01/2017 09:51 0

Yaman

Serangan Koalisi Teluk Tewaskan Dua Komandan Pemberontak Syiah Hutsi

Dua orang komandan itu bertugas memimpin pertempuran di medan pertempuran Midi.

Rabu, 04/01/2017 06:55 0

Opini

Umat Islam Diserang dari Segala Penjuru, Bagaimana Petunjuk Kaum Salaf?

Menghadapi gelombang serangan ini, tentu kita perlu petunjuk, bagaimana dulu para Ulama' dan Mujahid, dengan petunjuk dan pertolongan Alloh SWT mampu menjaga eksistensi Din ini hingga seperti sekarang. Tulisan ini hanya memuat sebagian saja, berdasarkan realitas dan problem yang biasa kita temui di lapangan.

Selasa, 03/01/2017 20:35 1

Opini

Burung Hud-hud, Situs Islam dan Kebijaksanaan Pemimpin

Namun, kasus pemblokiran media Islam ini, yang nampak adalah keotoriteran penguasa. Mengedepankan kehendak, hanya karena dipandang tidak sesuai dengan selera.

Selasa, 03/01/2017 17:29 0

Suriah

Ditahan di Penjara Rezim dari 2012, Kematian Jurnalis Suriah Ini Baru Dikonfirmasi Keluarga

Kepergian jurnalis Suriah, Nabil Churbajie dihujani sejumlah penghormatan. Nabil ditangkap rezim Assad sejak 2012 silam dan dikonfirmasi telah meninggal dunia pada pekan lalu oleh keluarganya.

Selasa, 03/01/2017 16:19 0

Mesir

Lagi, Militer Mesir Hancurkan Belasan Terowongan ke Gaza

Pasukan Mesir dilaporkan telah menghancurkan belasan terowongan di wilayah Sinai yang menghubungkan ke wilayah Jalur Gaza, Palestina.

Selasa, 03/01/2017 08:42 0

Video Kajian

Aleppo Kota Akhir Zaman

KIBLAT.NET – Aleppo membara lagi. Dunia seakan gempar mendengarnya, namun tak sedikit juga ada yang...

Selasa, 03/01/2017 08:34 0

Suriah

Jet Turki dan Rusia Lakukan Serangan Bersama di Suriah Utara

Jet tempur Turki dan Rusia melakukan serangan bersama untuk kedua kali dalam beberapa hari terakhir menargetkan wilayah Daulah Islamiyah (ISIS) di sekitar kota Al-Bab, pedesaan Aleppo, Suriah Utara.

Selasa, 03/01/2017 08:01 0

Suriah

Jenderal Senior Iran Tewas di Suriah

Seorang komandan dari pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) tewas dalam bentrokan dengan kelompok-kelompok oposisi Suriah. Demikian menurut laporan Fars News, Sabtu (31/12) lalu.

Senin, 02/01/2017 17:03 0

Close