... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dituding Bantu Teroris di Suriah, IHH Siapkan Gugatan Hukum

Foto: Sekjen IHH Yavus Dede

KIBLAT.NET, Istanbul – Insan Hak ve Hürriyetleri Insani Yardim Vakfı atau IHH, badan kemanusiaan internasional berpusat di Turki menyatakan tidak akan berdiam diri atas beredarnya tuduhan bahwa pihaknya terlibat bantuan kelompok teroris di Suriah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal IHH, Yavus Dede, kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) saat bertemu dalam pengukuhan kerjasama antar ACT dengan IHH, di kantor IHH di Istanbul, Jum’at (30/12) kemarin.

Yavus menjelaskan, pihaknya juga mendapatkan informasi serta terus memantau perkembangan lontaran isu-isu bernada tuduhan kelompok tertentu atas kiprah aksi kemanusiaan lembaga ini di Indonesia.

Terkait tuduhan oknum tertentu di Indonesia yang beredar viral, IHH menyiapkan tim pengacara di Jakarta untuk menggugat pencemaran nama baik lembaganya.

“Kalau dibiarkan, maka orang akan menganggapnya sebagai kebenaran. Harus diambil langkah hukum untuk menjaga nama baik kami,” ujar Yavus Dede kepada Senior Vice President ACT, Syuhelmaidi Syukur.

Yavus melanjutkan, langkah ini juga dilakukan karena Indonesia ‎negara penting dan berpenduduk Muslim terbesar di dunia. Menurut Yavus, pihaknya perlu menyampaikan hal itu kepada ACT karena ACT menjadikan IHH mitranya.

Terkait hal ini, Senior Vice President ACT, Syuhelmaidi Syukur menegaskan, ACT sendiri sudah lama menjalin kerjasama dengan IHH tak hanya dalam merespon krisis kemanusiaan Suriah. Terkait rencana IHH membawa ke ranah hukum fitnah atas dirinya, ACT siap memberi dukungan maksimal.

“Kerja kemanusiaan ini, sudah cukup berat. Keterlaluan jika dipolitisasi, difitnah dan diseret ke isu terorisme. Tak ada kata lain, harus dilawan dengan hukum. Kita tak boleh membiarkan kekuatan anti-kemanusiaan memfitnah pegiat kemanusiaan seenaknya,” ungkap Syuhelmaidi kepada Islamic News Agecy (INA).

Syuhel mengatakan bahwa Turki banyak berbuat untuk kemanusiaan, hal yang tak banyak dilakukan negara lain. “Dan IHH sebagai badan kemanusiaan di Turki, gamblang menunjukkan peran itu,” imbuh Syuhel.

ACT terpanggil membela sesama badan kemanusiaan. “Semoga kita sadar untuk tidak membiarkan fitnah merajalela,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, IHH adalah organisasi lembaga kemanusiaan internasional yang telah diakui PBB. Dalam kiprahnya, IHH pernah menjadi inisiator konvoi kemanusiaan Freedom Flotilla menuju Gaza, Palestina, yang diikuti lembaga dan aktivis kemanusiaan dunia.

Reporter: Ibas/ INA
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Dituding Bantu Teroris di Suriah, IHH Siapkan Gugatan Hukum”

  1. Sujarwo

    Lembaga bantuan kemanusiaan di tuduh bantu teroris , media islam di blokir , ulama di tangkapi ….
    Negara memusuhi umat Islam

  2. adi

    mampus lah itu tito…bener tuh tuntut aja biar ga asal jeplak ..mereka2 itu lagi mabok kekuasaaan di pikir udah kebal segala galanya ..biasanya mereka2 ini kalo gigit lawan nya jarang gigit balik soalnya

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Bagimu Agamamu dan Bagiku Agamaku

Ketika orang-orang musyrik melihat ketegaran dan superioritas kaum Muslimin dalam memegang agamanya, sementara keputus-asaan mulai menjalari jiwa-jiwa mereka; bahwa mustahil kaum Muslimin mau kembali memeluk agama nenek moyangnya, akhirnya mereka membuat sandiwara yang menunjukkan ketidakbijakan mereka.

Senin, 02/01/2017 09:45 0

Indonesia

Muslim Kota Palu Galang Solidaritas Peduli Banjir Bima

KIBLAT.NET, Palu – Banjir bandang yang melanda Bima beberapa waktu lalu turut menjadi perhatian khususnya...

Ahad, 01/01/2017 17:43 0

Indonesia

Tagar #StopBlokirMediaIslam Jadi Trending Topik

KIBLAT.NET, Jakarta – Warga internet pada Ahad, 1 Januari 2016 meramaikan dunia maya dengan tagar...

Ahad, 01/01/2017 17:32 1

Indonesia

Pemblokiran Media Islam adalah Pengebirian Terhadap Islam

KIBLAT.NET, Jakarta- Sekertaris Umum Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman menegaskan bahwa pemblokiran media Islam adalah bentuk pengebirian...

Ahad, 01/01/2017 16:56 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Penutupan Media Islam Tak Sesuai Spirit Kebebasan Pers

KIBLAT.NET, Jakarta- Penutupan media Islam kembali dilakukan. Kali ini, dengan tuduhan menyebar berita hoax, sembilan...

Ahad, 01/01/2017 16:42 0

Tarbiyah Jihadiyah

Nasihat Syaikh Abdullah Azzam bagi Penggembos Jihad

Mereka menyangka bahwa membela Dinullah bisa dengan menepuk-nepuk badan, dengan melayani syahwat, dengan memuaskan keinginan dan membuka lembaran-lembaran kitab sambil makan apel dan pisang, minum teh dan kopi. Adakah mungkin Dinullah bisa menang tanpa pengorbanan darah, raga, dan tulang-belulang?

Sabtu, 31/12/2016 13:00 0

Indonesia

Wasekjen MUI: Peniupan Terompet Bukan Budaya Islami

Saat perayaan tahun baru, masyarakat identik dengan meniupkan terompet. Menanggapi hal itu, Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan bahwa peniupan terompet bukan budaya yang Islami.

Sabtu, 31/12/2016 11:38 0

Indonesia

Tahun Baru, MUI Imbau Umat Islam Tak Lakukan Budaya Menyimpang

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau kepada umat Islam agar menyikapi tahun baru dengan mensyukuri nikmat Allah.

Sabtu, 31/12/2016 11:10 0

Rohah

Al-Baqillani : Lancang Engkau Mengklaim bahwa Allah Memiliki Anak!!!

Raja Romawi mengundang seorang ulama dari kaum muslimin untuk membantahnya dan menundukkannya. Maka, kaum muslimin mengutus Abu Bakar Al-Baqillani, seorang yang cerdas dan berpikiran tajam. Mereka berkata kepada Raja Romawi, “Dia tidak akan menundukkan kepalanya jika sampai di hadapanmu.”

Sabtu, 31/12/2016 09:58 0

Indonesia

Tahun 2016, Ombudsman Paling Banyak Terima Aduan Terkait Kepolisian

Ombudsman RI mengaku pada tahun 2016 ini menerima 1.612 aduan masyarakat terkait institusi kepolisian. Hal itu diungkapkan anggota Ombudsman, Ninik Rahayu saat membeberkan hasil pemantauan lembaga terhadap pelayanan publik di instansi pemerintah selama 2016.

Sabtu, 31/12/2016 09:39 0

Close