... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tahun 2016, Ombudsman Paling Banyak Terima Aduan Terkait Kepolisian

Foto: Kapolri Jend. Tito Karnavian

KIBLAT.NET, Jakarta – Ombudsman RI mengaku pada tahun 2016 ini menerima 1.612 aduan masyarakat terkait institusi kepolisian. Hal itu diungkapkan anggota Ombudsman, Ninik Rahayu saat membeberkan hasil pemantauan lembaga terhadap pelayanan publik di instansi pemerintah selama 2016.

“Dari 10.153 laporan yang diterima lembaga pengawas pelayanan publik pada tahun ini, institusi kepolisian yang paling banyak dilaporkan pada tahun ini ketimbang institusi lainya, sedangkan untuk penundaan yang berlarut itu, paling banyak ada di sektor kepolisian resor,” ujar Ninik sebagaimana dikutip dari Viva.co.id, Jum’at (30/12).

Sedangkan di urutan kedua, institusi yang dilaporkan masyakarakat adalah institusi peradilan, mereka mendapatkan 392 laporan sepanjang tahun ini. Peradilan yang banyak menjadi objek pengaduan meliputi pengadilan negeri, pengadilan tinggi dan Mahkamah Agung. Termasuk pengadilan tata usaha negara.

Selanjutnya, adalah lembaga kejaksaan. Ada 106 laporan menyangkut layanan di Korps Adhyaksa itu.

“Kalau kejaksaan ini yang dilaporkan pelayanan publiknya, dari kejaksaan negeri hingga Kejaksaan Agung,” ungkap dia.

Ninik menjelaskan, pada 2015 lembaganya menerima 6.859 laporan. Sementara itu, pada tahun ini, total ada 10.153 laporan yang diterima lembaga pengawas pelayanan publik itu.

“Dari tahun ke tahun terus meningkat. Ini seharusnya diikuti dengan meningkatnya perhatian dan respons pemerintah, baik di pusat dan daerah, serta lembaga negara lainnya,” kata Ninik.

Dia pun menilai sudah saatnya semua pihak berbenah dan menyadari bahwa pelayanan publik menjadi persoalan yang segera membutuhkan perbaikan.

BACA JUGA  Sudah Sepekan Api Abadi Mrapen Padam

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Bolehkah Merayakan Tahun Baru ? [Ust. Miftahul Ihsan, Lc.]

KIBLAT.NET – Merayakan pergantian tahun masehi dengan gemerlap kembang api dan menghitung mundur detik menuju...

Jum'at, 30/12/2016 20:17 0

Fikih

Wanita shalat di rumah; mana yang lebih utama, berjamaah atau sendiri?

Bagi wanita, shalat di rumah tentu lebih utama daripada di masjid. Sebagaimana sabda Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam, “Sebaik-baik masjid bagi wanita adalah di dalam rumah-rumah mereka.” (HR. Ahmad) Namun bagaimana dengan perihal jamaah, mana yang lebih baik, shalat di rumah dengan berjamaah atau shalat sendiri?

Jum'at, 30/12/2016 19:24 0

Opini

Jangan Mau Dibohongi Pakai Pembantaian Aleppo

Aleppo, Ghauta, Rohingya hanyalah nama sebuah tempat atau bangsa. Namun pembantaian dan penderitaan yang terjadi di dalamnya, hakikatnya adalah pembantaian dan penderitaan kita juga.

Jum'at, 30/12/2016 18:10 0

Info Event

Kongres PMIPTI Yogyakarta ke-42 Digelar, Menghimbau Persatuan Mahasiswa Patani Se-Indonesia

Persatuan Mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) di Indonesia (PMIPTI) Yogyakarta merupakan organisasi bagi generasi anak muda Melayu Patani yang melanjutkan studi di Indonesia. Sebuah organisasi mahasiswa sebagai tempat melahirkan kader-kader generasi penerus bangsanya.

Jum'at, 30/12/2016 17:12 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar GNPF MUI tentang Bahaya Sepilis dan Komunis di Bogor

Dalam rangka menjaga spirit ukhuwah 212, kami Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bogor Raya mengundang kaum Muslimin untuk menghadiri "Silaturahim dan Tabligh Akbar Kebangsaan Jilid II" Bersama para ulama, umaro, pimpinan ormas Islam, pesantren, DKM, tokoh masyarakat serta umat Islam pada umumnya.

Jum'at, 30/12/2016 16:27 0

Suara Pembaca

Puisi: Suara Hati yang (Tidak) Terucap

Saat mulut ingin bertutur kata, namun dikalahkan dengan suara mereka. Suara mereka yang lebih keras! Disini, suara kami seperti suara klakson kendaraan kuno. Yang didengar hanya sepintas...

Jum'at, 30/12/2016 14:40 0

Info Event

Sukseskan Program “Menoreh Berhijab” di Kulonprogo Yogyakarta!

Daerah yang berbukitan dan jauhnya dari sumber informasi menyebabkan kawasan bukit menoreh kurang perhatian dari masyarakat umum. Tingkat pendidikan masyarakat pun menjadi salah satu sebab minimnya sarana pendukung untuk majunya sebuah peradaban.

Jum'at, 30/12/2016 14:14 0

Mesir

Mesir Serahkan Dua Pulau ke Arab Saudi

Pemerintah Mesir telah menyetujui kesepakatan untuk menyerahkan dua pulau di Laut Merah ke Arab Saudi. Kesepakatan ini juga diketahui parlemen dan mendapat ratifikasi.

Jum'at, 30/12/2016 11:40 0

Rohah

Beginilah Seharusnya Sikap Pemimpin Kepada Ulama

“Yang telah menuangkan air ke tanganmu adalah Amirul Mukminin.” Harun Ar-Rasyid Rahimahullah.

Jum'at, 30/12/2016 09:46 0

Artikel

Kaleidoskop 2016: Aksi Bela Islam

Umat Islam Indonesia menjalani momen penting di tahun 2016. Berawal dari kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mereka bersatu dalam Aksi Bela Islam, menuntut penegakan hukum terhadap Gubernur DKI tersebut.

Kamis, 29/12/2016 20:34 0

Close
CLOSE
CLOSE