... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Kaleidoskop 2016: Aksi Bela Islam

Foto: Aksi Bela islam

KIBLAT.NET – Umat Islam Indonesia menjalani momen penting di tahun 2016. Berawal dari kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mereka bersatu dalam Aksi Bela Islam, menuntut penegakan hukum terhadap Gubernur DKI tersebut.

Pidato Kontroversial Ahok di Kepulauan Seribu

Ahok, dalam sebuah acara di Kepulauan Seribu, Selasa (27/09/2016), sempat menyinggung Al-Qur’an dengan menyitir Surat Al-Maidah ayat 51 dalam pidatonya di hadapan warga dan pejabat setempat.

Saat itu ia mengatakan, “… Jadi jangan percaya sama orang, kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu nggak bisa pilih saya, ya kan. Dibohongin pakai surat al Maidah 51, macem-macem itu. Itu hak bapak ibu, jadi bapak ibu perasaan nggak bisa pilih nih karena saya takut masuk neraka, dibodohin gitu ya..”

Ucapan Ahok yang terekam dalam sebuah video tersebut langsung menjadi viral di media sosial setelah seorang netizen mengunggahnya kembali di Youtube. Umat Islam pun tersinggung melihat tayangan itu. Ahok dinilai telah menistakan Al-Qur’an lewat ucapannya.

Maka, sejumlah elemen masyarakat melaporkan Ahok ke polisi. Diantaranya dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) pada Kamis (06/12/2016) yang mendatangi Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Setelah ramainya pelaporan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat mengeluarkan pernyataan sikap keagamaan terkait ucapan Ahok tersebut.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Ketua Umum KH. Ma’ruf Amin dan Sekretaris Jenderal Anwar Abbas, MUI menyatakan bahwa ucapan Ahok dikategorikan sebagai penghinaan terhadap Al-Qur’an dan ulama yang berkonsekuensi hukum.

BACA JUGA  Sikap Imam Malik kepada Para Pemuja Penguasa

Ahok sempat mengeluarkan permintaan maaf sebelum pernyataan sikap MUI dikeluarkan. Namun, hal itu tidak lantas meredam kemarahan umat Islam yang terlanjur tersinggung atas penghinaan terhadap Kitab Suci dan para ulama. Tuntutan agar Ahok dapat diproses hukum pun terus menggema melalui gelombang unjuk rasa di berbagai daerah.

Baca halaman selanjutnya: Menyita Perhatian Dunia, Aksi...

Halaman Selanjutnya 1 2 3 4
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Kapolda Jateng Tolak Penangguhan Penahanan Ranu Muda

KIBLAT.NET, Semarang - Kepolisian Daerah Jawa Tengah pada Rabu (28/12) menolak pengajuan penangguhan penahanan Jurnalis Islam Panjimas, Ranu Muda yang diajukan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo.

Kamis, 29/12/2016 17:25 0

Info Event

Hadir dan Ikuti! Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus ANNAS Solo Raya

KIBLAT.NET, Bandung – Formatur Aliansi Nasional Antii Syiah (ANNAS) Solo Raya berencana menggelar Tabligh dengan tema:...

Kamis, 29/12/2016 16:58 0

Suriah

Pagi Berdarah di Ghauta Timur Suriah

Korban berjumlah 14 orang, termasuk dua anak dan seorang wanita. Sedangkan jumlah korban luka menurut perkiraan awal mencapai 40 orang.

Kamis, 29/12/2016 16:41 0

Yaman

Lembaga HAM: Lebih dari 18.000 Pelanggaran Dilakukan Pemberontak Hutsi

Lembaga Hak Asasi Manusia mengungkapkan lebih dari 18 ribu pelanggaran telah dilakukan pemberontak Syiah Hutsi selama 2016 di Hajjah, 127 kilometer barat laut dari Sana'a.

Kamis, 29/12/2016 15:35 0

Rohah

Sesuatu yang Paling Mahal di Dunia ini

Dikatakan kepada Ar-Rabi’ bin Khutsaim, “Mengapa engkau tidak duduk bersandar?” Dia menjawab, “Tidak ada yang duduk bersandar kecuali orang yang merasa aman, sementara aku sedang dalam ketakutan.” Mereka bertanya lagi, “Lantas, kapan engkau merasa aman?” Dia menjawab, “Jika aku telah melewati shirâth!”

Kamis, 29/12/2016 15:00 0

Suriah

Ada Pihak yang Dikecualikan dalam Gencatan Senjata di Suriah

Pemerintah Rusia dan Turki dilaporkan telah menyepakati opsi gencatan senjata untuk Suriah, dengan mengecualikan kelompok bersenjata yang dinyatakan sebagai organisasi teroris oleh PBB.

Kamis, 29/12/2016 14:26 0

Afghanistan

Insiden Terbaru Serangan terhadap Para Legislator di Afghanistan

Seorang anggota parlemen Afghanistan termasuk di antara sedikitnya tiga orang yang luka-luka akibat ledakan bom pinggir jalan yang menghempas sebuah mobil pada hari Rabu (28/12) di ibukota Kabul.

Kamis, 29/12/2016 13:15 0

Suriah

Wadi Barada Dibom, Damaskus Terancam Kekurangan Air Bersih

Aliran air ke Damaskus dilaporkan sepenuhnya terputus karena serangan bom pasukan Assad di Wadi Barada. Wilayah ini diketahui menjadi sumber utama air minum penduduk di ibukota Suriah tersebut.

Kamis, 29/12/2016 12:40 0

Indonesia

Tangkap Wartawan, Aparat Dinilai Salahgunakan Wewenang

Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pers, Nawawi Bahrudin, S.H. menegaskan bahwa antara Kepolisian dan Dewan Pers sudah ada MoU

Kamis, 29/12/2016 12:00 0

Suriah

Turki Upayakan Gencatan Senjata di Suriah dengan Rusia

Kelompok oposisi Suriah dilaporkan telah berdiskusi dengan Turki membicarakan gencatan senjata denga Rusia.

Kamis, 29/12/2016 11:30 0