... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Kaleidoskop 2016: Akhir Cerita Aleppo

Foto: Seorang bapak dan anak memandangi bangunan yang hancur di Aleppo akibat kebrutalan Rusia dan Suriah [foto: Anadolu Agency]

KIBLAT.NET, – Tahun 2016 merupakan tahun kesedihan bagi warga Aleppo Timur. Mereka harus merelakan tanah lahir diduduki oleh rezim Bashar Assad, milisi Syiah dan pasukan Rusia. Tidak ada pilihan lain bagi mereka. Itu merupakan jalan satu-satunya untuk menyelamatkan warga Aleppo Timur. JIka tidak, jet-jet Rusia dan Assad membumihanguskan daerah itu sekaligus penghuninya. Kiblat.net berupaya merangkum perjuangan warga Aleppo Timur untuk bertahan di tengah blokade mencekik dan bombardir udara. Meski akhirnya menyerah, keteguhan dan semangat mereka menghadapi pasukan zalim patut dicontoh. Berikut selengkapnya:

Februari 2016: Sejak Rusia menyatakan mengirim pasukan ke Suriah untuk mendukung militer Bashar Assad pada akhir 2015, rezim semakin mengintensifkan serangan udara ke wilayah-wilayah oposisi yang terpecah-pecah. Salah satunya, kota Aleppo. Di kota terbesar kedua Suriah ini, luas wilayah oposisi hampir sama dengan wilayah kontrol rezim.

Berbagai jenis bom terlarang mulai digunakan rezim Assad dan Rusia untuk membombardir posisi pejuang. Gempuran difokuskan di wilayah Barat Laut Aleppo, di mana dua kota Syiah Nubul dan Zahra terkepung oleh wilayah mujahidin. Rezim ingin membebaskan dua kota itu dari blokade.

Di tengah massifnya gempuran udara, pasukan rezim dengan dibantu milisi Syiah bergerak dari darat. Mereka akhirnya mampu membuka blokade. Kemajuan rezim ini sekaligus membuat pasokan logistik dari perbatasan Turki ke wilayah oposisi di Aleppo terputus. Sejak saat itu, pasokan kebutuhan pokok berhenti dari perbatasan.

BACA JUGA  Rezim Assad Serang Aleppo Utara, 3 Gadis dan Seorang Ibu Tewas

April 2016: Relatif agak mereda pada bulan Maret, gempuran udara jet Rusia dan Suriah kembali meningkat di bulan April. Saat itu, telah berlangsung pembicaraan Jenewa membicarakan solusi politik untuk konflik Suriah. Wilayah oposisi yang sudah terputus dari arah utara dan barat dibombardir hampir setiap hari.

Tak hanya sipil, serangan militer negara sekutu itu juga menyasar rumah sakit dan tim medis. Tercatat, sebuah rumah sakit umum Al-Quds hancur oleh serangan udara. Tidak hanya itu, seorang dokter anak satu-satunya yang masih berada di Aleppo tak luput dari kebrutalan jet Rusia dan rezim.

Di bulan ini juga santer beredar kabar bahwa Assad dan Rusia serta milisi Syiah tengah merencanakan kampanye militer besar-besaran untuk menyingkirkan warga dan pejuang anti pemerintah dari Aleppo.

Baca halaman selanjutnya: Mei 2016: Gempuran udara...

Halaman Selanjutnya 1 2 3 4
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Stigma Teroris Dinilai Digunakan untuk Mengucilkan Korban Pembantaian di Suriah

“Sedang ada upaya internasional untuk mengucilkan warga negara-negara yang mengalami pembantaian dari bantuan negara lain, seperti di Palestina, Suriah, maupun Myanmar,”

Rabu, 28/12/2016 19:23 0

Munaqosyah

Mengurai Benang Kusut Tauhid Hakimiyah

Kewajiban berhukum dengan hukum Allah merupakan kesepakatan para ulama berdasarkan Al-Qur’an, as-Sunnah dan ijma’ (konsensus ulama) tidak ada yang menyelisihi kesepakatan ini. Namun, semakin berkembangnya zaman perkara ini kian dilupakan umat, terutama oleh para penguasa negeri-negeri kaum muslimin, mereka lebih senang berhukum dengan undang-undang buatan manusia dan berusaha menyingkirkan undang-undang-Nya dari ingatan kaum muslimin.

Rabu, 28/12/2016 18:30 2

Indonesia

Jurnalis Ranu Muda Ditangkap, Komisi III DPR: Polisi Sudah Mulai Represif

“Kita ini punya kebebasan dalam berpendapat yang diatur dalam Undang-undang Dasar, sehingga insiden penangkapan kemarin itu sangat disayangkan,”

Rabu, 28/12/2016 17:31 0

Amerika

Mossad Adakan Pertemuan Rahasia dengan Staf Trump

Kepala badan intelijen nasional Israel, Mossad melakukan kunjungan rahasia ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan para staf Presiden terpilih Donald Trump dan memberi arahan mereka soal keamanan.

Rabu, 28/12/2016 16:40 0

Rusia

Pistol Pengawal Putin Ini Diklaim Salah Satu Terbaik di Dunia

Pistol dengan berat tidak sampai 1 kg (0,995 kg) ini dapat bertahan dalam kondisi suhu -50°C hingga +50°C. Dengan panjan 8,8 inch (225 mm), pistol ini dikenal memiliki akurasi yang sangat baik, dengan jarak tembak efektif 218 yard (200 m).

Rabu, 28/12/2016 16:02 0

Indonesia

5 Pihak Jamin Penangguhan Penahanan Ranu Muda

"Ranu ini kan melakukan tugas jurnalismenya, jadi kita berharap tugas itu dilindungi secara hukum tidak di kriminalisasi,"

Rabu, 28/12/2016 15:20 0

Yaman

Pemberontak Hutsi Mendapat Serangan Masif, Puluhan Militan Tewas

Puluhan pemberontak Syiah Hutsi tewas pada Selasa (27/12), setelah pasukan pemerintah melancarkan serangan terbaru untuk mengakhiri bulan kebuntuan militer, terutama di distrik Nehim provinsi Sana'a dan Shabwa.

Rabu, 28/12/2016 14:30 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo: Ranu Muda Terapkan Etika Jurnalisme Islam

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo mendatangi Mapolda Jawa Tengah, Selasa (27/12) untuk menyerahkan surat pernyataan penjaminan penangguhan penahanan Ranu Muda

Rabu, 28/12/2016 13:45 0

Indonesia

Sidang Keempat Ahok di Kementan, Ini Agendanya

Majelis Hakim Jakarta Utara telah menetapkan untuk menolak eksepsi Ahok dan penasehat hukumnya.

Rabu, 28/12/2016 13:41 0

Suriah

Kuburan Massal Ditemukan di Aleppo, Ulah Siapa?

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pasukannya telah menemukan kuburan massal di Aleppo. Juru bicara kementerian, Mayor Jenderal Igor Konashenkov menambahkan bahwa puluhan mayat ditemukan, dengan tanda-tanda penyiksaan dan mutilasi.

Rabu, 28/12/2016 12:20 0