... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Arus Pengungsi dari Aleppo Timur Banjiri Idlib

Foto: Anak-anak yang berhasil dievakuasi dari Aleppo Timur

KIBLAT.NET, Idlib – Selama sepekan yang lalu, sekitar 35.000 – 40.000 warga sipil dievakuasi dari sebuah distrik di Aleppo timur yang dikuasai kelompok oposisi. Kota terbesar kedua di Suriah itu luluh lantak akibat serangan masif Rusia yang memuntahkan ribuan ton bom berbagai jenis tanpa membeda-bedakan sasaran. Hidup di kota yang terkepung dan porak-poranda itu memang tidak mudah, dan banyak di antara mereka yang masih hidup tidak ada yang terbebas dari cidera.

Situasi ini menjadi tantangan tersendiri bagi sistem layanan kesehatan dan juga bagi para pekerja bantuan lainnya di propinsi Idlib. Wilayah oposisi yang banyak berafiliasi dengan Jabhah Fath Al-Syam ini menjadi tujuan penyelamatan dan evakuasi warga dari Aleppo. Idlib tidak sekedar harus mampu menampung puluhan ribu orang pengungsi, tetapi juga termasuk ribuan orang lainnya yang menderita sakit dan cidera yang perlu ditangani.

Para dokter melaporkan, banyak pasien cidera akibat pecahan bom yang belum menerima perawatan. Sementara lainnya banyak yang menderita kekurangan gizi akibat kepungan militer rezim dalam jangka waktu yang lama. Sebanyak 630 orang teridentifikasi menderita luka-luka yang berisiko pada kematian. Jumlah mereka jauh lebih besar dibandingkan dengan kemampuan serta kapasitas para pekerja kemanusiaan yang ada.

Salah satu wilayah yang masih dikuasai penuh oleh kekuatan oposisi non-ISIS ini menjadi tujuan utama evakuasi warga. Hal itu mengingat bahwa di Idlib masih terdapat banyak pasukan cadangan dari berbagai kelompok oposisi dalam jumlah yang substansial. Meskipun demikian, jika pada akhirnya terjadi serangan, maka warga sipil di wilayah ini akan kembali menjadi sasaran tembak Rusia yang ada di belakang Assad dan pasukan/milisi pendukung lainnya.

BACA JUGA  Mufti Damaskus Tewas dalam Ledakan Bom Mobil

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Antiwar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Penangkapan Jurnalis Ranu Jadi Perhatian LBH Pers

Menyikapi penangkapan jurnalis Ranu Muda oleh aparat kepolisian, Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pers (LBH Pers), Nawawi Bahrudin, S.H. mengatakan apabila Ranu ditangkap karena pemberitaan itu dilarang.

Kamis, 29/12/2016 08:30 0

Indonesia

LBH Pers: Penangkapan Jurnalis Ranu Langgar Kebebasan Pers

Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pers (LBH Pers), Nawawi Bahrudin, S.H., menegaskan bahwa penangkapan wartawan Panjimas.com, Ranu Muda tidak dapat dibenarkan.

Kamis, 29/12/2016 07:40 0

Indonesia

Stigma Teroris Dinilai Digunakan untuk Mengucilkan Korban Pembantaian di Suriah

“Sedang ada upaya internasional untuk mengucilkan warga negara-negara yang mengalami pembantaian dari bantuan negara lain, seperti di Palestina, Suriah, maupun Myanmar,”

Rabu, 28/12/2016 19:23 0

Munaqosyah

Mengurai Benang Kusut Tauhid Hakimiyah

Kewajiban berhukum dengan hukum Allah merupakan kesepakatan para ulama berdasarkan Al-Qur’an, as-Sunnah dan ijma’ (konsensus ulama) tidak ada yang menyelisihi kesepakatan ini. Namun, semakin berkembangnya zaman perkara ini kian dilupakan umat, terutama oleh para penguasa negeri-negeri kaum muslimin, mereka lebih senang berhukum dengan undang-undang buatan manusia dan berusaha menyingkirkan undang-undang-Nya dari ingatan kaum muslimin.

Rabu, 28/12/2016 18:30 2

Indonesia

Jurnalis Ranu Muda Ditangkap, Komisi III DPR: Polisi Sudah Mulai Represif

“Kita ini punya kebebasan dalam berpendapat yang diatur dalam Undang-undang Dasar, sehingga insiden penangkapan kemarin itu sangat disayangkan,”

Rabu, 28/12/2016 17:31 0

Indonesia

5 Pihak Jamin Penangguhan Penahanan Ranu Muda

"Ranu ini kan melakukan tugas jurnalismenya, jadi kita berharap tugas itu dilindungi secara hukum tidak di kriminalisasi,"

Rabu, 28/12/2016 15:20 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo: Ranu Muda Terapkan Etika Jurnalisme Islam

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Sukoharjo mendatangi Mapolda Jawa Tengah, Selasa (27/12) untuk menyerahkan surat pernyataan penjaminan penangguhan penahanan Ranu Muda

Rabu, 28/12/2016 13:45 0

Indonesia

Sidang Keempat Ahok di Kementan, Ini Agendanya

Majelis Hakim Jakarta Utara telah menetapkan untuk menolak eksepsi Ahok dan penasehat hukumnya.

Rabu, 28/12/2016 13:41 0

Indonesia

Soal Pemanggilan Pengelola PO NPM, Begini Penjelasan Polda Metro Jaya

"Pemanggilan Angga tidak ada sangkut pautnya dengan aksi 212 kemarin,”

Rabu, 28/12/2016 11:39 0

Indonesia

Soal Ulama Dipolisikan, Umi Irena: Jangan Disangka Orang Islam Diam

akar Kristologi Indonesia, Irene Handono mengingatkan bahwa dalam kasus Ahok, pemerintah jangan sampai mengorbankan rakyat demi satu orang.

Rabu, 28/12/2016 10:00 0

Close
CLOSE
CLOSE