... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Lembaga Kemanusiaan untuk Suriah Difitnah, Ini Jawaban IHR

Foto: Penyerahan bantuan kemanusian oleh IHR dan Sinergi Foundation

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah media online dan pendukung Bashar Assad di Indonesia dinilai telah melakukan fitnah kepada lembaga-lembaga kemanusiaan untuk membantu warga Suriah.

“Banyak pertanyaan sehubungan dengan beredarnya fitnah yang dialamatkan kepada Indonesian Humanitarian Relief (IHR) Foundation, seolah bantuan kemanusiaan masyarakat Indonesia tidak sampai ke rakyat Suriah,“ demikian disampaikan Direktur IHR, Mathori, sebagaimana dikutip Islamic News Agency (INA), Senin (26/12/2016).

Menurut Mathori, melihat polanya, arus fitnah ini tampaknya bukan barang baru. Upaya propaganda serupa sudah lama dilakukan melalui akun-akun Facebook dan laman situs yang diduga berafiliasi pada sebuah ideologi tertentu dan pendukung Rezim Bashar Assad yang menurut PBB disinyalir telah melakukan kejahatan kemanusiaan.

“Caranya hampir sama, membuat fitnah yang dilakukan dengan berbagai pola, salah satunya adalah membunuh karakter NGO-NGO kemanusiaan yang selama ini bersama-sama ormas Islam, ulama, dan aktivis kemanusiaan menggalang semangat berbagi membantu rakyat Suriah, termasuk Aleppo,” ujar Mathori.

Mathori membantah bantuan yang disalurkan IHR tidak sampai ke warga Suriah. Pihak-pihak yang melakukan propaganda dinilai sengaja “menggoreng” berita yang belum terkonfirmasi kebenaran dan faktanya, selain hanya menyandarkan kepada satu potongan berita, tanpa mau melihat informasi secara utuh.

Selain itu, bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Suriah saat ini bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan internasional yang sangat kredibel, IHH.

“Jelas tuduhan fitnah dan tidak benar. İnsan Hak ve Hürriyetleri İnsani Yardım Vakfı (IHH) adalah organisasi lembaga kemanusiaan internasional yang telah diakui oleh PBB dan dalam beberapa aktivitas kemanusiaan ditunjuk secara resmi oleh PBB. Dalam kiprahnya, IHH pernah menjadi inisiator konvoi kemanusiaan Freedom Flotilla menuju Gaza, Palestina, yang diikuti lembaga dan aktivis kemanusiaan dunia.”

BACA JUGA  INDEF: Defisit Kembar Jadi Faktor Fundamental Pelemahan Rupiah

Meski demikian, di lapangan semua kemungkinan bisa terjadi, apalagi dalam suasana perang dan konflik. Mathori membuat logika sederhana, jika ada bantuan dari lembaga kemanusiaan ke Rohingya tidak sampai dan jatuh ke tangah militer Myanmar, bukan berarti NGO tersebut membantu militer atau bantuan tidak sampai ke tangan pengungsi. Apalagi dalam suasana perang, ada banyak faktor terjadi di lapangan.

“Jika ada bantuan ke Rohingya disita militer Myanmar, apa lantas disebut mendukung pihak militer?” ujarnya.

Mathori paham yang dimaksud para pemfitnah, yang menurutnya, menggunakan bahasa yang sangat jelas pro-Rezim keji, Bashar al Assad, agar umat Islam di Indonesia tak menggalang dana untuk rakyat Suriah.

Meski demikian, ia mengatakan, kewajiban semua kaum Muslimin membantu saudaranya di dunia yang sedang menderita dan pengalami penindasan di seluruh dunia. Termasuk di Rohingya, Palestina hingga Suriah.

“Kami menilai tudingan ini adalah bagian dari upaya melemahkan semangat kemanusiaan masyarakat Indonesia untuk membantu sesama saudaranya di Suriah.”

Sebagaimana diketahui, Rezim Bashar al Assad yang merupakan pelanjut ayahnya, Hafed al Asaad berkuasa di Suriah dengan jalan kudeta berdarah, telah bertahan lebih 40 tahun di tampuk kekuasaan sehingga menjadikan banyak warganya tertindas.

Usaha warganya meminta perubahan sejak 2011 lalu, dihadapi dengan serangan kepada rakyaknya sendiri hingga saat ini yang menurut PBB telah menelan lebih 470 ribu jiwa. Sementara 4 juta warga terusir dan menjadi pengungsi.

BACA JUGA  Ini Kendala yang Dihadapi dalam Proses Evakuasi Korban Gempa Tsunami Palu

Belakangan, Suriah yang masuk wilayah Bumi Syam makin hancur dan menderita ketika masuknya Rusia dan keterlibatan Iran yang ingin memperluas ideologi Syiah di kawasan Timur Tengah. Terakhir adalah hancur dan terusirnya Aleppo oleh bom yang dijatuhkan Rusia untuk membantu rezim Bashar dan milisi Syiah dukungan Iran.

 

Reporter: Pizaro
Editor: Alamsyah

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Harapan Seuntai Doa untuk Bima yang Tengah Berduka

Banjir menggenang hingga setengah badan. Suasana kota Bima dalam keadaaan seperti kota mati, hiasan benhur (dokar.Red) tak dijumpai lagi. Situasi Bima saat itu menjadi lumpuh total. Berhari-hari listrik padam, sinyal jaringan komunikasi terputus, akses jembatan penghubung dimana-mana terputus, bandara pun ditutup.

Selasa, 27/12/2016 13:37 0

Opini

Indonesia Negeri Hukum Atau Kekuasaan?

Sebagai negara yang katanya negara hukum, seharusnya kepolisian lebih dulu menangkap manager Social Kitchen Café, yang sudah jelas melanggar Peraturan Daerah (Perda) terkait jam buka toko. Hingga menjelang Subuh, sebagaimana penuturan warga sekitar, tempat itu masih saja terdengar dentuman musik.

Selasa, 27/12/2016 12:18 0

Wilayah Lain

Israel Seru Pengikut Yahudi Tinggalkan Perancis

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, Senin (26/12), menyeru 600 ribu pengikut Yahudi di Perancis untuk meninggalkan negara tersebut dan menetap di Israel.

Selasa, 27/12/2016 11:15 0

Pakistan

Rayakan Natal dengan Miras Oplosan, 12 Warga Kristen Pakistan Tewas

Polisi Pakistan mengumumkan bahwa 12 warga Kristen tewas setelah minum miras oplosan selama liburan Natal, sebagaimana dilaporkan Asosiated Press, Senin (26/12).

Selasa, 27/12/2016 10:00 0

Suriah

Incar Sumber Air Utama untuk Damaskus, Rezim Tingkatkan Serangan Udara

Pasukan rezim Suriah dan milisi pendukung , Senin (26/12), meningkatkan serangan udara dan artileri ke wilayah sumber air, Wadi Barada, pedesaan Damaskus.

Selasa, 27/12/2016 09:17 0

Palestina

Resolusi Dewan Keamanan PBB: Hentikan Pembangunan Pemukiman Yahudi

Sebanyak empat belas dari 15 negara mendukung resolusi penghentian pembangunan pemukiman Yahudi. Amerika Serikat yang memiliki hak veto menyatakan abstain

Senin, 26/12/2016 18:14 1

Foto

Infografis Kriminalisasi Jurnalis Panjimas, Ranu Muda

Ranu Muda, (36 tahun), seorang jurnalis media Islam ditangkap aparat kepolisian Polda Jawa Tengah saat sedang menjalankan tugas jurnalistiknya. Saat ini, ia masih ditahan di Mapolda Jateng, Semarang. Bagaimana info sebenarnya terkait penangkapan Ranu, berikut ini infografis penangkapan Ranu.

Senin, 26/12/2016 18:14 0

Opini

Menjawab Pernyataan ‘Ahok Korban Kriminalisasi’

Pada kasus kejahatan terhadap agama, peranan Fatwa mempertegas adanya perbuatan melawan hukum terhadap kepentingan agama. Oleh karena itu, delik agama tidak dapat dipisahkan dengan peranan MUI sebagai otoritas yang berwenang menentukan apakah suatu perbuatan itu termasuk penistaan terhadap agama atau tidak. Ketika suatu perbuatan dinyatakan oleh MUI sebagai perbuatan penistaan terhadap agama Islam, maka pendapat MUI tersebut menjadi rujukan utama dalam menilai perbuatan benar-benar melawan hukum.

Senin, 26/12/2016 16:21 0

Rusia

Jenderal Tinggi Rusia Termasuk Penumpang Pesawat yang Jatuh di Laut

Seorang jenderal tinggi militer Rusia dilaporkan termasuk penumpang pesawat TU-154 yang jatuh di Laut Hitam pada Ahad (25/12).

Senin, 26/12/2016 10:59 0

Suriah

Derita Warga Aleppo Belum Usai, Cuaca Dingin Tewaskan Dua Balita

Derita warga Aleppo belum usai. Hidup di tenda-tenda pengungsian setelah dipaksa meninggalkan kampung halaman, mereka saat ini menghadapi musim dingin yang mengancam jiwa

Senin, 26/12/2016 09:57 0

Close