... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hakim Tolak Eksepsi Ahok, Sidang Kasus Penistaan Agama Berlanjut

Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam Persidangan Kasus Penistaan Agama di PN Jakarta Utara

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis hakim menolak eksepsi yang diajukan terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Sidang lanjutan kasus penistaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama kembali digelar, Selasa (27/12). Sidang ketiga kali ini mengagendakan pembacaan putusan sela dari majelis hakim atas eksepsi yang disampaikan terdakwa.

“Keberatan yang dibuat terdakwa tidak dapat diterima,” kata hakim H. Dwiarso Budi dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (27/12).

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum menganggap Ahok melakukan penodaan agama Islam dengan menyebut frase dibohongi pakai Surat Al Maidah ayat 51 saat berbicara dalam kunjungan kerja di Kepulauan Seribu pada 17 September 2016 lalu. Ahok didakwa dengan pasal 156a huruf a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan pasal 156 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Dalam persidangan berikutnya, gubernur DKI Jakarta nonaktif itu mengajukan keberatan atau eksepsi terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum. Dalam eksepsinya Ahok menyatakan tak bermaksud menistakan agama.

Menurut majelis hakim, eksepsi atau keberatan yang disampaikan Ahok sudah mengarah ke pledoi. Sementara, pledoi baru disampaikan ketika telah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus tersebut.

Dengan adanya putusan itu maka majelis hakim menyatakan bahwa dakwaan jaksa dinyatakan sah. Hakim juga menangguhkan biaya perkara sampai adanya putusan pengadilan.

“Memerintahkan melanjutkan pemeriksaaan perkara atas nama terdakwa Ahok,” ujar hakim.

BACA JUGA  Wiranto Terima Kompensasi Rp 37 Juta Akibat Jadi Korban Penusukan

Reporter: Taufik Sihak
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Pakistan

Rayakan Natal dengan Miras Oplosan, 12 Warga Kristen Pakistan Tewas

Polisi Pakistan mengumumkan bahwa 12 warga Kristen tewas setelah minum miras oplosan selama liburan Natal, sebagaimana dilaporkan Asosiated Press, Senin (26/12).

Selasa, 27/12/2016 10:00 0

Suriah

Incar Sumber Air Utama untuk Damaskus, Rezim Tingkatkan Serangan Udara

Pasukan rezim Suriah dan milisi pendukung , Senin (26/12), meningkatkan serangan udara dan artileri ke wilayah sumber air, Wadi Barada, pedesaan Damaskus.

Selasa, 27/12/2016 09:17 0

Palestina

Resolusi Dewan Keamanan PBB: Hentikan Pembangunan Pemukiman Yahudi

Sebanyak empat belas dari 15 negara mendukung resolusi penghentian pembangunan pemukiman Yahudi. Amerika Serikat yang memiliki hak veto menyatakan abstain

Senin, 26/12/2016 18:14 1

Foto

Infografis Kriminalisasi Jurnalis Panjimas, Ranu Muda

Ranu Muda, (36 tahun), seorang jurnalis media Islam ditangkap aparat kepolisian Polda Jawa Tengah saat sedang menjalankan tugas jurnalistiknya. Saat ini, ia masih ditahan di Mapolda Jateng, Semarang. Bagaimana info sebenarnya terkait penangkapan Ranu, berikut ini infografis penangkapan Ranu.

Senin, 26/12/2016 18:14 0

Opini

Menjawab Pernyataan ‘Ahok Korban Kriminalisasi’

Pada kasus kejahatan terhadap agama, peranan Fatwa mempertegas adanya perbuatan melawan hukum terhadap kepentingan agama. Oleh karena itu, delik agama tidak dapat dipisahkan dengan peranan MUI sebagai otoritas yang berwenang menentukan apakah suatu perbuatan itu termasuk penistaan terhadap agama atau tidak. Ketika suatu perbuatan dinyatakan oleh MUI sebagai perbuatan penistaan terhadap agama Islam, maka pendapat MUI tersebut menjadi rujukan utama dalam menilai perbuatan benar-benar melawan hukum.

Senin, 26/12/2016 16:21 0

Rusia

Jenderal Tinggi Rusia Termasuk Penumpang Pesawat yang Jatuh di Laut

Seorang jenderal tinggi militer Rusia dilaporkan termasuk penumpang pesawat TU-154 yang jatuh di Laut Hitam pada Ahad (25/12).

Senin, 26/12/2016 10:59 0

Suriah

Derita Warga Aleppo Belum Usai, Cuaca Dingin Tewaskan Dua Balita

Derita warga Aleppo belum usai. Hidup di tenda-tenda pengungsian setelah dipaksa meninggalkan kampung halaman, mereka saat ini menghadapi musim dingin yang mengancam jiwa

Senin, 26/12/2016 09:57 0

Suriah

Ahrar Al-Syam Bebaskan Pemimpin Senior dari Penjara Rezim Assad

Gerakan Ahrar Al-Syam sukses melakukan kesepakatan pertukaran tahanan dengan rezim Suriah, membebaskan komandan seniornya yang dipenjara sejak 12 tahun lalu.

Senin, 26/12/2016 08:59 0

Rusia

Tak Ada yang Selamat Dalam Kecelakaan Pesawat Militer Rusia

Kementerian Pertahanan Rusia, Ahad (25/12), mengatakan tidak ada penumpang yang selamat di pesawat TU-154, yang jatuh di Laut Hitam

Senin, 26/12/2016 07:53 0

Rusia

Pesawat Rusia yang Jatuh ke Laut Mengangkut Puluhan Tentara

Pesawat penumpang Rusia jenis TU-154 yang jatuh ke Laut Hitam pada Ahad (25/12), mengangkut puluhan pasukan militer.

Ahad, 25/12/2016 20:33 0

Close