... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dikepung Polisi, 10 Ribu Biksu Lindungi Tertuduh Konspirasi Pencucian Uang

Foto: Sejumlah biksu kuil Wat Dhammakaya menghalang-halangi kerja aparat polisi Thailand.

KIBLAT.NET, Bangkok – Kepolisian Thailand mengerahkan 750 personel untuk mengepung Biara Wat Phra Dhammakaya, Bangkok Utara. Pengepungan dilakukan agar Phra Dhammachayo (72), mantan kepala biara Dhammakaya, segera menyerahkan diri.

“Kami diperintahkan untuk menutup semua jalan masuk dan keluar biara. Saat ini kami sedang menunggu perintah kapan untuk menyerang biara,” kata Khempak Photipak, anggota polisi yang bertanggung jawab atas operasi pengepungan ini, seperti dikutip situs Reuters, Selasa, 27 Desember 2016.

Pada November lalu, Jaksa Agung Thailand mendakwa Phra Dhammachayo dan empat biksu lainnya atas tuduhan konspirasi pencucian uang dan menerima barang hasil curian. Polisi mencoba untuk memanggil sang biksu untuk dimintai keterangan namun sia-sia.

Bahkan, anggota kepolisian sampai harus mendatangi biara yang letaknya tidak jauh dari Bandara Internasional Don Muang tersebut hanya untuk menginterogasi Phra Dhammachayo.

Serangkaian skandal korupsi, seks dan narkoba yang melibatkan biksu di berbagai biara telah membuat agama terbesar di Thailand itu memasuki masa-masa sulit dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, para biksu yang mengenakan topeng wajah dari kain sutra dan diperkirakan jumlahnya mencapai 10 ribu orang itu membentuk barikade untuk melindungi Phra Dhammachayo agar tidak ditangkap.

Phra Dhammachayo, biksu terkemuka dan paling berpengaruh di Thailand, diduga menerima dana 1,2 miliar baht atau Rp456,6 miliar dari sebuah koperasi simpan pinjam.

BACA JUGA  Badai Memicu Banjir di Jepang, 67 Orang Dilaporkan Tewas

 

Reporter: Bunyanun Marsus
Sumber: Reuters/Viva

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Kaleidoskop 2016: Taliban Semakin Kuat

Sepanjang 2016, Taliban banyak mengejutkan AS. Front-front baru kembali meletus dan Taliban meraih banyak kemajuan. Upaya-upaya untuk mengajak Taliban ke meja perundingan juga gagal. Di sisi lain, Taliban berkomitmen di jalan jihad.

Selasa, 27/12/2016 17:00 0

Manhaj

Tragedi Aleppo, Karena Revolusi atau Tamhish dari Allah?

Saat tragedi Aleppo kembali memanas beberapa waktu lalu, masih ada saja sebagian kelompok kaum muslimin yang salah fokus. Kelompok tersebut menjadikan tragedi Aleppo sebagai alat untuk membenarkan ‘keyakinannya’ dengan berkata, “Coba dulu nggak melakukan demonstrasi, niscaya tidak akan terjadi seperti ini.” Kira-kira begitu ujar mereka.

Selasa, 27/12/2016 16:30 0

Indonesia

PMKRI Polisikan Habib Rizieq Dianggap Akan Sebabkan Perpecahan dan Konflik

Sebagai mahasiswa PMKRI seharusnya menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kerukunan antarumat beragama

Selasa, 27/12/2016 16:05 0

Indonesia

Lembaga Kemanusiaan untuk Suriah Difitnah, Ini Jawaban IHR

Sejumlah media online dan pendukung Bashar Assad di Indonesia dinilai telah melakukan fitnah kepada lembaga-lembaga kemanusiaan untuk membantu warga Suriah.

Selasa, 27/12/2016 15:00 0

Indonesia

Pelapor Apresiasi Putusan Hakim yang Tolak Eksepsi Ahok

Menurut Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman eksepsi yang dilayangkan Ahok jelas tidak berdasar. Karenanya, wajar jika hakim menolak keberatan tersebut.

Selasa, 27/12/2016 14:31 0

Indonesia

Wartawan Panjimas Ditangkap, Dosen Jurnalistik Unpad: Polisi Bisa Dituntut Balik

"Polisi bisa dituntut balik, mudah-mudahan kuasa hukum Ranu, dari pihak Muhammadiyah bisa mengadvokasi sampai tahap menuntut balik," katanya kepada INA, Sabtu (24/12/2016) di Bandung.

Selasa, 27/12/2016 14:27 0

Indonesia

Waw, Timbangan Jadi Bukti Kunci Keterlibatan Terduga Teroris di Jatiluhur

Rikwanto menjelaskan anggota Densus tidak menemukan bahan untuk membuat bom di rumah tersebut. Namun, dengan ditemukannya timbangan, itu menjadi indikasi kuat mereka akan membuat bom.

Selasa, 27/12/2016 13:52 1

Indonesia

Umat Islam Terus Kawal Persidangan Ahok

Ratusan umat Islam sejak pukul 06.00 pagi telah mendatangi gedung sementara Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada nomor 17.

Selasa, 27/12/2016 13:45 0

Indonesia

Ini 3 Alasan Dahnil Anzar Minta Penahanan Jurnalis Panjimas Ditangguhkan

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak pada Senin (26/12) malam mengirimkan surat ke Polda Jawa Tengah sebagai penjamin penangguhan penahanan Ranu.

Selasa, 27/12/2016 13:41 0

Suara Pembaca

Harapan Seuntai Doa untuk Bima yang Tengah Berduka

Banjir menggenang hingga setengah badan. Suasana kota Bima dalam keadaaan seperti kota mati, hiasan benhur (dokar.Red) tak dijumpai lagi. Situasi Bima saat itu menjadi lumpuh total. Berhari-hari listrik padam, sinyal jaringan komunikasi terputus, akses jembatan penghubung dimana-mana terputus, bandara pun ditutup.

Selasa, 27/12/2016 13:37 0

Close