... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Punya Kewenangan, Majelis Hakim Diminta Perintahkan Penahanan Terhadap Ahok

Foto: basuki Tjahaja Purnama alias Ahok

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekertaris Umum Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mendesak kepada pengadilan segera memerintahkan kepolisian untun melakukan penahanan kepada Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Thahaja Purnama. Ia menilai Ahok sudah memenuhi syarat untuk ditahan.

“Kami meminta kepada majelis hakim untuk segera memerintahkan penahanan terhadap terdakwa Ahok, karena telah sangat memenuhi syarat untuk itu,” kata Pedri melalui pernyataan tertulis yang diterima Kiblat.net, Senin (26/12).

Menurutnya dari awal pengadilan sudah bisa melakukan penahanan kepada Ahok, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) dan ayat (4) KUHAP. Selain itu, berdasarkan ketentuan Pasal 21 ayat (3) KUHAP menyatakan ‘untuk kepentingan pemeriksaan hakim sidang pengadilan dengan penetapannya berwenang melakukan penahanan’.

“Dimana pada saat dimulainya persidangan maka kewenangan untuk melakukan penahanan menjadi kewenangan peradilan,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa walaupun tidak dilakukan penahanan selama proses di kepolisian dan kejaksaan, namun Pengadilan memiliki kewenangan tersebut. Hal itu telah diatur dalam Pasal 190 huruf a KUHAP.

“Selama pemeriksaan di sidang, jika terdakwa tidak ditahan, pengadilan dapat memerintahkan dengan surat penetapannya untuk menahan terdakwa apabila dipenuhi ketentuan Pasal 21 dan terdapat alasan cukup untuk itu,” tegasnya.

Di samping itu, lanjutnya, selama ini setiap kasus penodaan agama jika sudah berstatus tersangka pelakunya langsung ditahan. Seperti pada kasus Arswendo, Ahmad Musadeq, Lia Aminuddin.

BACA JUGA  Dubes Iran Temui Menteri Agama Fachrul Razi, Ada Apa?

“Hal ini bisa jadi yurispudensi,” tandasnya.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Resolusi Dewan Keamanan PBB: Hentikan Pembangunan Pemukiman Yahudi

Sebanyak empat belas dari 15 negara mendukung resolusi penghentian pembangunan pemukiman Yahudi. Amerika Serikat yang memiliki hak veto menyatakan abstain

Senin, 26/12/2016 18:14 1

Foto

Infografis Kriminalisasi Jurnalis Panjimas, Ranu Muda

Ranu Muda, (36 tahun), seorang jurnalis media Islam ditangkap aparat kepolisian Polda Jawa Tengah saat sedang menjalankan tugas jurnalistiknya. Saat ini, ia masih ditahan di Mapolda Jateng, Semarang. Bagaimana info sebenarnya terkait penangkapan Ranu, berikut ini infografis penangkapan Ranu.

Senin, 26/12/2016 18:14 0

Opini

Menjawab Pernyataan ‘Ahok Korban Kriminalisasi’

Pada kasus kejahatan terhadap agama, peranan Fatwa mempertegas adanya perbuatan melawan hukum terhadap kepentingan agama. Oleh karena itu, delik agama tidak dapat dipisahkan dengan peranan MUI sebagai otoritas yang berwenang menentukan apakah suatu perbuatan itu termasuk penistaan terhadap agama atau tidak. Ketika suatu perbuatan dinyatakan oleh MUI sebagai perbuatan penistaan terhadap agama Islam, maka pendapat MUI tersebut menjadi rujukan utama dalam menilai perbuatan benar-benar melawan hukum.

Senin, 26/12/2016 16:21 0

Rusia

Jenderal Tinggi Rusia Termasuk Penumpang Pesawat yang Jatuh di Laut

Seorang jenderal tinggi militer Rusia dilaporkan termasuk penumpang pesawat TU-154 yang jatuh di Laut Hitam pada Ahad (25/12).

Senin, 26/12/2016 10:59 0

Suriah

Derita Warga Aleppo Belum Usai, Cuaca Dingin Tewaskan Dua Balita

Derita warga Aleppo belum usai. Hidup di tenda-tenda pengungsian setelah dipaksa meninggalkan kampung halaman, mereka saat ini menghadapi musim dingin yang mengancam jiwa

Senin, 26/12/2016 09:57 0

Suriah

Ahrar Al-Syam Bebaskan Pemimpin Senior dari Penjara Rezim Assad

Gerakan Ahrar Al-Syam sukses melakukan kesepakatan pertukaran tahanan dengan rezim Suriah, membebaskan komandan seniornya yang dipenjara sejak 12 tahun lalu.

Senin, 26/12/2016 08:59 0

Rusia

Tak Ada yang Selamat Dalam Kecelakaan Pesawat Militer Rusia

Kementerian Pertahanan Rusia, Ahad (25/12), mengatakan tidak ada penumpang yang selamat di pesawat TU-154, yang jatuh di Laut Hitam

Senin, 26/12/2016 07:53 0

Rusia

Pesawat Rusia yang Jatuh ke Laut Mengangkut Puluhan Tentara

Pesawat penumpang Rusia jenis TU-154 yang jatuh ke Laut Hitam pada Ahad (25/12), mengangkut puluhan pasukan militer.

Ahad, 25/12/2016 20:33 0

Rusia

Menuju Lattakia Suriah, Pesawat Rusia Sarat Penumpang Jatuh ke Laut

Pesawat Departemen Pertahanan Rusia jenis TU-154 dilaporkan jatuh dalam perjalanan menuju Lattakia, Suriah, pada Ahad (25/12). Sebelumnya, pesawat yang mengangkut puluhan orang itu dilaporkan hilang kontak.

Ahad, 25/12/2016 19:55 0

Opini

Fenomena Intoleransi Keberagamaan terhadap Karyawan Muslim

Sikap beberapa perusahaan yang memaksakan karyawannya untuk memakai atribut natal tentunya akan merusak kerukunan antar umat beragama yang ada di negeri ini. Dari peristiwa tersebut, ini menunjukkan bahwa sikap beberapa perusahaan yang memaksakan karyawannya yang muslim untuk menggunakan atribut natal merupakan sikap intoleran yang nyata dan bisa menimbulkan sumber perpecahan bangsa, padahal seharusnya kita menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar umat beragama.

Ahad, 25/12/2016 12:03 1

Close