Pesan Pelapor Kasus Ahok: Rakyat Bersama Hakim yang Pro Keadilan

KIBLAT.NET, Jakarta – Hakim persidangan kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok didorong untuk berpihak pada keadilan dan tak takut pada intervensi.

“Rakyat akan bersama hakim yang pro-keadilan,” kata Sekretaris Pemuda Muhammdiyah Pedri Kasman, dalam pernyataan tertulis pada Senin (26/12).

“Majelis Hakim tak perlu takut dengan segala bentuk intervensi apapun bentuknya,” imbuhnya.

Pedri merupakan salah satu dari sebelas pelapor kasus penistaan agama oleh Ahok. Dia mengingatkan bahwa masyarakat yang mencari keadilan akan dapat menilai kinerja hakim dalam menyelesaikan kasus Ahok.

Dia berpandangan bahwa khalayak saat ini telah mampu membedakan hakim yang bebas dari intervensi serta menjunjung tinggi kode etik. Dia pun berhadap dengan adanya hakim yang terpercaya, pengadilan yang berkeadilan dapat terpenuhi.

Menurutnya, salah satu bentuk keadilan yang dapat diwujudkan majelis hakim adalah dengan melakukan penahanan terhadap sang terdakwa. Pasalnya, selama ini setiap kasus penodaan agama jika sudah berstatus tersangka pelakunya langsung ditahan. Seperti pada kasus Arswendo, Ahmad Musadeq, Lia Aminuddin dan lain-lain. Hal ini bisa jadi yurispudensi.

“Kami yakin Majelis Hakim akan sangat adil melihat fakta ini dan akan menegakkan keadilan dengan menahan Ahok,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat