... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ahrar Al-Syam Bebaskan Pemimpin Senior dari Penjara Rezim Assad

Foto: Hasan Shufan (Kanan) didampingin Faruq Abu Bakar.

KIBLAT.NET, Aleppo – Gerakan Ahrar Al-Syam sukses melakukan kesepakatan pertukaran tahanan dengan rezim Suriah, membebaskan komandan seniornya yang dipenjara sejak 12 tahun lalu.

Seperti dilansir dari Arabi21.com, Ahad (25/12), Faruq Abu Bakar selaku penanggung jawab negosiasi Ahrar dan soal urusan tawanan menjelaskan bahwa komandan yang berhasil dibebaskan itu bernama Hasan Shufan. Sejumlah wanita Muslimah yang ditawan tiga tahun lalu juga termasuk dalam pertukaran itu.

Faruq tidak memberikan informasi lebih rinci terkait operasi itu. Ia hanya mengatakan bahwa komandannya itu berhasil dibebaskan meskipun pemerintah Assad telah menjatuhkan tahanan seumur hidup.

Di sisi lain, media rezim mengatakan bahwa pihak Ahrar menukar komandan dan sejumlah wanita itu dengan 14 tentara. Proses pertukaran dilakukan di gedung apartemen 1070 di pedesaan Aleppo Timur.

Pada bagiannya, Abu Al-Bara yang meurpakan anggota Dewan Syura Ahrar Al-Syam berharap bebasnya Hasan Shufan bisa menyatukan faksi-faksi pejuang.

Seperti diketahui, saat ini faksi-faksi besar di Suriah (termasuk Ahrar Al-Syam) tengah berupaya keras menyamakan persepsi untuk melebur menjadi satu kekuatan besar. Sejauh ini, upaya itu masih terhambat.

Hasan Shufan, menurut sejumlah sumber, ditangkap 12 tahun lalu oleh pihak berwenang Saudi. Kemudian dia diserahkan ke pemerintah Suriah dan ditahan di penjara Sydania, yang dikenal penjara paling sadis.

Beberapa kali, Shufan dilaporkan melakukan protes di penjara dengan aksi mogok makan bersama rekan-rekan, orang-orang nomor satu di Ahrar Al-Syam. Hal itu dilakukan akibat perlakuan buruk yang diterima dalam tahanan.

BACA JUGA  Sidang Perdata Yusuf Mansur: Berlanjut ke Tahap Pembuktian

Sebagai informasi tambahan, rekan-rekan Shufan bebas pada 2011 seiring revolusi Suriah. Mereka segera mengomando Ahrar Al-Syam sebagai gerakan perlawanan terhadap rezim Assad. Akan tetapi, mayoritas mereka gugur  dalam sebuah ledakan misterius di pertemuan para petinggi Ahrar pada 2014 silam.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Arabi21.com


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gelar Aksi Solidaritas Aleppo, Muslimah Poso: Semoga Jadi Hujjah di Hadapan Allah

Derita warga Aleppo belum usai. Lepas dari kepungan dan bombardir hampir tiga tahun lebih, kini warga Aleppo menghadapi ancaman ganasnya musim dingin di tenda-tenda pengungsian.

Senin, 26/12/2016 08:31 0

Indonesia

Pemuda Hidayatullah Gelar Munas VI di Batam, Usung Tema NKRI Bermartabat​

Organisasi pemuda Syabab Hidayatullah akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) VI di Kota Batam, Kepulauan Riau, selama 3 hari dan dibuka pada Senin (26/12/2016).

Senin, 26/12/2016 07:05 0

Indonesia

Penangkapan Ranu Muda, JITU: Hentikan Kriminalisasi Wartawan

Aksi penangkapan kepada wartawan kembali terjadi. Meski Undang-undang telah melindungi kerja-kerja jurnalistik, upaya kriminiliasi wartawan ternyata masih marak terjadi.

Ahad, 25/12/2016 14:54 0

Indonesia

Di Muktamar Ngruki, Bachtiar Nasir: Kini Kita di Ambang Munculnya Generasi 554

Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) Ustadz Bachtiar Nasir menegaskan saat ini umat Islam di Indonesia berada di ambang kemunculan generasi pilhan, yaitu generasi 554.

Ahad, 25/12/2016 14:00 0

Indonesia

Bantu Muslim Aleppo, Tim SOS-ACT untuk Suriah Berangkat

Dini hari tadi (21/12), Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah memberangkatkan Tim Sympathy of Solidarity (SOS) kesebelas ke Suriah via Turki. Pada misi kemanusiaan kali ini, tim SOS dari ACT menyiapkan bantuan senilai Rp5 milyar untuk meringankan penderitaan bagi rakyat Suriah.

Ahad, 25/12/2016 12:36 0

Opini

Fenomena Intoleransi Keberagamaan terhadap Karyawan Muslim

Sikap beberapa perusahaan yang memaksakan karyawannya untuk memakai atribut natal tentunya akan merusak kerukunan antar umat beragama yang ada di negeri ini. Dari peristiwa tersebut, ini menunjukkan bahwa sikap beberapa perusahaan yang memaksakan karyawannya yang muslim untuk menggunakan atribut natal merupakan sikap intoleran yang nyata dan bisa menimbulkan sumber perpecahan bangsa, padahal seharusnya kita menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi antar umat beragama.

Ahad, 25/12/2016 12:03 1

Indonesia

Angkut Umat Islam Ikuti Aksi 212, Pemilik PO NPM Dipanggil Polda Metro

Angga dipanggil sebagai saksi kasus dugaan makar karena bus yang dikelolanya disewa untuk mengangkut umat Islam yang mengikuti Aksi Bela Islam Jilid 3 pada 2 Desember 2016 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Ahad, 25/12/2016 11:46 0

Artikel

Ngruki, UBN dan Generasi 554

Saya tidak tahu bagaimana spirit Generasi 554 setelah itu. Apakah tergusurnya hiasan dinding di Darul Ulum itu turut pula mengubur gelora 554 dari keluarga besar Ngruki, atau tidak.

Ahad, 25/12/2016 08:24 1

Video Kajian

Jadi Tahu : Hukum Bercadar

KIBLAT.NET – Wanita bercadar seringkali dilabeli sebagai pengekor budaya arab dan bahkan teroris. Padahal memakai...

Ahad, 25/12/2016 07:16 0

Indonesia

Tagar #BebaskanRanu Jadi Trending Topic, Netizen Minta Keadilan Ditegakkan

Pantauan Islamic News Agency, tagar #BebaskanRanu naik ke urutan kedua topik yang paling dibicarakan (trending topic) di seluruh Indonesia. Tagar #BebaskanRanu hanya satu tingakt di bawah urutan ‘Selamat Natal’.

Sabtu, 24/12/2016 22:57 0

Close