... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Studi: Brigade Syiah Fatimiyun Ancaman Utama di Afghanistan

Foto: Peti mati anggota Brigade Syiah Fatimiyun

KIBLAT.NET, Istanbul – Milisi Syiah Afghanistan di Suriah yang tergabung dalam Brigade Fatimiyun dinilai menjaadi ancaman utama bagi situasi keamanan di Afghanistan ke depan.

Menurut lembaga studi IRAM yang berpusat di Istanbul, brigade tersebut memiliki ikatan yang kuat dengan pemerintah Suriah karena telah bertempur bersama selama bertahun-tahun dan mendapat pelatihan langsung dari pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC).

Sejak pendudukan AS atas Iraq pada 2003, dalam beberapa tahun terkahir pemerintah Iran aktif melakukan perekrutan kelompok-kelompok bersenjata di kawasan.

“Kebijakan Iran telah berjalan terhadap kelompok-kelompok ini. Dengan menanamkan ideologi sektarian, meningkatkan pengaruhnya di kawasan, dan mampu menjadi kaki tangan dari rezim Assad di Suriah,” kata lembaga studi itu.

IRAM mengatakan bahwa brigade Fatimiyun adalah milisi Syiah terbesar kedua setelah Hizbullah Lebanon. Anggota milisi ini dinilai juga telah ada di Suriah sebelum pecahnya revolusi. Mereka menjadi pengungsi ketika situasi keamanan di Afghanistan memburuk. Dalam hal ini, IRGC memanfaatkan kondisi mereka dengan memberikan pelatihan dan militer, yang pada akhirnya melakukan perekrutan.

Iran bertekad menggunakan anggota milisi untuk memaksakan pengaruh dan kebijakan negaranya, terutama dalam perang Suriah. Meskipun ada kemungkinan bahwa mereka juga akan ditempatkan ke negara-negara konflik lainnya di luar Suriah.

Menurut laporan IRAM, sekitar 18 ribu milisi asing Syiah berada di Suriah. Iran mengirim mereka untuk mendukung rezim Assad dan melakukan penindasan terhadap warga Suriah. Dalam barisan brigade Fatimiyun di Aleppo saja, sekitar 2.000 warga Afghanistan aktif menjadi bagian dari milisi.

BACA JUGA  Taliban Lancarkan Serangan Besar ke Provinsi Farah

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: El-Dorar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

One comment on “Studi: Brigade Syiah Fatimiyun Ancaman Utama di Afghanistan”

  1. Tri suciono

    Syi’ah ancaman nyata bagi umat Islam dan perdamaian dunia.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dituding Lakukan Propaganda, Jurnalis Media Islam Ditangkap Polisi

Ranu ditangkap karena dituduh terlibat melakukan propaganda pada insiden Ahad (18/12) dini hari itu. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Kiblatnet, sejumlah aktivis LUIS dengan mengendarai satu mobil mendatangi Social Kitchen, sebuah klub malam berkedok restoran pada Ahad pukul 01.45-02.35 WIB.

Jum'at, 23/12/2016 12:46 0

Indonesia

Diperingati Soal Tarian Erotis, Manajemen Social Kitchen Solo Mangkir

Kepala Bidang Sarana Wisata Disbudpar Solo, Suwoto, menyatakan Disbudpar berinisiatif memanggil manajemen Social Kitchen setelah menerima aduan masyarakat terkait adanya dugaan menggelar tarian erotis yang melanggar norma susila di tempat hiburan tersebut.

Jum'at, 23/12/2016 11:38 0

Indonesia

Ini Keluhan Warga dan Penjelasan Aktivis Islam Solo Terkait Kasus Social Kitchen

Bersama dengan sebuah mobil yang ditumpangi aktivis LUIS, puluhan orang dengan mengendarai sepeda motor turut datang ke Social Kitchen. Saat itu, suasana di klub malam tersebut sedang ramai oleh pengunjung yang tengah menikmati alunan musik dan minuman beralkohol.

Jum'at, 23/12/2016 10:46 0

Indonesia

Dubes Rusia Sebut Demo untuk Aleppo Hanya Diwakili Kelompok Kecil

Dubes Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin menyebut bahwa aksi demo di depan Kedubes Rusia beberapa waktu lalu hanya mewakili sebagian kelompok kecil masyarakat.

Jum'at, 23/12/2016 10:40 0

Indonesia

KH Zulkarnain: Bhineka Tunggal Ika itu Masing-Masing, Bukan Saya Ikut Agama Anda

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Tengku Zulkarnain, membantah argumen yang mengatakan bahwa memakai atribut Natal karena Indonesia merupakan bentuk Bhineka Tunggal Ika.

Jum'at, 23/12/2016 10:04 0

Indonesia

MUI: Fatwa Atribut Natal Hanya untuk Orang Islam Saja

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Tengku Zulkarnain mengungkapkan bahwa ketua MUI telah bertemu dengan Kapolri terkait fatwa larangan pemakaian atribut Natal bagi umat Islam.

Jum'at, 23/12/2016 09:40 0

Indonesia

Gubernur Sumbar Keluarkan Surat Edaran Dukung Fatwa Natal MUI

Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno, mengeluarkan surat edaran mengimbau kepada seluruh aparatur pemerintahan se-Sumatra Barat untuk menindaklanjuti realisasi Fatwa Majelis Ulama Indonesia No.56 Tahun 2016, tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non-Muslim.

Jum'at, 23/12/2016 08:10 0

Indonesia

Aktivis Muslim Solo Raya Ditangkapi, Kapolri: Sebanyak Mungkin Lakukan Penangkapan!

"Kembangkan terus kasus ini, karena saat itu ada lebih kurang 50 orang yang masuk ke Social Kitchen dan melakukan perusakan. Saya minta sebanyak mungkin melakukan penangkapan terhadap mereka untuk efek jera," tambah Tito Karnavian, seperti dilansir dari Solopos.

Jum'at, 23/12/2016 05:13 0

Munaqosyah

Pro-Kontra Dubes Rusia Ditembak Mati

Ternyata terlalu banyak variable, mulai dari kealpaan khilafah yang membuat pemegang otoritas pemberi jaminan keamanan menjadi bias, tercerai berainya negeri-negeri Islam, status mu'ahad yang diperdebatkan, status rasul yang masih terjadi perbedaan, ditambah motivasi yang membuat Mevlut melakukan aksi tersebut, membuat semakin pelik dan rumitnya untuk menghukumi aksi Mevlut Mert Altintas.

Kamis, 22/12/2016 19:45 1

Indonesia

Dubes Rusia untuk Indonesia: Operasi Militer Kami di Suriah atas Permintaan Rezim

Duta besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin mengklaim bahwa selama ini Rusia telah memperhitungkan target dalam operasi militer di Suriah.

Kamis, 22/12/2016 18:34 0

Close