... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dituding Lakukan Propaganda, Jurnalis Media Islam Ditangkap Polisi

Foto: Ranu Muda, jurnalis media Islam.

KIBLAT.NET, Surakarta – Jurnalis media Islam Ranu Muda Adi Nugroho ikut ditangkap polisi terkait insiden perusakan kub penyuguh tarian telanjang yang berkedok restoran, Social Kitchen di Solo.

Ranu ditangkap karena dituduh terlibat melakukan propaganda pada insiden Ahad (18/12) dini hari itu.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Kiblatnet, sejumlah aktivis LUIS dengan mengendarai satu mobil mendatangi  Social Kitchen, sebuah klub malam  berkedok restoran pada Ahad pukul 01.45-02.35 WIB.

Kedatangan mereka bertujuan untuk menyampaikan surat somasi setelah surat peringatan yang disampaikan pada September 2016 lalu tidak digubris pihak Social Kitchen. Surat peringatan tersebut berisi keberatan masyarakat atas penjualan miras, adanya pertunjukan tari telanjang dan jam operasional yang melampaui batas di Social Kitchen.

Bersama dengan sebuah mobil yang ditumpangi aktivis LUIS, puluhan orang dengan mengendarai sepeda motor turut datang ke Social Kitchen. Saat itu, suasana di klub malam tersebut sedang ramai oleh pengunjung yang tengah menikmati alunan musik dan minuman beralkohol.

Massa yang datang memasang pamflet bertuliskan “Social Kitchen Langgar Perda” dan disebut-sebut melakukan penyerangan hingga mengakibatkan adanya kerusakan pada Social Kitchen.

Humas LUIS, Endro Sudarsono membantah adanya penyerangan ke Social Kitchen. Ia mengatakan anggota LUIS datang ke Social Kitchen untuk menyodorkan surat permohonan penutupan Sosial Kitchen karena dugaan penyalahgunaan izin.

“Kami datang baik-baik hanya dengan satu mobil. Saat kami mau bertemu pengelola, tiba-tiba ada masa datang dan masuk ke ruangan. Masa aksi di luar kendali LUIS. Rencana kami ke sana kemungkinan bocor dulu,” kata Endro sebelum dijemput polisi.

BACA JUGA  Polisi Diminta Tak Buru-buru Vonis Gila Penusuk Syekh Jaber

Ranu berada dalam satu mobil yang sama dengan Endro dan sejumlah aktivis LUIS lainnya saat berangkat ke Social Kitchen. Di dalam mobil tersebut juga ada seorang intel kepolisian membersamai mereka.

“Keterlibatan sebagai tim propaganda kelompok yang melakukan kekerasan bersama-sama di Sosial Kitchen,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rikwanto menuding peran Ranu, pada Jumat (23/12/2016).

Rikwanto menuding Ranu merupakan rekan dari kelompok yang melakukan perusakan dan penganiayaan saat LUIS hendak melayangkan surat somasi ketiga kalinya untuk Social Kitchen pada Ahad (18/12).

Polisi menyebut 9 orang terluka dan sejumlah barang di restoran tersebut rusak akibat tindakan kelompok di luar agenda LUIS.

“Yang bersangkutan (Ranu Muda) ikut serta mulai dari perencanaan, ke TKP serta ikut dalam rombongan sweeping dan perusakan. Yang bersangkutan juga mendokumentasikan semua aksi rekan-rekannya,” terang Rikwanto.

Saat ini, Ranu Muda sudah dibawa ke Mapolda Jateng untuk diperiksa tim penyidik. Polisi dipastikan Rikwanto masih mengembangkan kasus ini

Penangkapan terhadap Ranu Muda dilakukan sekitar pukul 00.30 WIB, Kamis (22/12) oleh tim Ditreskrimum Polda Jateng. Ranu ditangkap di Dk. Ngasinan RT 003/004 Ds. Kuwarasan, Grogol, Sukoharjo.

Sejumlah barang bukti yang disita yakni kamera digital Canon, pakaian yang digunakan saat sweeping di Social Kitchen, tas ransel, 2 unit laptop dan 2 unit HP.

Diberitakan sebelumnya, usai insiden di Social Kitchen, polisi menangkap sejumlah orang dan dibawa ke Mapolda Jateng. Mulanya ada 5 orang yang ditetapkan sebagai tersangka.

BACA JUGA  LPTQ Klaim Larangan Menutup Wajah Saat MTQ untuk Hindari Kecurangan

Empat orang diduga anggota Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS) dan seorang pengacara ditangkap polisi. Kelimanya berinisial EL, JS (pengacara LUIS), ES, YS dan SA.

Dalam pengembangan penyidikan, polisi menetapkan tiga orang tersangka baru berinisial M, YM, dan RM. Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Djarod Padakova menyebut penangkapan dilakukan pada Kamis (22/12).

 

Reporter: Fajar Shadiq
Editor: Alamsyah


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

ISIS Bakar Hidup-hidup Dua Tawanan Tentara Turki

Daulah Islamiyah atau lebih dikenal ISIS kembali mengeksekusi tawanan dengan cara dibakar. Kali ini, tawanan itu dua anggota militer Turki.

Jum'at, 23/12/2016 11:20 1

Rusia

Rusia Tangkap Tujuh Anggota Jamaah Tabligh

Dinas Keamanan Federal Rusia di Moskow menangkap tujuh orang, termasuk warga Rusia, pengikut Jamaah Tabligh

Jum'at, 23/12/2016 09:27 0

Suriah

Assad: Merebut Aleppo Adalah Kemenangan Kami, Iran dan Rusia

Presiden Suriah Bashar al-Assad, Kamis (22/12), mengatakan bahwa kemenangan di Aleppo bukan saja bagi Suriah, namun juga bagi Iran dan Rusia.

Jum'at, 23/12/2016 08:45 0

Munaqosyah

Pro-Kontra Dubes Rusia Ditembak Mati

Ternyata terlalu banyak variable, mulai dari kealpaan khilafah yang membuat pemegang otoritas pemberi jaminan keamanan menjadi bias, tercerai berainya negeri-negeri Islam, status mu'ahad yang diperdebatkan, status rasul yang masih terjadi perbedaan, ditambah motivasi yang membuat Mevlut melakukan aksi tersebut, membuat semakin pelik dan rumitnya untuk menghukumi aksi Mevlut Mert Altintas.

Kamis, 22/12/2016 19:45 1

Amerika

Hanya Karena Berbicara Bahasa Arab di Pesawat AS, Pemuda Arab Ini Diusir

Seorang pemuda Arab mendokumentasikan saat dirinya diusir dari sebuah pesawat komersil milik perusahaan Delta di Amerika Serikat

Kamis, 22/12/2016 17:00 0

Rohah

Siapa yang Berani Mengambil Pedang ini?

Serentak semuanya mengangkat tangannya, mereka mengira pedang tersebut merupakan hadiah. Lantas beliau bersabda, “Siapakah yang berani mengambil pedang ini dengan menunaikan haknya?”

Kamis, 22/12/2016 16:16 0

Suriah

Ini Tanggapan Jubir Fath Al-Syam Atas Aksi Mevlut Mert Altintas

Juru bicara resmi gerakan jihadis oposisi Suriah Jabhah Fath Al-Syam (JFS), Hussam Syafi'i, Rabu (21/12), mengungkapkan bahwa aksi pembunuhan Dubes Rusia di Turki merupakan respon alami.

Kamis, 22/12/2016 14:00 0

Suriah

Pernyataan Palsu Atas Nama Fath Al-Syam Akui Pembunuhan Dubes Rusia

Sebuah pernyataan mengatasnamakan gerakan Jabhah Fath Al-Syam (JFS) pimpinan Abu Muhammad Al-Jaulani, yang tersebar pada Rabu (21/12), mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Dubes Rusia untuk Turki Andrey Karlov.

Kamis, 22/12/2016 13:00 0

Yaman

Petinggi Hutsi yang Dilatih Iran Tewas di Taiz

Salah satu petinggi Hutsi yang pernah dilatih ahli militer Iran tewas di Taiz, Yaman Selatan. Hussein Ali Yahya Al-Ya'ri tewas pemberontak Syiah Hutsi terlibat bentrok dengan pasukan yang setia kepada Presiden Abdu Rabbuh Mansour Hadi.

Kamis, 22/12/2016 12:34 0

Turki

Empat Belas Tentara Turki Tewas di Al-Bab, Suriah Utara

Militer Turki mengatakan, Rabu (21/12), pertempuran sengit berkecamuk antara pasukan pejuang oposisi Suriah yang didukung oleh Turki dan pasukan Daulah Islamiyah (ISIS) di kota Al-Bab, pedesaan Aleppo. Sedikitnya 14 tentara Turki tewas dalam pertempuran itu.

Kamis, 22/12/2016 10:16 0

Close