... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Siapa yang Berani Mengambil Pedang ini?

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Suatu hari (pada waktu perang Uhud) Rasulullah Saw berdiri di hadapan Al-Katîbah (batalyon), beliau menghunus pedangnya dan bersabda, “Siapakah yang mau mengambil pedang ini dariku?”

Serentak semuanya mengangkat tangannya, mereka mengira pedang tersebut merupakan hadiah. Lantas beliau bersabda, “Siapakah yang berani mengambil pedang ini dengan menunaikan haknya?”

Semuanya menyadari di balik penawaran Rasulullah tersebut ada maksud yang tersembunyi, sehingga mereka pun mundur. Tetapi Abu Dujanah ingin mengambil pedang tersebut, lalu Nabi mengujinya dengan bertanya, “Apakah hak pedang ini yang harus ditunaikan?”

Maka ia menjawab, “Yaitu digunakan untuk memenggal kepala musuh hingga bengkok.”

Maka Abu Dujanah pun mulai menggunakan pedang tersebut untuk menumpas kepala orang-orang yang sesat. Terkadang ia bertempur di barisan sebelah kanan dan terkadang berada di kiri. Ia menghunjamkan pedang pada tengkorak mereka, lantas kepala mereka bergetar karena di dalamnya tertancap paku-paku Lâta dan ‘Uzzâ.

Ia juga mengeluarkan surban merahnya, lalu memakainya. Maka manusia pun sama berkata, “Bahaya, tidak ada yang boleh mendekat kepadanya.”[1]

Barangsiapa menjadikan singa yang rakus sebagai simbol keberanian

Maka yang menjadi bekalnya (di medan perang) ialah bantuan dan ransumnya berupa perampasan

Kecintaan pengecut akan hidup mendorongnya untuk berdiam diri

Sementara kerinduan pemberani akan kematian menghantarkannya ke medan perang

[1] Maksudnya, jika Abu Dujanah sudah memakai sorban merahnya, berarti ia akan bertempur tanpa mengenal takut. Musuh yang dijumpainya akan ditebas dengan pedangnya

Penulis : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Mashâri’ul ‘Usysyâq  karya  Dr. A’idh bin Abdullah Al-Qarni


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Ini Tanggapan Jubir Fath Al-Syam Atas Aksi Mevlut Mert Altintas

Juru bicara resmi gerakan jihadis oposisi Suriah Jabhah Fath Al-Syam (JFS), Hussam Syafi'i, Rabu (21/12), mengungkapkan bahwa aksi pembunuhan Dubes Rusia di Turki merupakan respon alami.

Kamis, 22/12/2016 14:00 0

Suriah

Pernyataan Palsu Atas Nama Fath Al-Syam Akui Pembunuhan Dubes Rusia

Sebuah pernyataan mengatasnamakan gerakan Jabhah Fath Al-Syam (JFS) pimpinan Abu Muhammad Al-Jaulani, yang tersebar pada Rabu (21/12), mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan Dubes Rusia untuk Turki Andrey Karlov.

Kamis, 22/12/2016 13:00 0

Yaman

Petinggi Hutsi yang Dilatih Iran Tewas di Taiz

Salah satu petinggi Hutsi yang pernah dilatih ahli militer Iran tewas di Taiz, Yaman Selatan. Hussein Ali Yahya Al-Ya'ri tewas pemberontak Syiah Hutsi terlibat bentrok dengan pasukan yang setia kepada Presiden Abdu Rabbuh Mansour Hadi.

Kamis, 22/12/2016 12:34 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Minta Pemerintah Hormati Fatwa MUI

Beberapa hari ini fatwa Majelis Ulama Indoneisa (MUI) terkait Hukum Menggunakan Keagamaan Atribut Non Muslim menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.

Kamis, 22/12/2016 10:50 0

Turki

Empat Belas Tentara Turki Tewas di Al-Bab, Suriah Utara

Militer Turki mengatakan, Rabu (21/12), pertempuran sengit berkecamuk antara pasukan pejuang oposisi Suriah yang didukung oleh Turki dan pasukan Daulah Islamiyah (ISIS) di kota Al-Bab, pedesaan Aleppo. Sedikitnya 14 tentara Turki tewas dalam pertempuran itu.

Kamis, 22/12/2016 10:16 0

Suriah

Badai Salju Hambat Proses Evakuasi Terakhir Warga Aleppo Timur

Evakuasi tahap akhir warga dan pejuang dari Aleppo Timur pada Rabu malam (21/12) terkendala hujan salju yang mulai mengguyur Suriah.

Kamis, 22/12/2016 09:22 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah: Pemerintah Ingin Intervensi Fatwa MUI

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) (Punawirawan) Jenderal Wiranto meminta agar MUI melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian dan Menteri Agama dalam setiap menetapkan fatwa.

Kamis, 22/12/2016 08:21 0

Indonesia

Pernyataan Kapolri Soal Fatwa Natal MUI Dinilai Meresahkan

Sekertaris Umum Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman, menegaskan bahwa pernyataan Kapolri Tito Karnavian, yang menyebut fatwa MUI bukan hukum positif Indonesia, meresahkan masyarakat.

Kamis, 22/12/2016 08:10 0

Indonesia

Satgas Tinombala Disergap, Satu Tewas dan Satu Luka Parah

Kontak tembak kembali terjadi antara Mujahidin Indonesia Timur (MIT) dengan Satuan Operasi Tinombala pada Selasa (20/12/2016) di pegunungan Langka, Desa Maranda, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Kamis, 22/12/2016 08:01 0

Indonesia

Puluhan Guru Pedalaman Papua Ikuti Pelatihan ‘Smart Teaching’ di Pesantren AFKN

"Anak-anak di pedalaman Irian melalui tangan guru-guru ini mereka akan memberi perubahan,"

Rabu, 21/12/2016 21:17 0

Close