... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Fatwa Haram Gunakan Atribut Non Muslim untuk Jaga Akidah Umat Islam

Foto: Kiai Makruf Amin

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan bahwa fatwa haram penggunaan atribut non muslim bagi umat Islam ditujukan untuk menjaga akidah kaum muslim.

MUI telah mengeluarkan fatwa nomor 56 tahun 2016 tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non Muslim. Fatwa yang diterbitkan pada 14 Desember lalu itu menyatakan bahwa menggunakan atribut keagamaan non muslim adalah haram, serta mengajak dan/atau memerintahkan penggunakan atribut keagamaan nonmuslim adalah haram.

“Secara jelas fatwa itu ditujukan kepada umat Islam agar menjaga akidah dan keyakinannya,” kata Ketua MUI Pusat KH Ma’ruf Amin saat konferensi pers di Kantor MUI Pusat Jakarta, Selasa (20/12).

Terkait fatwa tersebut, MUI menyerukan kepada pemerintah agar memberikan perlindungan kepada umat Islam. Menurut Kiai Ma’ruf, bagi kaum muslim, tak menggunakan atribut keagamaan non muslim adalah bagian dari menjalankan keyakinan.

“Jadi jangan ada paksaan-paksaan,” tandasnya.

Seperti diketahui, muncul informasi adanya pemaksaan pihak-pihak yang memerintahkan karyawan muslim menggunakan atribut Kristen menjelang perayaan Natal. Mereka umumnya terpaksa melakukan hal itu karena diancam dengan sanksi dari perusahaan. Atribut yang dimaksud termasuk topi dan pakaian khas Sinterklas.

Melihat hal itu, MUI meminta pemerintah untuk menindak pihak yang membuat aturan yang mengajak dan memaksa pegawai dan karyawan yang muslim memakai atribut non muslim. Bagi umat Islam, memakai atribut natal bertentangan dengan ajaran agama.

BACA JUGA  Usai Didemo Besar-besaran, Hong Kong Tangguhkan RUU Ekstradisi

Reporter: Imam S.
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Suhu di Saudi Diprediksi Akan di Bawah Nol Derajat

Arab Saudi akan mengalami gelombang dingin karena suhu diperkirakan menurun di bawah nol derajat di beberapa daerah.

Selasa, 20/12/2016 17:14 0

Rusia

Tak Sanggup Beli Alkohol, Puluhan Orang di Rusia Tewas Tenggak Metanol

Puluhan orang di kota Irkutsk, Siberia mati selama akhir pekan setelah menenggak cairan yang mengandung metanol karena tidak sanggup membeli minuman beralkohol.

Selasa, 20/12/2016 16:40 0

Opini

Surat Wasiat (Imajiner) Mevlut Mert Altintas

Aku ingin menyusul mereka dengan kondisi tubuh yang sama; terluka bersimbah darah. Karena aku adalah bagian tak terpisahkan dari mereka. Aku adalah Aleppo, dan Aleppo adalah aku.

Selasa, 20/12/2016 16:00 0

Amerika

Organisasi Gulen Bantah Terlibat Penembakan Dubes Rusia untuk Turki

Penasihat gerakan opoisi Turki Fethullah Gulen, Ali Aslan Dogan, Senin (19/12), membantah terlibat dalam aksi pembunuhan Duta Besar Rusia Andrey Karlov.

Selasa, 20/12/2016 14:36 0

Rusia

Hari yang Kelam bagi Putin

Dalam satu hari, Presiden Rusia Vladimir Putin harus menerima sejumlah kabar buruk. Kabar paling mengejutkan adalah tewasnya Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrei Karlov di tangan seorang polisi Turki. Karlov ditembak dari belakang oleh pria 22 tahun bernama Mevlut Mert Altintas, yang diidentifikasi anggota polisi huru-hara Ankara.

Selasa, 20/12/2016 14:14 0

Rohah

Mimpi Bertemu Sibawaih

Sibawaih menjawab, “Tatkala aku sampai pada pembahasan bab Allah adalah lafal Jalâlah, aku berkata, 'Allah adalah lafal yang paling ma‘rifah dan tidak memerlukan tambahan tanda ma‘rifah."

Selasa, 20/12/2016 11:30 0

Turki

Ini Identitas Penyerang Dubes Rusia untuk Turki

Seorang officer kepolisian Turki berdiri di belakang duta besar Rusia untuk Ankara, Andrey Karlov yang sedang memberikan sambutan di sebuah galeri seni di ibukota Ankara.

Selasa, 20/12/2016 10:44 0

Amerika

Draft Resolusi DK PBB Soal Aleppo Akhirnya Disetujui

Dewan Keamanan PBB pada hari Senin (19/12) dengan suara bulat menyerukan pejabat-pejabat PBB dan yang lainnya untuk bisa memonitor proses evakuasi warga sipil dari Aleppo timur, termasuk mengawasi keselamatan warga lainnya yang masih berada di dalam kota tersebut.

Selasa, 20/12/2016 09:24 0

Turki

Senjata ini Dipakai Polisi Turki Untuk Balas Aksi Rusia di Aleppo

Melihat fisik senjata dan data senjata organik kepolisian Turki, kemungkinan besar pistol yang digunakan Mevlut adalah Sarsilmaz, kaliber 9mm.

Selasa, 20/12/2016 07:38 0

Turki

Dubes Rusia Mati Didor, Ini Motivasi Penembaknya

Duta Besar Rusia untuk Turki, Andrey Karlov (62) tewas ditembak di ibu kota Turki, Ankara, Senin (19/12) malam waktu setempat. Karlov ditembak saat memberi sambutan di sebuah pameran fotografi di Ankara.

Selasa, 20/12/2016 07:06 0

Close