... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Sirajuddin Haqqani, Mujahid Sepuluh Juta Dolar

Melihat hal itu, Siraj menggunakan pendekatan yang lain. Siraj tetap mengadakan dialog kepada penduduk lokal sehingga apa yang menjadi keluhan mereka segara dapat ditangani. Dialog ini lebih menitikberatkan dalam permasalahan ekonomi dan pendidikan. Contohnya Haqqani membantu penduduk setempat dalam hal keuangan dan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Walaupun secara struktural keorganisasian JH mendapat otonomi yang bebas dari Taliban,  Siraj tetap memperlihatkan kesetiaannya kepada kepemimpinan Taliban. Kekuatan dan kemampuan JH dalam mempertahankan wilayah tidak membuat mereka menjadi jumawa. Mereka tetap setia di bawah payung Taliban.

Beberapa operasi dilakukan Siraj pada awal kepemimpinanya. Pada April 2008, Siraj diyakini berpastisipasi dalam perencanaan pembunuhan presiden boneka Afghanistan, Hamid Karzai. Namun, operasi itu gagal. Walaupun gagal, operasi itu tetap memberikan dampak psikologis yang dalam bagi musuh.

Hamid Karzai

Hamid Karzai

Siraj juga diduga menjadi pelaku serangan Hotel Serena di Kabul hingga menewaskan enam orang Amerika. Serangan itu terjadi pada 14 Januari 2008. Kita tahu bersama bahwa Amerika atas nama perang melawan terorime telah membunuh kurang lebih 30.000 rakyat sipil Afghanistan. Angka itu hanyalah fenomena gunung es, masih banyak korban yang tidak ikut terhitung.

Amerika pun mulai melancarkan serangan pesawat tak berawak menargetkan Siraj. Terhitung dua kali serangan menargetkan pimpinan JH ini pada 2 Februari 2010 dan pada 2011. Dua serangan ini luput dari sasaran sebenarnya dan justru membunuh rakyat sipil. Muhammad Haqqani, adik Siraj menjadi salah satu korban pada serangan membabi buta ini.

Pada 3 Oktober 2011, Siraj memperingatkan pada sebuah wawancara BBC bahwa Amerika mempunyai standar ganda dalam invasinya ke Afghanistan. Amerika tidak akan pernah berhenti melanjutkan agendanya sebelum memperoleh yang mereka harapkan. Maka dari itu, Siraj memperingatkan negara-negara tetangga Afghanistan terutama Pakistan yang diperalat Amerika untuk memenuhi hasrat negeri Paman Sam itu.

Seakan terusik dengan pernyataan pimpinan JH tersebut, Amerika kembali menaikkan tawaran hadiah untuk menangkap Siraj. Selain itu AS juga menambahkan empat tokoh JH lainnya yaitu Aziz Haqqani, Khalil al-Rahman Haqqani, Yahya Haqqani, dan Abdul Rauf Zakir. Masing-masing dihargai dengan $5 juta dolar AS. Sedangkan untuk penangkapan Siraj yang pada awalnya $5 juta dolar dinaikkan menjadi $10 juta dolar.

Diangkat Menjadi Wakil Amir Taliban

Setelah pengumuman resmi akan wafatnya Amirul Mukminin Mullah Muhammad Umar pada 25 Juli 2015, maka diangkat pemimpin yang baru , yaitu Mullah Akhtar Muhammad Mansur dan Sirajuddin Haqqani sebagai wakilnya. Kepercayaan ini diberikan kepada Sirajuddin karena kemampuan dan ketokohannya sebagai pemimpin JH, pengganti ayahnya. Jalaluddin Haqqani, ayah Siraj adalah tokoh yang disegani para mujahidin dan petinggi Taliban.

Mullah Akhtar Muhammad Mansour

Mullah Akhtar Muhammad Mansour rahimahullah

Pada 21 Mei 2016, pimpinan Taliban Mullah Akhtar Muhammad Mansur syahid terkena serangan drone AS. Maka, dewan tertinggi Taliban mengadakan pertemuan darurat pada hari Ahad  (22/05/2016) di barat daya Pakistan untuk menemukan sosok pemersatu dalam jabatan kepemimpinan. Akhirnya  Imarah Islam Afghanistan (Taliban) memutuskan mengangkat Haibatullah Akhunzada sebagai Amir baru Taliban, kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (25/05/2016).

Mullah Haibatullah Akhunzadah, pemimpin baru Taliban

Mullah Haibatullah Akhunzadah, pemimpin baru Taliban

Jabatan wakil pemimpin tetap dipegang oleh Sirajuddin Haqqani ditambah dengan putra syaikh Mullah Muhammad Umar rahimahullah, syaikh Mullah Muhammad Yakub. Kedua tokoh ini berperan sebagai deputi membantu Amir Haibatullah Akhunzada.

Jadi, putra Jalaluddin Haqqani ini selain menjabat sebagai pimpinan JH, ia juga didaulat sebagai wakil amir Taliban hingga detik ini. Semoga Allah memberi Sirajuddin Haqqani keberkahan umur dan keistiqomahan dalam perjuangan. Wallahu A’lam bi Shawab.

Penulis : Dhani El_Ashim

Sumber

 

  1. http://www.aljazeera.net
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Sirajuddin_Haqqani
  3. http://www.globalsecurity.org
  4. http://www.bbc.com/news/world-south-asia
  5. From pakistan to Afghanistan the haqqani network AFGHANISTAN REPORT 6 by Jeffrey A. Dressler

 

 

 

 

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Massa Solidaritas Aleppo Doa Qunut di Depan Dubes Rusia

Di bawah rintik gerimis, ratusan peserta Aksi Solidaritas Aleppo melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di depan kedutaan besar Rusia

Senin, 19/12/2016 14:30 0

Indonesia

Solidaritas Aleppo, Ratusan Massa Geruduk Kedubes Rusia

Massa dari berbagai elemen tumpah ruah di depan kantor kedutaan besar Rusia, Senin siang (19/12), mengutuk keterlibatan negeri Beruang Merah itu dalam operasi militer di Suriah, khususnya di Aleppo.

Senin, 19/12/2016 14:23 0

Suara Pembaca

Surat Seorang Mahasiswi untuk Para Cendekiawan Muslim atas Kejadian Aleppo

Bapak dan Ibu yang saya hormati, perlu untuk kita semua ketahui bahwa kondisi saudara kita, ahlussunnah di Aleppo, sangat menyayat hati. Berdasarkan data statistik yang dihimpun Al Jazeera pada 26 September 2016, terhitung sebanyak 200 korban tewas dan 1.300 korban luka-luka jatuh pada gempuran yang terjadi di Aleppo pada 19-25 September 2016 lalu.Bapak dan Ibu yang saya hormati, perlu untuk kita semua ketahui bahwa kondisi saudara kita, ahlussunnah di Aleppo, sangat menyayat hati. Berdasarkan data statistik yang dihimpun Al Jazeera pada 26 September 2016, terhitung sebanyak 200 korban tewas dan 1.300 korban luka-luka jatuh pada gempuran yang terjadi di Aleppo pada 19-25 September 2016 lalu.

Senin, 19/12/2016 13:21 0

Suriah

DK PBB Voting Soal Aleppo, Rusia Ancang-ancang Gunakan Hak Veto

Dewan Keamanan PBB, Ahad (18/12), menggelar voting rancangan resolusi yang diajukan Perancis untuk Aleppo, yang mengusulkan pengiriman pengawas internasional untuk mengawal evakuasi sipil dari Aleppo Timur.

Senin, 19/12/2016 11:22 0

Indonesia

GAMAN Ingatkan Warga Muslim Lamongan Soal Atribut Natal

Bendahara Gerakan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar (GAMAN), Rosyidin Musthofa mengatakan bahwa untuk menyambut hari Natal yang akan datang, pihaknya akan menyurati aparat setempat agar tidak ada paksaan kepada karyawan muslim untuk menggunakan atribut Natal.

Senin, 19/12/2016 10:21 0

Rohah

Kala Sepotong Kayu Berubah Menjadi Sebilah Pedang

Maka, Rasulullah pun mengambil sepotong kayu dan bersabda, “Ambillah ini,” lalu shahabat tersebut menggoyang-goyangkannya dan berubahlah sepotong kayu itu menjadi sebilah pedang dengan izin Allah Ta’ala.

Senin, 19/12/2016 09:58 0

Suriah

Bus-bus Evakuasi Pengikut Syiah Dibakar, Begini Komentar Oposisi

Setidaknya lima bus yang dikirim menuju kota Al-Fu'ah dan Kufreya di wilayah Idlib, Ahad (18/12), dibakar oleh orang tak dikenal.

Senin, 19/12/2016 09:00 0

Video Kajian

Memilih Pemimpin Kafir dalam Kajian Kristologi [Dr. Sanihu Munir] Bag 1

Negara ini saat ini sedang digonjang-ganjing dengan pelecehan hingga perang tafsir surat Al Maidah ayat 51. Buntutnya panjang, hingga menimbulkan reaksi protes oleh kaum muslimin Indonesia, mereka menuntut agar penista agama segera diproses secara hukum. Namun banyak juga yang kontra dan membela penista agama tersebut. Lantas, sebenarnya apakah hukumnya memilih pemimpin kafir ? Dan bagaimanakah kajian kristologi membahas soal tersebut ?

Senin, 19/12/2016 08:30 0

Indonesia

Di Area CFD, SO Ajak Warga Pacitan Peduli Aleppo

Lembaga kemanusiaan Syam Organizer (SO) mengajak warga di kabupaten Pacitan peduli dengan bencana kemanusiaan yang disebabkan rezim Assad, Iran dan Rusia di Aleppo, Suriah

Senin, 19/12/2016 08:02 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beruntunglah Bagi Wajah-Wajah yang Tak Dikenal

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, bertakwa dan tidak menonjolkan diri. Jika mereka tidak hadir, tidak ada yang mencari. Apabila mereka hadir, tidak ada yang mengenali. Hati mereka adalah lentera-lentera petunjuk yang keluar dari setiap kegelapan.” (Hadits hasan. HR Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

Ahad, 18/12/2016 19:52 0

Close