... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Sirajuddin Haqqani, Mujahid Sepuluh Juta Dolar

Foto: Sirajuddin Haqqani, Pemimpin Jaringan Haqqani sekaligus Wakil Amir Taliban

KIBLAT.NET – Ketika Jalaluddin Haqqani memasuki masa senja dan lemah, mau tidak mau ia harus mundur dari  kepemimpinannya. Untuk keberlangsungan estafet perjuangan, maka  Jalaluddin menunjuk putranya sendiri untuk menggantikannya. Pergantian pemimpin itu juga terjadi karena kepemimpinan Jalaluddin berangsur-angsur menurun setelah terjadinya invasi AS ke Afghanistan pada Oktober 2001.

Putranya yang ditunjuk sebagai pengganti pemimpin Jaringan Haqqani adalah Sirajuddin Haqqani. Salah seorang anaknya yang terlahir dari istri pertama (istri dari Zadran). Siapakah sebenarnya Sirajuddin Haqqani ini? Seberapakah istimewanya hingga seorang Jalaluddin menyerahkan amanah yang begitu berat kepadanya?

Mengenal Sirajuddin Haqqani

Sebelumnya kita telah menyimak profil Nashiruddin Haqqani rahimahullah, maka masa kecil dan pendidikan yang dijalani oleh Sirajuddin tak jauh beda dengan saudaranya tersebut. Sirajuddin yang dikenal dengan nama Siraj, Khalifa, Muhammad Siraj, Halifa, Ahmad Zia, Arkani, Shahib Khalifa dan Siraj Haqqani ini lahir pada tahun 1970 di wilayah Paktia, Afghanistan. Soal tahun kelahiran Siraj banyak sumber yang berselisih. Ada yang menyebutkan tahun 1970, 1973 atau 1978. Ada juga yang berpendapat Siraj dilahirkan antara tahun 1973-1978.

Kota Miramshah, Waziristan Utara

Kota Miramshah, Waziristan Utara

Sama seperti saudaranya (Nashir), Siraj juga tinggal di Miram Shah di masa kecilnya dan mengenyam pendidikan di madrasah Mambaul ‘Ulum yang didirikan oleh ayahnya sendiri. Pada awalnya Siraj digambarkan oleh media sebagai seseorang yang senang dengan kesibukannya sendiri dari pada mengurusi urusan ayahnya. Dia lebih suka menuntut ilmu dan belajar saja. Namun, memasuki tahun 90-an, Siraj mulai tertarik dengan dunia ayahnya. Ia mulai melayangkan beberapa kritik untuk Taliban melalui ayahnya. Sejak itulah, Siraj masuk ke dalam dunia jihad dan perjuangan seperti yang digeluti ayahnya saat itu.

Kiprah Sirajuddin dalam jihad

Perlu diketahui bersama bahwa Jaringan Haqqani adalah bagian dari Taliban dan beroperasi di Afghanistan. Tatkala terjadi invasi Amerika pasca tragedi 9/11, JH mengikuti langkah Taliban untuk keluar dari Afghanistan. Saat itu Siraj juga membawa seluruh keluarganya untuk keluar dari Afghan dan mengungsi di daerah Mansehra, Pakistan.

Pada tahun 2003, Siraj didatangi oleh Menteri Pertahanan Taliban, Mullah Ubaidullah. Maksud kedatangan itu adalah untuk kembali mengaktifkan perlawanan di daerah tenggara. Setelah permintaan itu diiyakan, maka datanglah beberapa mujahidin Arab dan Iraq datang membawa amunisi untuk menjalankan operasi.

Pertengahan 2005, Siraj menjadi ujung tombak perlawanan di wilayah Loya Paktia bersama deputinya Muallim Muhammad Zaman. Keberhasilan demi keberhasilan Siraj dalam memimpin perlawanan membuat intelijen AS khawatir. Akhirnya, AS menyadari bahwa Siraj dapat menjadi batu sandungan dan kebangkitan mujahidin. Akhirnya pada musim gugur 2007, AS memberikan hadiah $50.000 bagi sesiapa yang mampu menangkapnya. Sampai saat ini tawaran itu terus naik dan mencapai $10 juta dolar.

Pencarian Sirajuddin Haqqani

Pencarian Sirajuddin Haqqani

Sejak itulah Siraj mulai dikenal dan kemampuannya mulai diperhitungkan. Maka dari itu, pada 2008 secara resmi Jalaluddin Haqqani menyerahkan kepemimpinan JH kepada anaknya, Sirajuddin Haqqani. Siraj digambarkan sebagai seorang yang ramah, sopan, pendengar yang baik. Ketika ia diberi sebuah pertanyaan, maka ia dapat menjawab secara langsung ibarat memori sebuah komputer. Siraj juga dikenal sebagai sosok yang bijaksana.

Namun, masyarakat Loya Paktia belum dapat menghormati Siraj seperti menghormati ayahnya, Jalaluddin. Hal itu disebabkan gaya kepemimpinannya yang berbeda. Jalaluddin sering kali memasukkan partisipasi lokal untuk menjaga wilayah kekuasaan. Sedangkan Siraj hanya menggunakan kekuatan primer Haqqani untuk menjaga wilayah karena berasumsi ingin menjaga keamanan sepenuhnya dan memberikan kenyamanan pada masyarakat. Siraj tidak mau ada rakyat sipil yang menjadi korban sehingga hanya menempatkan intern Haqqani dalam mempertahankan wilayah.

Baca halaman selanjutnya: Melihat hal itu, Siraj...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Massa Solidaritas Aleppo Doa Qunut di Depan Dubes Rusia

Di bawah rintik gerimis, ratusan peserta Aksi Solidaritas Aleppo melaksanakan shalat dzuhur berjamaah di depan kedutaan besar Rusia

Senin, 19/12/2016 14:30 0

Indonesia

Solidaritas Aleppo, Ratusan Massa Geruduk Kedubes Rusia

Massa dari berbagai elemen tumpah ruah di depan kantor kedutaan besar Rusia, Senin siang (19/12), mengutuk keterlibatan negeri Beruang Merah itu dalam operasi militer di Suriah, khususnya di Aleppo.

Senin, 19/12/2016 14:23 0

Suara Pembaca

Surat Seorang Mahasiswi untuk Para Cendekiawan Muslim atas Kejadian Aleppo

Bapak dan Ibu yang saya hormati, perlu untuk kita semua ketahui bahwa kondisi saudara kita, ahlussunnah di Aleppo, sangat menyayat hati. Berdasarkan data statistik yang dihimpun Al Jazeera pada 26 September 2016, terhitung sebanyak 200 korban tewas dan 1.300 korban luka-luka jatuh pada gempuran yang terjadi di Aleppo pada 19-25 September 2016 lalu.Bapak dan Ibu yang saya hormati, perlu untuk kita semua ketahui bahwa kondisi saudara kita, ahlussunnah di Aleppo, sangat menyayat hati. Berdasarkan data statistik yang dihimpun Al Jazeera pada 26 September 2016, terhitung sebanyak 200 korban tewas dan 1.300 korban luka-luka jatuh pada gempuran yang terjadi di Aleppo pada 19-25 September 2016 lalu.

Senin, 19/12/2016 13:21 0

Suriah

DK PBB Voting Soal Aleppo, Rusia Ancang-ancang Gunakan Hak Veto

Dewan Keamanan PBB, Ahad (18/12), menggelar voting rancangan resolusi yang diajukan Perancis untuk Aleppo, yang mengusulkan pengiriman pengawas internasional untuk mengawal evakuasi sipil dari Aleppo Timur.

Senin, 19/12/2016 11:22 0

Indonesia

GAMAN Ingatkan Warga Muslim Lamongan Soal Atribut Natal

Bendahara Gerakan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar (GAMAN), Rosyidin Musthofa mengatakan bahwa untuk menyambut hari Natal yang akan datang, pihaknya akan menyurati aparat setempat agar tidak ada paksaan kepada karyawan muslim untuk menggunakan atribut Natal.

Senin, 19/12/2016 10:21 0

Rohah

Kala Sepotong Kayu Berubah Menjadi Sebilah Pedang

Maka, Rasulullah pun mengambil sepotong kayu dan bersabda, “Ambillah ini,” lalu shahabat tersebut menggoyang-goyangkannya dan berubahlah sepotong kayu itu menjadi sebilah pedang dengan izin Allah Ta’ala.

Senin, 19/12/2016 09:58 0

Suriah

Bus-bus Evakuasi Pengikut Syiah Dibakar, Begini Komentar Oposisi

Setidaknya lima bus yang dikirim menuju kota Al-Fu'ah dan Kufreya di wilayah Idlib, Ahad (18/12), dibakar oleh orang tak dikenal.

Senin, 19/12/2016 09:00 0

Video Kajian

Memilih Pemimpin Kafir dalam Kajian Kristologi [Dr. Sanihu Munir] Bag 1

Negara ini saat ini sedang digonjang-ganjing dengan pelecehan hingga perang tafsir surat Al Maidah ayat 51. Buntutnya panjang, hingga menimbulkan reaksi protes oleh kaum muslimin Indonesia, mereka menuntut agar penista agama segera diproses secara hukum. Namun banyak juga yang kontra dan membela penista agama tersebut. Lantas, sebenarnya apakah hukumnya memilih pemimpin kafir ? Dan bagaimanakah kajian kristologi membahas soal tersebut ?

Senin, 19/12/2016 08:30 0

Indonesia

Di Area CFD, SO Ajak Warga Pacitan Peduli Aleppo

Lembaga kemanusiaan Syam Organizer (SO) mengajak warga di kabupaten Pacitan peduli dengan bencana kemanusiaan yang disebabkan rezim Assad, Iran dan Rusia di Aleppo, Suriah

Senin, 19/12/2016 08:02 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beruntunglah Bagi Wajah-Wajah yang Tak Dikenal

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, bertakwa dan tidak menonjolkan diri. Jika mereka tidak hadir, tidak ada yang mencari. Apabila mereka hadir, tidak ada yang mengenali. Hati mereka adalah lentera-lentera petunjuk yang keluar dari setiap kegelapan.” (Hadits hasan. HR Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

Ahad, 18/12/2016 19:52 0

Close