... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Kala Sepotong Kayu Berubah Menjadi Sebilah Pedang

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Pedang salah seorang shahabat Rasulullah saw. patah pada Perang Badar, sementara perang sedang berkecamuk. Para pahlawan maju menyerang, arwah-arwah beterbangan, dan banyak kepala berjatuhan. Shahabat itu berkata kepada Rasulullah saw., “Wahai, Rasulullah. Bagaimanakah ini?”

Maka, Rasulullah pun mengambil sepotong kayu dan bersabda, “Ambillah ini,” lalu shahabat tersebut menggoyang-goyangkannya dan berubahlah sepotong kayu itu menjadi sebilah pedang dengan izin Allah Ta’ala.[1]

Sebuah hadits shahih menerangkan tentang pedang Rasulullah saw, “Kami mengambil pedang muhammad (yang dibuat di India) karena kerinduan. Lalu, kami patahkan di atas kepala orang yang hina.”

Penulis : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Mashâri’ul ‘Usysyâq  karya  Dr. A’idh bin Abdullah Al-Qarni

[1]. Shahabat tersebut ialah Ukasyah bin Mihshan, dan hadits ini ditakhrij oleh Al-Baihaqi dalam Dalâil Nubuwwah: 3/98, 99.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Bus-bus Evakuasi Pengikut Syiah Dibakar, Begini Komentar Oposisi

Setidaknya lima bus yang dikirim menuju kota Al-Fu'ah dan Kufreya di wilayah Idlib, Ahad (18/12), dibakar oleh orang tak dikenal.

Senin, 19/12/2016 09:00 0

Video Kajian

Memilih Pemimpin Kafir dalam Kajian Kristologi [Dr. Sanihu Munir] Bag 1

Negara ini saat ini sedang digonjang-ganjing dengan pelecehan hingga perang tafsir surat Al Maidah ayat 51. Buntutnya panjang, hingga menimbulkan reaksi protes oleh kaum muslimin Indonesia, mereka menuntut agar penista agama segera diproses secara hukum. Namun banyak juga yang kontra dan membela penista agama tersebut. Lantas, sebenarnya apakah hukumnya memilih pemimpin kafir ? Dan bagaimanakah kajian kristologi membahas soal tersebut ?

Senin, 19/12/2016 08:30 0

Indonesia

Di Area CFD, SO Ajak Warga Pacitan Peduli Aleppo

Lembaga kemanusiaan Syam Organizer (SO) mengajak warga di kabupaten Pacitan peduli dengan bencana kemanusiaan yang disebabkan rezim Assad, Iran dan Rusia di Aleppo, Suriah

Senin, 19/12/2016 08:02 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beruntunglah Bagi Wajah-Wajah yang Tak Dikenal

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, bertakwa dan tidak menonjolkan diri. Jika mereka tidak hadir, tidak ada yang mencari. Apabila mereka hadir, tidak ada yang mengenali. Hati mereka adalah lentera-lentera petunjuk yang keluar dari setiap kegelapan.” (Hadits hasan. HR Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

Ahad, 18/12/2016 19:52 0

Tazkiyah

Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim, “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara manis kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.).

Ahad, 18/12/2016 17:36 0

Indonesia

54 Personel Polisi di Jawa Tengah Terlibat Kasus Pungli

"Kasusnya sedang ditangani Propam Polda," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova

Ahad, 18/12/2016 15:44 0

Turki

14 Tentara Turki Tewas dalam Serangan Bom Mobil di Kayseri

Pihak berwenang Turki menyatakan bahwa kelompok Partai Pekerja Turkistan (PKK) bertanggung jawab atas ledakan tersebut

Ahad, 18/12/2016 15:19 0

Irak

Operasi Militer Rebut Mosul dari ISIS Paksa 100 Ribu Warga Sipil Mengungsi

Misi PBB untuk Irak UNAMI menyebutkan bahwa operasi itu telah menyebabkan seratus ribu orang mengungsi

Ahad, 18/12/2016 14:32 0

Pakistan

Pejuang Kashmir Tewaskan Tiga Tentara India

Serangan serupa di lokasi yang sama telah terjadi tahun ini, tepatnya di bulan Juni. Saat itu sebanyak delapan orang polisi tewas akibat serangan yang dilakukan oleh pejuang Kashmir

Ahad, 18/12/2016 13:40 0

Indonesia

Muncul Gerakan Pendirian Usaha Pascaaksi 212, Ini Tanggapan Resmi GNPF-MUI

"Terkait hadirnya berbagai gerakan yang melakukan inisiatif untuk pendirian berbagai usaha, sejauh ini GNPF-MUI tidak memiliki keterkaitan secara struktural,"

Ahad, 18/12/2016 11:29 1

Close