... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DK PBB Voting Soal Aleppo, Rusia Ancang-ancang Gunakan Hak Veto

Foto: Rapat DK PBB/Ilustrasi

KIBLAT.NET, New York – Dewan Keamanan PBB, Ahad (18/12), menggelar voting rancangan resolusi yang diajukan Perancis untuk Aleppo, yang mengusulkan pengiriman pengawas internasional untuk mengawal evakuasi sipil dari Aleppo Timur. Beberapa jam sebelum voting, Rusia menyatakan akan mem-veto usulan Perancis itu.

Voting ini mulai digelar pukul 11.00 waktu New York, Amerika Serikat. Sementara itu, sumber diplomat yang dilansir Al-Jazeera mengatakan bahwa pertemuan khusus anggoa Dewan Keamanan PBB (DK PBB) digelar pada Ahad malam.

Rancangan resolusi usulan Perancis itu berisi aturan yang mengharuskan evakuasi sipil berdasarkan undang-undang kemanusiaan internasional dan prinsip-prinsipnya. Warga yang dievakuasi harus dijamin keselamatannya dalam perjalanan dari wilayah terkepung dengan diawasi dan dikoordinasi oleh PBB dan mitra-mitranya.

Seluruh pihak diminta membolehkan segera bantuan kemanusiaan masuk ke wilayah yang terkepung sengera mungkin, tanpa syarat dan dijamin keamanannya.

Rancangan resolusi yang sudah dibagikan pada anggota sejak Jumat itu juga meminta Sekjen PBB segera mengirim petugas kemanusiaan PBB asli warga Suriah ke Aleppo. Hal itu untuk mengawasi proses evakuasi.

Dokter dan petugas medis serta rumah sakit harus dilindungi sebelum mereka dievakuasi. Para petugas medis itu harus dijamin keselamatannya saat meninggalkan Aleppo.

Di sisi lain, Rusia menyatakan akan menggunakan hak veto untuk membatalkan usulan Perancis itu. Moskow menganggap usulan itu “bencana”.

“Tidak mungkin kami melakukan voting terhadap usulan itu, karena itu bencana,” kata Dubes Rusia di PBB, Vitaly Churkin.

BACA JUGA  Eks Tahanan Ungkap Kejamnya Penyiksaan dalam Penjara Rezim Assad

Perlu dicatat, sampai saat ini PBB tidak berbuat banyak untuk menjamin keselamatan warga di Suriah, khususnya di Aleppo. Gencatan senjata yang akhirnya menyepakati warga di Aleppo Timur dibolehkan keluar dengan aman difasilitasi oleh Turki. Tidak ada campur tangan dari Internasional.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera, An-Nahar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

GAMAN Ingatkan Warga Muslim Lamongan Soal Atribut Natal

Bendahara Gerakan Amar Ma'ruf Nahi Mungkar (GAMAN), Rosyidin Musthofa mengatakan bahwa untuk menyambut hari Natal yang akan datang, pihaknya akan menyurati aparat setempat agar tidak ada paksaan kepada karyawan muslim untuk menggunakan atribut Natal.

Senin, 19/12/2016 10:21 0

Rohah

Kala Sepotong Kayu Berubah Menjadi Sebilah Pedang

Maka, Rasulullah pun mengambil sepotong kayu dan bersabda, “Ambillah ini,” lalu shahabat tersebut menggoyang-goyangkannya dan berubahlah sepotong kayu itu menjadi sebilah pedang dengan izin Allah Ta’ala.

Senin, 19/12/2016 09:58 0

Video Kajian

Memilih Pemimpin Kafir dalam Kajian Kristologi [Dr. Sanihu Munir] Bag 1

Negara ini saat ini sedang digonjang-ganjing dengan pelecehan hingga perang tafsir surat Al Maidah ayat 51. Buntutnya panjang, hingga menimbulkan reaksi protes oleh kaum muslimin Indonesia, mereka menuntut agar penista agama segera diproses secara hukum. Namun banyak juga yang kontra dan membela penista agama tersebut. Lantas, sebenarnya apakah hukumnya memilih pemimpin kafir ? Dan bagaimanakah kajian kristologi membahas soal tersebut ?

Senin, 19/12/2016 08:30 0

Indonesia

Di Area CFD, SO Ajak Warga Pacitan Peduli Aleppo

Lembaga kemanusiaan Syam Organizer (SO) mengajak warga di kabupaten Pacitan peduli dengan bencana kemanusiaan yang disebabkan rezim Assad, Iran dan Rusia di Aleppo, Suriah

Senin, 19/12/2016 08:02 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beruntunglah Bagi Wajah-Wajah yang Tak Dikenal

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, bertakwa dan tidak menonjolkan diri. Jika mereka tidak hadir, tidak ada yang mencari. Apabila mereka hadir, tidak ada yang mengenali. Hati mereka adalah lentera-lentera petunjuk yang keluar dari setiap kegelapan.” (Hadits hasan. HR Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

Ahad, 18/12/2016 19:52 0

Tazkiyah

Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim, “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara manis kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.).

Ahad, 18/12/2016 17:36 0

Indonesia

54 Personel Polisi di Jawa Tengah Terlibat Kasus Pungli

"Kasusnya sedang ditangani Propam Polda," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova

Ahad, 18/12/2016 15:44 0

Indonesia

Muncul Gerakan Pendirian Usaha Pascaaksi 212, Ini Tanggapan Resmi GNPF-MUI

"Terkait hadirnya berbagai gerakan yang melakukan inisiatif untuk pendirian berbagai usaha, sejauh ini GNPF-MUI tidak memiliki keterkaitan secara struktural,"

Ahad, 18/12/2016 11:29 1

Manhaj

Jihad Media untuk Warga Aleppo

“Jihad dengan lisan adalah menampilkan aksi jihad dengan gambaran yang menarik dan membendung serangan media yang dikampanyekan terhadap jihad Afghan. Juga bisa dengan berdiri melawan pencitraan buruk terhadap jihad atau merusak kepribadiannya atau membunuh karakter para pemimpinnya. Juga dengan membantah para pengembos, penyeleweng, penyinyir serta mereka yang menyebarkan berita bohong."

Ahad, 18/12/2016 11:05 0

Indonesia

Sikapi Kunjungan Pejabat RI ke Iran, ANNAS Ajukan Audiensi dengan MPR

Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) mengajukan permohonan audiensi kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyikapi lawatan para pemimpin Indonesia ke Iran.

Sabtu, 17/12/2016 18:06 0

Close