... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bus-bus Evakuasi Pengikut Syiah Dibakar, Begini Komentar Oposisi

KIBLAT.NET, Aleppo – Setidaknya lima bus yang dikirim menuju kota Al-Fu’ah dan Kufreya di wilayah Idlib, Ahad (18/12), dibakar oleh orang tak dikenal. Bus-bus itu akan mengevakuasi ratusan orang di dua desa Syiah tersebut menuju wilayah kontrol rezim Assad.

Seperti diketahui, rezim Assad dan pendukungnya milisi Iran meminta barter dalam proses evakuasi warga dari Aleppo Timur. Teman-teman mereka di dua kota yang terkepung tersebut diminta dibukakan jalan untuk dievakuasi.

Baca juga: Bolehkan Warga Aleppo Dievakuasi, Ternyata Milisi Syiah Minta Barter

Faksi-faksi di Aleppo, dalam pernyataan bersama, menegaskan bahwa pembakaran bus-bus tersebut merupakan tindakan tidak bertanggung jawab. Mereka mengungkapkan bahwa hal itu mencederai revolusi Suriah dan mengabaikan keselamatan warga Aleppo Timur yang masih terkepung.

Pernyataan itu memperingatkan bahwa upaya mengagalkan proses evakuasi terakhir oleh kedua pihak (oposisi dan rezim) akan mengancam keselamatan 50 ribu sipil yang masih terperangkap di Aleppo Timur.

Qadhi aliansi Jaisyul Fath, Syaikh Abdullah Al-Muhaisini juga mengungkapkan hal senada. Menurutnya, pembakaran bus-bus evakuasi pengikut rezim di Idlib hanya mengakibatkan bahaya bagi warga Aleppo.

Sampai saat berita ini dibuat, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas sabotase kesepakatan tersebut. Sementara itu, Rezim Bashar Assad lebih dulu menuduh pejuang melakukan pembakaran itu.

Di sisi lain, komandan pejuang sekaligus pendiri Ahrar Al-Syam, Khalid Abu Anas, menegaskan bahwa sel-sel ISIS dan agen rezim Assad di balik pembakaran bus-bus tersebut. Dalam pandangannya, hal tersebut dilakukan untuk mencederai puluhan warga yang masih di Aleppo Timur.

BACA JUGA  Eks Tahanan Ungkap Kejamnya Penyiksaan dalam Penjara Rezim Assad

Sementara itu, sebagian di lapangan mengatakan bahwa pelaku pembakaran merupakan perorangan dari kalangan warga sipil. Ini bagian dari kemarahan mereka yang sudah memuncak atas pembantaian rezim Assad dan pendukungnya di Aleppo Timur.

Baca juga: Ditembaki Milisi Syiah, Proses Evakuasi Warga Aleppo Kembali Gagal

Dalam kesepakatan yang ditandangani oposisi dan rezim, sebanyak 1200 pengikut Syiah di kota Al-Fu’ah dan Kufreya dibolehkan dievakuasi dengan imbalan separuh warga yang terkepung di Aleppo Timur, dalam sesi pertama.

Sesi kedua, rezim meminta barter separuh dari warga Aleppo Timur yang tersisa dengan 1200 pengikut Syiah. Sementara sesi terakhir, rezim meminta ratusan pengikut mereka dengan ratusan warga Aleppo sisanya.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Arabi21


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Memilih Pemimpin Kafir dalam Kajian Kristologi [Dr. Sanihu Munir] Bag 1

Negara ini saat ini sedang digonjang-ganjing dengan pelecehan hingga perang tafsir surat Al Maidah ayat 51. Buntutnya panjang, hingga menimbulkan reaksi protes oleh kaum muslimin Indonesia, mereka menuntut agar penista agama segera diproses secara hukum. Namun banyak juga yang kontra dan membela penista agama tersebut. Lantas, sebenarnya apakah hukumnya memilih pemimpin kafir ? Dan bagaimanakah kajian kristologi membahas soal tersebut ?

Senin, 19/12/2016 08:30 0

Indonesia

Di Area CFD, SO Ajak Warga Pacitan Peduli Aleppo

Lembaga kemanusiaan Syam Organizer (SO) mengajak warga di kabupaten Pacitan peduli dengan bencana kemanusiaan yang disebabkan rezim Assad, Iran dan Rusia di Aleppo, Suriah

Senin, 19/12/2016 08:02 0

Tarbiyah Jihadiyah

Beruntunglah Bagi Wajah-Wajah yang Tak Dikenal

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik, bertakwa dan tidak menonjolkan diri. Jika mereka tidak hadir, tidak ada yang mencari. Apabila mereka hadir, tidak ada yang mengenali. Hati mereka adalah lentera-lentera petunjuk yang keluar dari setiap kegelapan.” (Hadits hasan. HR Al-Mundziri dalam Kitab At-Targhib wa At-Tarhib)

Ahad, 18/12/2016 19:52 0

Tazkiyah

Jangan Remehkan Kebaikan Sekecil Apapun!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata pada Jabir bin Sulaim, “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara manis kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.).

Ahad, 18/12/2016 17:36 0

Indonesia

54 Personel Polisi di Jawa Tengah Terlibat Kasus Pungli

"Kasusnya sedang ditangani Propam Polda," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova

Ahad, 18/12/2016 15:44 0

Indonesia

Muncul Gerakan Pendirian Usaha Pascaaksi 212, Ini Tanggapan Resmi GNPF-MUI

"Terkait hadirnya berbagai gerakan yang melakukan inisiatif untuk pendirian berbagai usaha, sejauh ini GNPF-MUI tidak memiliki keterkaitan secara struktural,"

Ahad, 18/12/2016 11:29 1

Manhaj

Jihad Media untuk Warga Aleppo

“Jihad dengan lisan adalah menampilkan aksi jihad dengan gambaran yang menarik dan membendung serangan media yang dikampanyekan terhadap jihad Afghan. Juga bisa dengan berdiri melawan pencitraan buruk terhadap jihad atau merusak kepribadiannya atau membunuh karakter para pemimpinnya. Juga dengan membantah para pengembos, penyeleweng, penyinyir serta mereka yang menyebarkan berita bohong."

Ahad, 18/12/2016 11:05 0

Indonesia

Sikapi Kunjungan Pejabat RI ke Iran, ANNAS Ajukan Audiensi dengan MPR

Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) mengajukan permohonan audiensi kepada Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyikapi lawatan para pemimpin Indonesia ke Iran.

Sabtu, 17/12/2016 18:06 0

Info Event

Hadir dan Ikuti! Tabligh Akbar “Membantu Negeri Syam di Musim Dingin”

Aleppo kembali membara, duka lara terus menerpa. Ditambah dengan musim dingin, sungguh derita mereka kian tak terkira.

Sabtu, 17/12/2016 12:41 0

Indonesia

Tragedi Aleppo dan Rohingya, KH. Imtihan Asy-Syafi’i Ajak Berdoa Qunut Nazilah

Mengingat tragedi yang menimpa umat Islam di Aleppo maupun di Rohingya, Pimpinan Ma'had Aly An-Nur Sukoharjo, KH. Imtihan Asy-Syafi'i mengajak seluruh kaum muslimin untuk membantu mereka.

Sabtu, 17/12/2016 12:30 0

Close