... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sosialisasi Fatwa Atribut Non-Muslim, 7 Karyawan Muslim Serahkan Topi Sinterklas ke GNPF-MUI

Foto: Tim GNPF MUI Melakukan Sosialisasi Fatwa MUI Nomor 56 Tahun 2016 yang Mnegharamkan Atribut non-muslim

KIBLAT.NET, Bogor – Tim Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Bogor Raya melakukan sosialisasi fatwa MUI Pusat perihal haramnya memakai atribut non muslim. Hasilnya, sebanyak tujuh orang karyawan muslim menyerahkan topi khas Sinterklas atau Santa Claus yang dikenakan saat bekerja.

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI Bogor Raya segera melakukan sosialisasi fatwa MUI Nomor 56 tahun 2016 tentang Tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non-Muslim. Pusat perbelanjaan di kawasan Jalan Pajajaran Kota Bogor menjadi tujuan pertama yang didatangi tim GNPF-MUI pada Kamis (15/12).

Menurut anggota Tim GNPF-MUI Bogor Raya, Ustadz Wilyudin Dani lokasi tersebut dipilih bukan tanpa alasan. Tindakan sosialisasi bermula dari adanya laporan warga masyarakat tentang adanya karyawan muslim yang memakai topi Santa Claus yang menjadi simbol perayaan Natal.

“Setelah mendapatkan informasi kami mendatangi supermarket yang ada, dan kita mendapati benar bahwa diantara karyawan-karyawan yang muslim memakai atribut siterklas yang merah itu,” kata Ustaz Dani saat dihubungi Kiblat.net, Kamis (15/12).

“Karena itu kami melakukan pendekatan dengan manajemen yang mewakili supermarket yang ada, untuk tidak memaksa karyawan muslim menggunakan atribut atau simbol-simbol agama di luar Islam menjelang perayaan hari Natal,” lanjutnya.

Ustaz Dani yang juga menjabat sebagai pimpinan MUI Kota Bogor menerangkan bahwa aksi sosialisasi tersebut sama sekali tak mendapatkan penolakan. Sebaliknya, pihak manajemen pusat perbelanjaan yang ditemui menerima kedatangan mereka dengan baik. Sementara para karyawan muslim yang kedapatan memakai atribut tersebut mengaku berterima kasih.

BACA JUGA  Soal Perpanjangan SKT FPI, Kemendagri: Visi Penerapan Syariat Islam Perlu Diperjelas

“Karyawan juga berterima kasih karena adanya support, bantuan dan mediasi dari MUI dan GNPF MUI Kota Bogor, dan dengan rela menyerahkan topi simbol sinterklas itu,” ujarnya.

“Tujuh orang yang memakai topi sinterklas tadi kemudian menyerahkan kepada kita,” pungkasnya.

MUI Pusat telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan bahwa menggunakan atribut keagamaan non-muslim adalah haram. Fatwa yang diterbitkan pada tanggal 14 Desember 2016 di Jakarta itu juga menetapkan bahwa mengajak dan/atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non-muslim adalah haram.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rilis Syamina

Download Laporan Syamina: Khalifah Ali Bin Abi Thalib [Masa Stagnan Foreign Policy]

Dalam kondisi yang begitu sulit pasca terbunuhnya khalifah ketiga Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dengan berat hati menerima jabatan khalifah yang dipercayakan kepadanya. Meski tatkala itu, tidak semua wilayah Islam ikut berbaiat mendukungnya.

Jum'at, 16/12/2016 12:30 1

Afrika

Bantu Warga Aleppo, Hacker Tunisia Retas Puluhan Website Rusia

Masyarakat internasional melakukan berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menolong warga Aleppo. Salah satunya dengan meretas website milik negara pendukung rezim Assad, Rusia.

Jum'at, 16/12/2016 10:40 0

Yaman

AQAP Berlepas Diri dari Serangan Bom di Kamp Militer Yaman

Organisasi Al-Qaidah Yaman (AQAP) menegaskan tidak terlibat sama sekali dalam serangan bom di kamp perekrutan pasukan pemerintah di Provinsi Aden, Sabtu lalu (10/12).

Jum'at, 16/12/2016 10:10 0

Opini

Ahok, Media dan Kelas Menengah

Pemilihan Gubernur DKI tinggal menunggu hitungan bulan. Dua pasangan calon gubernur, Anies Baswedan - Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni akan menantang gubernur petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Jum'at, 16/12/2016 09:40 0

Suriah

Dua Ribu Warga Berhasil Dievakuasi dari Aleppo Timur

Setelah sempat terhenti akibat ulah milisi Syiah, proses evakuasi warga Aleppo pada Kamis (15/12) kembali dilanjutkan

Jum'at, 16/12/2016 08:57 0

Artikel

11 Fakta di Balik Musibah di Aleppo Timur

Aksi heroik perlawanan rakyat dan pejuang oposisi di Aleppo timur yang terkepung, sebagian besar adalah penduduk lokal Suriah, bukan pejuang asing sebagaimana yang kerap digambarkan oleh media Barat.

Jum'at, 16/12/2016 08:19 0

Suriah

Menhan Turki: Tragedi Aleppo Menyakiti Hati Kita Semua

"Peristiwa baru-baru di Aleppo menyakiti hati kita semua dari segi kemanusiaan,"

Kamis, 15/12/2016 20:28 0

Manhaj

Spirit 212, Karena Orang Kafir Tak Mungkin Tegakkan Syariat Allah

Semangat penegakkan Al-Maidah 51 memang berisi larangan mengangkat orang kafir sebagai pemimpin. Namun pelarangan itu karena sebuah alasan yang disebutkan di ayat sebelumnya, yaitu perintah untuk menjadikan hukum Allah sebagai aturan hidup manusia yang tidak mungkin dilakukan oleh orang kafir

Kamis, 15/12/2016 20:00 0

Suriah

Ribuan Warga Kuwait Demo Desak Pemerintah Usir Dubes Rusia

Kuwait Sekitar dua ribu lebih warga Kuwait, Rabu (14/12), menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Rusia memprotes gempuran rezim Assad yang didukung Rusia terhadap warga di Aleppo.

Kamis, 15/12/2016 19:30 0

Rohah

Jangan Remehkan Rakyat Kecil!

“Ketika mendapatkan musibah, terkadang orang kecil lebih banyak mendatangkan manfaat daripada orang berpangkat.”_ Hamid bin Al-Abbas rahimahullah.

Kamis, 15/12/2016 17:28 0

Close