... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rombongan Evakuasi Gelombang Ketiga Tiba di Aleppo Barat

Foto: Bis dan Ambulan yang mengevakuasi warga dari Aleppo Timur

KIBLAT.NET, Aleppo – Gelombang ketiga proses evakuasi warga sipil dan pejuang dari Aleppo Timur telah tiba di Aleppo Barat pada Jumat dini hari (16/12). Sebelumnya, sebanyak dua ribu lebih warga Aleppo Timur dipindahkan ke wilayah oposisi lainnya melalui dua gelombang.

Sumber di lapangan, seperti dilansir masralarabia.com, Jumat, menyebutkan jumlah warga yang dievakuasi pada gelombang ketiga ini sebanyak 2100 orang. Konvoi kendaraan yang mengangkut mereka melintasi daerah Ramusah-Rasyidin-Uqdah Raqqah hingga menembus wilayah Aleppo Barat yang dikontrol pejuang.

Beberapa saat sebelumnya, Komite Palang Merah Internasional mengonfirmasi sekitar tiga ribu lebih warga sipil dievakuasi dari Aleppo Timur sepanjang Kamis (15/12) melalui dua gelombang proses pemindahan. Mereka terdiri dari anak-anak, wanita, warga cacat, terluka dan sakit serta sejumlah pejuang.

Direktur Palang Merah Wilayah Timur Tengah, Robert Mardini, mengungkapkan bahwa pihaknya mengerahkan 14 petugas dan lebih dari 100 suka relawan dalam proses pemindahan warga Aleppo Timur ini. Membutuhkan perjuangan keras untuk bisa menembus wilayah yang terkepung itu.

Mardini menuturkan, rombongan yang terdiri dari belasan bis dan mobil ambulan ini harus berjalan pelan karena banyak penghalang di jalan. Mobil-mobil hangus, reruntuhan dan benda-benda lainnya menghadang jalan. Para petugas pun harus bekerja keras menyingkirkan penghalang-penghalang itu.

Di lain itu, kekhawatiran menghantui para rombongan. Soalnya tidak dapat diprediksi yang terjadi beberapa menit ke depan di daerah tersebut. Buyarnya gencatan senjata sebelumnya juga membuat para petugas was-was.

BACA JUGA  Bom Lukai Tiga Polisi Militer Rusia Saat Patroli di Kobani, Suriah

Mardini mengungkapkan, sebagaimana laporan yang dia dapat dari petugas di lapangan, kondisi warga Aleppo Timur sangat memilukan. Banyak dari mereka yang terluka dan wajah letih nampak jelas pada diri mereka.

Dia menegaskan, sampai saat ini mayoritas orang-orang di Aleppo Timur yang berhasil dievakuasi warga sipil. Para petugas memprioritaskan korban luka berat karena kekhawatiran kondisi mereka.

Reporter: Sulhi El-izzi
Sumber: masralarabia.com

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Sosialisasi Fatwa Atribut Non-Muslim, 7 Karyawan Muslim Serahkan Topi Sinterklas ke GNPF-MUI

"Karena itu kami melakukan pendekatan dengan manajemen yang mewakili supermarket yang ada, untuk tidak memaksa karyawan muslim menggunakan atribut atau simbol-simbol agama di luar Islam menjelang perayaan hari Natal,"

Jum'at, 16/12/2016 13:40 0

Indonesia

GNPF MUI Bogor Ingatkan Bos dan Pegawai soal Pemakaian Atribut Natal

Sejumlah aktivis dari Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI mendatangi salah satu pusat perbelanjaan di Kota Bogor, Kamis (15/12). Hal itu dilakukan dalam rangka sosialisasi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No. 56 tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non Muslim.

Jum'at, 16/12/2016 13:05 0

Rilis Syamina

Download Laporan Syamina: Khalifah Ali Bin Abi Thalib [Masa Stagnan Foreign Policy]

Dalam kondisi yang begitu sulit pasca terbunuhnya khalifah ketiga Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dengan berat hati menerima jabatan khalifah yang dipercayakan kepadanya. Meski tatkala itu, tidak semua wilayah Islam ikut berbaiat mendukungnya.

Jum'at, 16/12/2016 12:30 1

Opini

Ahok, Media dan Kelas Menengah

Pemilihan Gubernur DKI tinggal menunggu hitungan bulan. Dua pasangan calon gubernur, Anies Baswedan - Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni akan menantang gubernur petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Jum'at, 16/12/2016 09:40 0

Artikel

11 Fakta di Balik Musibah di Aleppo Timur

Aksi heroik perlawanan rakyat dan pejuang oposisi di Aleppo timur yang terkepung, sebagian besar adalah penduduk lokal Suriah, bukan pejuang asing sebagaimana yang kerap digambarkan oleh media Barat.

Jum'at, 16/12/2016 08:19 0

Manhaj

Spirit 212, Karena Orang Kafir Tak Mungkin Tegakkan Syariat Allah

Semangat penegakkan Al-Maidah 51 memang berisi larangan mengangkat orang kafir sebagai pemimpin. Namun pelarangan itu karena sebuah alasan yang disebutkan di ayat sebelumnya, yaitu perintah untuk menjadikan hukum Allah sebagai aturan hidup manusia yang tidak mungkin dilakukan oleh orang kafir

Kamis, 15/12/2016 20:00 0

Indonesia

Tanpa Surat Resmi, Densus 88 Tangkap Sunarto Sepulang Shalat Ashar Di Masjid

Dalam proses penegakan hukum, lanjut sekretaris ISAC, polisi harusnya menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). Karenanya, ia meminta agar kepolisian segera mengeluarkan surat penangkapan resmi terkait penangkapan Sunarto

Kamis, 15/12/2016 19:15 0

Indonesia

Seminar Internasional Rohingya Desak Pemerintah Indonesia Buka Jalur Bantuan Resmi

"Ini sebagai wujud peduli kita terhadap Muslim Rohingya"

Kamis, 15/12/2016 18:27 0

Rohah

Jangan Remehkan Rakyat Kecil!

“Ketika mendapatkan musibah, terkadang orang kecil lebih banyak mendatangkan manfaat daripada orang berpangkat.”_ Hamid bin Al-Abbas rahimahullah.

Kamis, 15/12/2016 17:28 0

Indonesia

Aksi FPI Bekasi Sebagai Bentuk Menolong Akidah Saudara Seiman

Pihak dealer penjualan mobil di kawasan Jati Asih, Bekasi, akhirnya membuat surat pernyataan mencabut aturan yang memaksa karyawan Muslim memakai atribut Natal

Kamis, 15/12/2016 15:52 1

Close