... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Paksa Karyawan Muslim Pakai Atribut Natal Bagian dari Pelanggaran HAM

Foto: Karyawan SPBU mengenakan atribut Natal. Sumber: hizbut-tahrir.or.id

KIBLAT.NET, Bogor – Tindakan memaksa karyawan muslim menggunakan atribut Natal dinilai Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Bogor Raya sebagai pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Saat melakukan sosialisasi fatwa MUI Nomor 56 tahun 2016 tentang Tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Non-Muslim pada Kamis (15/12), tim GNPF-MUI Bogor Raya menemukan adanya sejumlah karyawan muslim yang memakai atribut Natal di pusat perbelanjaan di Kota Bogor. Setelah dilakukan komunikasi, pihak pengelola akhirnya memahami dan menyatakan tak akan lagi melakukan pemaksaan pemakaian atribut di luar Islam kepada karyawan muslim.

“Terbuka kemungkuinan karena selama ini mereka tidak paham,” kata pimpinan GNPF-MUI Bogor Raya Ustadz Wardhani saat dihubungi Kiblat.net, Kamis (15/12).

Menurut Ustadz Dani, memaksa karyawan muslim memakai atribut Natal merupakan bagian dari memaksakan ajaran agama di luar Islam kepada orang Islam. “Yang sebenarnya itu bagian dari pelanggran hak asasi manusia,” ujarnya.

Tak hanya itu, pemaksaan itu juga telah melanggar konstitusi negara. Pasalnya, kebebasan menjalankan ajaran agama telah diatur dalam Undang-undang Dasar 1945. Bagi orang muslim haram memakai atribut di luar Islam, seperti tercantum dalam fatwa MUI tersebut.

Ustadz Dani, yang juga pengurus MUI Kota Bogor, pun berharap pemerintah daerah segera mengeluarkan instruksi dan surat edaran kepada pengusaha yang malarang pemaksaan pemakaian atribut Natal. Pasalnya, memakai atribut di luar Islam bagi kaum muslimin adalah perbuatan yang mengarah pada pelanggaran akidah.

BACA JUGA  Meriahkan Hari Pahlawan, DSKS Adakan Parade Perjuangan

“Itu mencederai kebhinekaan dan itu toleransi yang menyimpang,” tandasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Soal Tragedi Aleppo, Mufti Assad Sebut Bukan “Pembantaian” tapi “Pembebasan”

Sebelumnya, Mufti rezim Suriah ini juga pernah mengeluarkan fatwa menyeramkan. Ia berulang kali memberikan pembenaran bagi Bashar Assad yang melakukan pembantaian terhaap warga Suriah di Aleppo. Bahkan, ia menyeru pemusnahan massal di wilayah itu.

Jum'at, 16/12/2016 14:47 0

Palestina

Pihak Keamanan Palestina Tangkap Sejumlah Milisi Syiah di Gaza

Perlu diketahui, Hisham Salem, komandan harakah ini juga mengaku senang atas kemenangan rezim Assad di Aleppo dan memberi pujian atas keberhasilan tersebut.

Jum'at, 16/12/2016 14:18 0

Suriah

Rombongan Evakuasi Gelombang Ketiga Tiba di Aleppo Barat

Gelombang ketiga proses evakuasi warga sipil dan pejuang dari Aleppo Timur telah tiba di Aleppo Barat pada Jumat dini hari (16/12).

Jum'at, 16/12/2016 13:44 0

Rilis Syamina

Download Laporan Syamina: Khalifah Ali Bin Abi Thalib [Masa Stagnan Foreign Policy]

Dalam kondisi yang begitu sulit pasca terbunuhnya khalifah ketiga Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dengan berat hati menerima jabatan khalifah yang dipercayakan kepadanya. Meski tatkala itu, tidak semua wilayah Islam ikut berbaiat mendukungnya.

Jum'at, 16/12/2016 12:30 1

Afrika

Bantu Warga Aleppo, Hacker Tunisia Retas Puluhan Website Rusia

Masyarakat internasional melakukan berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menolong warga Aleppo. Salah satunya dengan meretas website milik negara pendukung rezim Assad, Rusia.

Jum'at, 16/12/2016 10:40 0

Yaman

AQAP Berlepas Diri dari Serangan Bom di Kamp Militer Yaman

Organisasi Al-Qaidah Yaman (AQAP) menegaskan tidak terlibat sama sekali dalam serangan bom di kamp perekrutan pasukan pemerintah di Provinsi Aden, Sabtu lalu (10/12).

Jum'at, 16/12/2016 10:10 0

Opini

Ahok, Media dan Kelas Menengah

Pemilihan Gubernur DKI tinggal menunggu hitungan bulan. Dua pasangan calon gubernur, Anies Baswedan - Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni akan menantang gubernur petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Jum'at, 16/12/2016 09:40 0

Suriah

Dua Ribu Warga Berhasil Dievakuasi dari Aleppo Timur

Setelah sempat terhenti akibat ulah milisi Syiah, proses evakuasi warga Aleppo pada Kamis (15/12) kembali dilanjutkan

Jum'at, 16/12/2016 08:57 0

Artikel

11 Fakta di Balik Musibah di Aleppo Timur

Aksi heroik perlawanan rakyat dan pejuang oposisi di Aleppo timur yang terkepung, sebagian besar adalah penduduk lokal Suriah, bukan pejuang asing sebagaimana yang kerap digambarkan oleh media Barat.

Jum'at, 16/12/2016 08:19 0

Suriah

Menhan Turki: Tragedi Aleppo Menyakiti Hati Kita Semua

"Peristiwa baru-baru di Aleppo menyakiti hati kita semua dari segi kemanusiaan,"

Kamis, 15/12/2016 20:28 0

Close