... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Meramu Tuts Keyboard Menjadi Amunisi Dakwah dan Jihad

Foto: Jihad Pena

KIBLAT.NET – Dakwah merupakan sebuah tuntutan bagi setiap orang yang mengaku bahwa dirinya muslim. Tak mesti di depan ratusan atau ribuan pasang mata, ajakan kepada kebaikan meski untuk seorang pun terhitung dakwah. Sejak zaman Rasulullah hingga hari ini, tuntutan tersebut akan senantiasa melekat. Menyebar-luaskan ideologi, menyampaikan kebenaran, dan membantah segala bentuk kebathilan merupakan bagian dari makna dakwah itu sendiri. Seperti apapun media yang ditempuh untuk memperaktikkannya.

Di zaman Rasulullah, dakwah dilakukan pada setiap kesempatan. Yaitu dengan memanfaatkan momen-momen tertentu untuk menjelaskan tuntunan Islam. Berbagai momen dakwah yang dipakai di zaman itu adalah hasil pembacaan sebuah peluang, meskipun media yang digunakan terbatas. Adapun hari ini, media yang tersedia jauh lebih beragam dari selain media yang digunakan di zaman dahulu. Hari ini ada radio, televisi, surat kabar dan media online yang kian melengkapi keragaman tersebut.

Media dan Musuh Islam

Faktanya adalah, media-media yang ada justru lebih dulu digunakan oleh musuh-musuh Islamuntuk menebar kebenciannya terhadap Islam. Orang-orang Islam tertinggal beberapa langkah dalam hal tersebut. Media hari ini tidaklah menampilkan isu umat Islam kecuali dengan perspektif liberalisme, hedonisme, feminisme dan terorisme. Yaitu segala isme yang bisa dipastikan hanya berujung ke satu muara; Ghazwatul Fikri ­(Perang Pemikiran). Dan musuh-musuh Islam dengan Amerika sebagai dalang sekaligus nakhodanya, telah membuktikan bahwa setiap tahunnya mereka menyuplai secara khusus dana satu miliar dolar kepada media massa untuk sebuah propaganda. Tujuan mereka adalah agar opini publik mampu tergiring menuju stigmatisasi buruk terhadap Islam.

BACA JUGA  Wiranto yang Ditusuk, Umat Islam yang Kesakitan

Berikut contoh konkritnya:­­

No

Media berita

Judul Berita

1 Media Sekuler A Pemberontak Suriah
2 Media Sekuler B Teroris Suriah
3 Media Islam Pejuang Suriah

Padahal ketiga media tersebut mengambil peristiwa yang sama, yaitu: Revolusi Suriah.

Contoh lain yang pasti kita belum bisa melupakannya adalah pemberitaan mengenai Aksi Bela Al-Qur’an. Meskipun yang menjadi topik pemberitaan sama, namun ketidakadilan dalam mengemban amanah jurnalistik sangat nampak. Misalnya, Salah satu surat kabar menulis headline berita Aksi Bela Al-Qur’an dengan judul ‘Makar Terbukti Ada’, media lainnya tampil dengan judul ‘Demo 212 Tercoreng Rencana Makar’ serta ‘Skenario Kuasai MPR’ yang dibawakan oleh media yang serupa.

Media Bagi Dakwah

Pesan yang tertangkap dari media-media di atas adalah ketidakberimbangan dalam pemberitaan. Namun, dari pada kita terus mencela kegelapan, akan lebih bijak bila kita mau bangkit dari sofa, untuk kemudian menyalakan sebatang lilin agar menyinari. Dan itulah beda kita dengan mereka hari ini, kita sibuk berteori, sedangkan mereka terus bekerja.

Penggunaan berbagai sarana yang ada saat ini, harus mampu menjadikan media sebagai sarana penyebaran dakwah, terlebih media online. Hal ini demi efektifitas dakwah itu sendiri. Alhasil, dakwah tidak lagi terbatas hanya dilakukan oleh para da’i atau muballigh dengan berbicara di atas mimbar, namun lebih dari itu. Sehingga, siapa saja bisa mengambil peran dalam rangka mendukung agama Islam ini. Sekecil apapun perannya, meski hanya dengan menulis satu-dua kalimat di akun social media yang dimilikinya.

Baca halaman selanjutnya: Menulislah!...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Tercoret di Berbagai Tempat, Pesan Optimisme Warga Aleppo: Kami Akan Kembali

Serangan massif rezim Suriah dan sekutunya telah memaksa warga Aleppo meninggalkan kampung halamannya. Pun demikian, mereka tetap optimis akan kembali pulang. Hal itu ditunjukkan dari pesan-pesan yang tercoret di berbagai tempat, baik di mobil, dinding bangunan yang roboh, pintu maupun di kaca mobil.

Jum'at, 16/12/2016 17:40 0

Rusia

Tak Banyak Diungkap, Ini Peran Rusia dalam Kampanye Militer Assad di Aleppo

Jet-jet tempur Rusia memainkan peran sentral dalam kampanye serangan brutal di Aleppo timur, yang mengakibatkan ribuan korban sipil. Pasukan Moskow membantu serangan bom dari wilayah udara, sedangkan pasukan rezim Suriah memperketat pengepungan.

Jum'at, 16/12/2016 17:00 0

Arab Saudi

Meski Dianggap Mustahil, Saudi-Rusia Sepakati Perjanjian Pasokan Minyak

Perjanjian pasokan minyak mentah global telah ditandatangani untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir. Hal ini menggarisbawahi penguatan aliansi energi antara Arab Saudi dan Rusia, lapor Financial Times

Jum'at, 16/12/2016 16:13 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at : Sepotong Do’a Untuk Aleppo [Ust. Muhajirin Ibrahim, Lc.]

KIBLAT.NET – Aleppo kini membara lagi,  pembantaian dan pemboman semakin gencar dan tidak manusiawi. Sebagai...

Jum'at, 16/12/2016 15:48 0

Indonesia

Paksa Karyawan Muslim Pakai Atribut Natal Bagian dari Pelanggaran HAM

Pemaksaan itu juga telah melanggar konstitusi negara. Pasalnya, kebebasan menjalankan ajaran agama telah diatur dalam Undang-undang Dasar 1945. Bagi orang muslim haram memakai atribut di luar Islam, seperti tercantum dalam fatwa MUI tersebut.

Jum'at, 16/12/2016 15:46 0

Indonesia

Di Tengah Hujan Deras, Umat Islam Solo Gelar Aksi Solidaritas Aleppo

Tragedi di Aleppo Suriah menggerakkan umat Islam Solo untuk turun ke jalan menggelar aksi solidaritas kemanusiaan. Ratusan massa terlihat memenuhi sebagian area bundaran Gladak dan Jalan Slamet Riyadi.

Jum'at, 16/12/2016 15:14 0

Suriah

Soal Tragedi Aleppo, Mufti Assad Sebut Bukan “Pembantaian” tapi “Pembebasan”

Sebelumnya, Mufti rezim Suriah ini juga pernah mengeluarkan fatwa menyeramkan. Ia berulang kali memberikan pembenaran bagi Bashar Assad yang melakukan pembantaian terhaap warga Suriah di Aleppo. Bahkan, ia menyeru pemusnahan massal di wilayah itu.

Jum'at, 16/12/2016 14:47 0

Palestina

Pihak Keamanan Palestina Tangkap Sejumlah Milisi Syiah di Gaza

Perlu diketahui, Hisham Salem, komandan harakah ini juga mengaku senang atas kemenangan rezim Assad di Aleppo dan memberi pujian atas keberhasilan tersebut.

Jum'at, 16/12/2016 14:18 0

Suriah

Rombongan Evakuasi Gelombang Ketiga Tiba di Aleppo Barat

Gelombang ketiga proses evakuasi warga sipil dan pejuang dari Aleppo Timur telah tiba di Aleppo Barat pada Jumat dini hari (16/12).

Jum'at, 16/12/2016 13:44 0

Indonesia

Sosialisasi Fatwa Atribut Non-Muslim, 7 Karyawan Muslim Serahkan Topi Sinterklas ke GNPF-MUI

"Karena itu kami melakukan pendekatan dengan manajemen yang mewakili supermarket yang ada, untuk tidak memaksa karyawan muslim menggunakan atribut atau simbol-simbol agama di luar Islam menjelang perayaan hari Natal,"

Jum'at, 16/12/2016 13:40 0

Close