... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dua Ribu Warga Berhasil Dievakuasi dari Aleppo Timur

Foto: Bus-bus yang digunakan mengevakuasi warga sipil dari Aleppo Timur

KIBLAT.NET, Aleppo — Setelah sempat terhenti akibat ulah milisi Syiah, proses evakuasi warga Aleppo pada Kamis (15/12) kembali dilanjutkan. Diperkirakan sebanyak 2000 warga di Aleppo Timur sudah dipindahkan ke wilayah oposisi di Aleppo Barat.

Kantor berita Al-Jazeera melaporkan, gelombang pertama berhasil mengeluarkan sekitar 1200 warga sipil, yang terdiri dari anak-anak, wanita, lansia dan korban luka, dari wilayah Aleppo Timur yang terkepung. Mereka dipindahkan melalui jalur kemanusiaan menuju wilayah oposisi lainnya di Aleppo.

Tepatnya pada Kamis siang, bus-bus dan ambulan kembali ke Aleppo Timur untuk mengevakuasi tahap kedua. Diperkirakan sebanyak 800 warga dievakuasi dalam gelombang kedua ini.

Jumlah kendaraan yang digunakan dalam evakuasi tahap dua ini lebih sedikit dari sebelumnya. Menurut laporan wartawan Al-Jazeera, evakuasi lanjutan ini melibatkan 15 bus dan delapan ambulan untuk mengangkut warga yang terluka dan sakit.

Saat berita ini dibuat, armada evakuasi kembali bertolak menjemput warga di Aleppo Timur lainnya dalam gelombang evakuasi ketiga. Namun belum diketahui apakah evakuasi gelombang ketiga ini berangkat dari Aleppo Timur malam ini juga atau menunggu pagi.

Sebelumnya ditargetkan, antara 3000 hingga 4000 warga sudah dievakuasi dari Aleppo Timur sepanjang Kamis.

Prioritas evakuasi, sebagaimana kesepakatan antara rezim dan oposisi, korban luka dan sakit serta anak-anak yatim.

Proses pemindahan ini sempat terhambat akibat ulah milisi Syiah. Ketika rombongan yang mengangkut korban luka bergerak keluar Aleppo, milisi Syiah menembaki. Dilaporkan, seorang petugas tewas dan sejumlah lainnya akibat pelanggaran gencatan itu.

Dengan demikian, diperkirakan masih terdapat puluhan ribu warga dan pejuang di Aleppo Timur. Menurut informasi, sebagian pejuang memilih bertahan dan melakukan perlawanan sampai titik darah terakhir.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

11 Fakta di Balik Musibah di Aleppo Timur

Aksi heroik perlawanan rakyat dan pejuang oposisi di Aleppo timur yang terkepung, sebagian besar adalah penduduk lokal Suriah, bukan pejuang asing sebagaimana yang kerap digambarkan oleh media Barat.

Jum'at, 16/12/2016 08:19 0

Manhaj

Spirit 212, Karena Orang Kafir Tak Mungkin Tegakkan Syariat Allah

Semangat penegakkan Al-Maidah 51 memang berisi larangan mengangkat orang kafir sebagai pemimpin. Namun pelarangan itu karena sebuah alasan yang disebutkan di ayat sebelumnya, yaitu perintah untuk menjadikan hukum Allah sebagai aturan hidup manusia yang tidak mungkin dilakukan oleh orang kafir

Kamis, 15/12/2016 20:00 0

Indonesia

Tanpa Surat Resmi, Densus 88 Tangkap Sunarto Sepulang Shalat Ashar Di Masjid

Dalam proses penegakan hukum, lanjut sekretaris ISAC, polisi harusnya menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). Karenanya, ia meminta agar kepolisian segera mengeluarkan surat penangkapan resmi terkait penangkapan Sunarto

Kamis, 15/12/2016 19:15 0

Indonesia

Seminar Internasional Rohingya Desak Pemerintah Indonesia Buka Jalur Bantuan Resmi

"Ini sebagai wujud peduli kita terhadap Muslim Rohingya"

Kamis, 15/12/2016 18:27 0

Rohah

Jangan Remehkan Rakyat Kecil!

“Ketika mendapatkan musibah, terkadang orang kecil lebih banyak mendatangkan manfaat daripada orang berpangkat.”_ Hamid bin Al-Abbas rahimahullah.

Kamis, 15/12/2016 17:28 0

Indonesia

Aksi FPI Bekasi Sebagai Bentuk Menolong Akidah Saudara Seiman

Pihak dealer penjualan mobil di kawasan Jati Asih, Bekasi, akhirnya membuat surat pernyataan mencabut aturan yang memaksa karyawan Muslim memakai atribut Natal

Kamis, 15/12/2016 15:52 1

Indonesia

FPI Bekasi Sambangi Dealer Mobil yang Paksa Karyawan Pakai Atribut Natal

Front Pembela Islam (FPI) Bekasi, Rabu (12/12), menyambangi dealer mobil di kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, yang sebelumnya dikabarkan memaksa karyawan muslim memakai atribut Natal.

Kamis, 15/12/2016 14:03 0

Konsultasi

Bolehkah Qunut Aleppo Tanpa Sholat Berjamaah?

Yang mau saya tanyakan, bagaimana kami ibu-ibu yang sholat di rumah, bolehkah kami qunut nazilah sendirian di rumah?

Kamis, 15/12/2016 12:40 0

Video Dokumenter

Film Dokumenter Aksi Bela Islam 212

Aksi Bela Islam dengan sederet jilidnya adalah saringan siapa yang setia dan siapa yang ingkar terhadap janji. Dalam aksi ketiga, umat Islam tetap setia dengan janji yang disepakati, meski janji pembukaan blokade diciderai. Selanjutnya, kita tidak bisa menebak, apakah janji penegak hukum untuk menindak Ahok akan dipenuhi, atau sama seperti janji-janji sebelumnya.

Kamis, 15/12/2016 12:38 0

Indonesia

ASEAN Diimbau Bentuk TPF Pembantaian Muslim Rohingya

Ahli Hukum Internasional, Prof. Hikmahanto Juana, menegaskan bahwa genosida yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya tidak bisa dibenarkan.

Kamis, 15/12/2016 11:29 0

Close