... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Tengah Hujan Deras, Umat Islam Solo Gelar Aksi Solidaritas Aleppo

Foto: Di Tengah Hujan Deras, Umat Islam Solo Gelar Aksi Solidaritas Aleppo

KIBLAT.NET, Solo – Tragedi di Aleppo Suriah menggerakkan umat Islam Solo untuk turun ke jalan menggelar aksi solidaritas kemanusiaan. Ratusan massa terlihat memenuhi sebagian area bundaran Gladak dan Jalan Slamet Riyadi.

“Kepedulian terhadap penduduk Aleppo adalah iman kita. Siap membantu penduduk Aleppo?” ujar seorang orator, ustadz Mas’ud Izzul Mujahid yang disambut teriakan “siap” dari para peserta aksi.

Untuk menunjukkan fakta sebenarnya di Aleppo kepada masyarakat, peserta aksi membawa poster-poster korban warga sipil yang dibombardir oleh Rezim Suriah dan sekutunya. Terlihat foto orang dewasa hingga anak-anak kecil yang tewas mengenaskan karena bom, selain bangunan-bangunan yang juga hancur.

“Harta dan doamu akan memberikan ketenangan bagi mereka yang di Suriah,” ujar orator lainnya, ustadz Edi Lukito di hadapan peserta aksi sembari menegaskan bahwa aksi solidaritas tidak berhenti pada hari ini saja.

Aksi ini juga dibarengi penggalangan dana untuk Aleppo. Kotak-kotak donasi disebarkan oleh panitia di sekitar lokasi. Masyarakat pun terlihat ikut berkontribusi menyisihkan dana mereka.

Hingga akhirnya, hujan rintik-rintik yang sejak tadi menemani peserta aksi, berubah menjadi deras. Namun, mereka tetap teguh berdiri di tempat masing-masing.

Dari sini lah, massa aksi mengajukan pernyataan sikap atas tragedi yang menimpa penduduk Aleppo. “Kami berharap kepada lembaga seperti PBB untuk bisa pro aktif dan memaksimalkan perannya dalam perdamaian di Suriah,” kata ustadz Sya’rowi membacakan tuntutan.

BACA JUGA  Aa Gym: Akhlak Masih Jadi Persoalan Bangsa

Selain itu, massa meminta pemerintah Indonesia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan pihak-pihak yang berpartisipasi dalam pembantaian warga sipil di Aleppo, seperti Iran dan Rusia.

“Kemudian mendukung lembaga sosial dan aksi kemanusiaan nasional maupun internasional menyelamatkan, merehabilitasi warga sipil di Aleppo,” lanjutnya.

Dan terakhir, himbauan untuk terus melakukan Qunut Nazilah pun digaungkan sebagai doa penguat kepada saudara-saudara Muslim di Aleppo Suriah.

Wilayah Aleppo, khususnya di Aleppo timur sejak dua pekan lalu tak pernah sepi dari serangan rezim Suriah dan sekutunya. Kondisi memprihatinkan tergambar dari ratusan korban yang berjatuhan dari warga sipil. Meski sempat disepakati gencatan senjata, hanya dalam beberapa jam serangan Rezim kembali terulang.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Soal Tragedi Aleppo, Mufti Assad Sebut Bukan “Pembantaian” tapi “Pembebasan”

Sebelumnya, Mufti rezim Suriah ini juga pernah mengeluarkan fatwa menyeramkan. Ia berulang kali memberikan pembenaran bagi Bashar Assad yang melakukan pembantaian terhaap warga Suriah di Aleppo. Bahkan, ia menyeru pemusnahan massal di wilayah itu.

Jum'at, 16/12/2016 14:47 0

Palestina

Pihak Keamanan Palestina Tangkap Sejumlah Milisi Syiah di Gaza

Perlu diketahui, Hisham Salem, komandan harakah ini juga mengaku senang atas kemenangan rezim Assad di Aleppo dan memberi pujian atas keberhasilan tersebut.

Jum'at, 16/12/2016 14:18 0

Suriah

Rombongan Evakuasi Gelombang Ketiga Tiba di Aleppo Barat

Gelombang ketiga proses evakuasi warga sipil dan pejuang dari Aleppo Timur telah tiba di Aleppo Barat pada Jumat dini hari (16/12).

Jum'at, 16/12/2016 13:44 0

Rilis Syamina

Download Laporan Syamina: Khalifah Ali Bin Abi Thalib [Masa Stagnan Foreign Policy]

Dalam kondisi yang begitu sulit pasca terbunuhnya khalifah ketiga Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib dengan berat hati menerima jabatan khalifah yang dipercayakan kepadanya. Meski tatkala itu, tidak semua wilayah Islam ikut berbaiat mendukungnya.

Jum'at, 16/12/2016 12:30 1

Afrika

Bantu Warga Aleppo, Hacker Tunisia Retas Puluhan Website Rusia

Masyarakat internasional melakukan berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menolong warga Aleppo. Salah satunya dengan meretas website milik negara pendukung rezim Assad, Rusia.

Jum'at, 16/12/2016 10:40 0

Yaman

AQAP Berlepas Diri dari Serangan Bom di Kamp Militer Yaman

Organisasi Al-Qaidah Yaman (AQAP) menegaskan tidak terlibat sama sekali dalam serangan bom di kamp perekrutan pasukan pemerintah di Provinsi Aden, Sabtu lalu (10/12).

Jum'at, 16/12/2016 10:10 0

Opini

Ahok, Media dan Kelas Menengah

Pemilihan Gubernur DKI tinggal menunggu hitungan bulan. Dua pasangan calon gubernur, Anies Baswedan - Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni akan menantang gubernur petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Jum'at, 16/12/2016 09:40 0

Suriah

Dua Ribu Warga Berhasil Dievakuasi dari Aleppo Timur

Setelah sempat terhenti akibat ulah milisi Syiah, proses evakuasi warga Aleppo pada Kamis (15/12) kembali dilanjutkan

Jum'at, 16/12/2016 08:57 0

Artikel

11 Fakta di Balik Musibah di Aleppo Timur

Aksi heroik perlawanan rakyat dan pejuang oposisi di Aleppo timur yang terkepung, sebagian besar adalah penduduk lokal Suriah, bukan pejuang asing sebagaimana yang kerap digambarkan oleh media Barat.

Jum'at, 16/12/2016 08:19 0

Suriah

Menhan Turki: Tragedi Aleppo Menyakiti Hati Kita Semua

"Peristiwa baru-baru di Aleppo menyakiti hati kita semua dari segi kemanusiaan,"

Kamis, 15/12/2016 20:28 0

Close