... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AQAP Berlepas Diri dari Serangan Bom di Kamp Militer Yaman

Foto: Lokasi ledakan di kamp militer di Aden [foto: Al-Jazeera]

KIBLAT.NET, Aden – Organisasi Al-Qaidah Yaman (AQAP) menegaskan tidak terlibat sama sekali dalam serangan bom di kamp perekrutan pasukan pemerintah di Provinsi Aden, Sabtu lalu (10/12). Pernyataan ini dikeluarkan setelah AQAP didesak oleh suku-suku Yaman memberi penjelasan terkait bom yang menewaskan puluhan tentara pro pemerintah itu.

Dalam pernyataannya yang didapat portal Arabi21.com, Rabu (15/12), organisasi yang bernama lain Anshar Syariah itu mengecam Daulah Islamiyah atau ISIS, yang bertanggung jawab dalam serangan itu. AQAP menegaskan berlepas diri dari perbuatan-perbuatan kelompok pimpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu.

AQAP menjelaskan bahwa pernyataan ini dibuat menjawab desakan para tokoh suku Bakzam. Tokoh-tokoh itu meminta AQAP mengeluarkan pernyataan resmi terkait bom yang menewaskan dan melukai sejumlah warga suku itu.

Meski menyatakan tidak terlibat dalam bom tersebut, organisasi yang aktif di Yaman Selatan ini kembali menegaskan pendapatnya bahwa bergabung pasukan militer Yaman hukumnya haram.

Dalam surat yang ditujukan kepada suku Bakzam, AQAP menekankan bahwa pihaknya melihat organisasi ISIS telah menyimpang. Banyak para ulama Al-Qaidah telah menjelaskan penyimpangan mereka. Mereka (ISIS) juga sudah berpisah dengan Al-Qaidah, baik secara manhaj dan organisasi. Bahkan, mereka telah mengumumkan permusuhan kepada Al-Qaidah dan seluruh kelompok Islam.

Di penutup, AQAP menuduh Uni Emirat Arab (UEA) bertanggung jawab penuh atas yang terjadi. Mereka telah mengeksploitasi kemiskinan masyarakat dan mengorbankan rakyat awam.

BACA JUGA  Koalisi Saudi Bebaskan 200 Pemberontak Syiah Hutsi

Sedikitnya hampir 50 tentara tewas dan puluhan lainnya terluka akibat bom yang meledak di pangkalan militer Al-Sawlaban di Aden, selatan Yaman. Pelaku mengaktifkan peledak yang terpasang di ikat pinggangnya, saat para tentara di kamp tersebut tengah berkumpul untuk menerima gaji bulanan.

“Seorang penyerang bunuh diri membidik puluhan prajurit pro-pemerintah yang berkumpul untuk menerima gaji mereka yang tertunda di dalam Pangkalan Militer Al-Sawlaban, di dekat Bandar Udara Aden,” kata sumber keamanan lokal.

Satu sumber intelijen mengatakan pelaku bom bunuh diri menyamar dengan mengenakan pakaian militer dan meledakkan dirinya di kalangan banyak prajurit yang berbaris di sekitar pangkalan tersebut tanpa perlindungan. Beberapa jam setelah insiden ini, ISIS mengaku bertanggun jawab.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Arabi21.com

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Ahok, Media dan Kelas Menengah

Pemilihan Gubernur DKI tinggal menunggu hitungan bulan. Dua pasangan calon gubernur, Anies Baswedan - Sandiaga Uno dan Agus Yudhoyono - Sylviana Murni akan menantang gubernur petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

Jum'at, 16/12/2016 09:40 0

Artikel

11 Fakta di Balik Musibah di Aleppo Timur

Aksi heroik perlawanan rakyat dan pejuang oposisi di Aleppo timur yang terkepung, sebagian besar adalah penduduk lokal Suriah, bukan pejuang asing sebagaimana yang kerap digambarkan oleh media Barat.

Jum'at, 16/12/2016 08:19 0

Manhaj

Spirit 212, Karena Orang Kafir Tak Mungkin Tegakkan Syariat Allah

Semangat penegakkan Al-Maidah 51 memang berisi larangan mengangkat orang kafir sebagai pemimpin. Namun pelarangan itu karena sebuah alasan yang disebutkan di ayat sebelumnya, yaitu perintah untuk menjadikan hukum Allah sebagai aturan hidup manusia yang tidak mungkin dilakukan oleh orang kafir

Kamis, 15/12/2016 20:00 0

Indonesia

Tanpa Surat Resmi, Densus 88 Tangkap Sunarto Sepulang Shalat Ashar Di Masjid

Dalam proses penegakan hukum, lanjut sekretaris ISAC, polisi harusnya menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM). Karenanya, ia meminta agar kepolisian segera mengeluarkan surat penangkapan resmi terkait penangkapan Sunarto

Kamis, 15/12/2016 19:15 0

Indonesia

Seminar Internasional Rohingya Desak Pemerintah Indonesia Buka Jalur Bantuan Resmi

"Ini sebagai wujud peduli kita terhadap Muslim Rohingya"

Kamis, 15/12/2016 18:27 0

Rohah

Jangan Remehkan Rakyat Kecil!

“Ketika mendapatkan musibah, terkadang orang kecil lebih banyak mendatangkan manfaat daripada orang berpangkat.”_ Hamid bin Al-Abbas rahimahullah.

Kamis, 15/12/2016 17:28 0

Indonesia

Aksi FPI Bekasi Sebagai Bentuk Menolong Akidah Saudara Seiman

Pihak dealer penjualan mobil di kawasan Jati Asih, Bekasi, akhirnya membuat surat pernyataan mencabut aturan yang memaksa karyawan Muslim memakai atribut Natal

Kamis, 15/12/2016 15:52 1

Indonesia

FPI Bekasi Sambangi Dealer Mobil yang Paksa Karyawan Pakai Atribut Natal

Front Pembela Islam (FPI) Bekasi, Rabu (12/12), menyambangi dealer mobil di kawasan Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, yang sebelumnya dikabarkan memaksa karyawan muslim memakai atribut Natal.

Kamis, 15/12/2016 14:03 0

Konsultasi

Bolehkah Qunut Aleppo Tanpa Sholat Berjamaah?

Yang mau saya tanyakan, bagaimana kami ibu-ibu yang sholat di rumah, bolehkah kami qunut nazilah sendirian di rumah?

Kamis, 15/12/2016 12:40 0

Video Dokumenter

Film Dokumenter Aksi Bela Islam 212

Aksi Bela Islam dengan sederet jilidnya adalah saringan siapa yang setia dan siapa yang ingkar terhadap janji. Dalam aksi ketiga, umat Islam tetap setia dengan janji yang disepakati, meski janji pembukaan blokade diciderai. Selanjutnya, kita tidak bisa menebak, apakah janji penegak hukum untuk menindak Ahok akan dipenuhi, atau sama seperti janji-janji sebelumnya.

Kamis, 15/12/2016 12:38 0

Close