... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Bolehkah Qunut Aleppo Tanpa Sholat Berjamaah?

Foto: Doa untuk Aleppo

Pertanyaan :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Redaksi Kiblat.net, beberapa hari terakhir kita mendengar keadaan yang memprihatinkan terhadap saudara kita di Aleppo. Para ulama juga telah menyeru imam-imam masjid untuk melakukan qunut nazilah terhadap musibah yang menimpa Aleppo. Yang mau saya tanyakan, bagaimana kami ibu-ibu yang sholat di rumah, bolehkah kami qunut nazilah sendirian di rumah? (Ummu Aiman)

Jawaban :

Saudari penanya yang dirahmati Allah, musibah Aleppo adalah musibah kaum muslimin. Dan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap mereka adalah dengan mendoakan mereka di waktu-waktu mustajab. Seperti, setelah sholat fardhu, sepertiga malam, antara azan dan iqomah dan di waktu-waktu mustajab lainnya. Doa umum seperti ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Qunut nazilah adalah bagian dari doa. Akan tetapi qunut nazilah adalah doa khusus jika ada sebabnya. Di antara sebabnya adalah musibah yang menimpa kaum muslimin. Doa ini dilakukan setelah ruku’ di rekaat terakhir setiap sholat fardhu.

Nah, apakah boleh seseorang yang sholat sendirian mengucapkan doa qunut, mengingat hadits tentang qunut nazilah mengatakan bahwa nabi mengucapkannya saat sholat jamaah?

Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin di dalam sebuah fatwanya menjelaskan (lihat fatwa di sini) :

ثم اختلفوا؛ هل الذي يقنت الإمام وحده. والمراد بالإمام: الذي له السلطة العليا في الدولة أو يقنت كل إمام بجماعة في مسجد. أو يقنت كل مصل ولو منفرداً؟

Artinya : “Kemudian para ulama berbeda pendapat, apakah yang qunut hanya imam seorang (maksudnya adalah khalifah atau pemegang kekuasan tertinggi di sebuah Negara) atau setiap orang yang mengimami sholat jamaah di masjid, atau setiap orang yang sholat walaupun tidak berjamaah.”

فمن أهل العلم من قال: إن القنوت في النوازل خاص بالإمام؛ أي بذي السلطة العليا في الدولة؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلم هو الذي كان يقنت في مسجده، ولم ينقل أن غيره كان يقنت في الوقت الذي كان النبي صلى الله عليه وسلم يقنت فيه.

BACA JUGA  Mungkinkah Wanita Haid Mendapati Keutamaan Malam Lailatul Qadar?

Artinya, “Di antara para ulama ada yang berpendapat bahwa qunut nazilah khusus bagi imam (pemegang kekuasaan tertinggi dala sebuah Negara) karena nabi Muhammad SAW yang melakukan qunut dimasjidnya dan tidak ada riwayat yang menyatakan bahwa selain nabi melakukan qunut bersamaan dengan qunutnya nabi.”

ومنهم من قال: إنه يقنت كل إمام جماعة؛ لأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقنت لأنه إمام المسجد، وقد قال صلى الله عليه وسلم: “صلوا كما رأيتموني أصلي”.

Artinya, “Sebagian ulama berpendapat bahwa yang melakukan qunut adalah setiap imam sholat jamaah. Karena nabi Muhammad SAW melakukan qunut karena beliau adalah imam masjid. Dan beliau SAW bersabda, “Sholatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku sholat.”

ومنهم من قال: يقنت كل مصل؛ لأن هذا أمر نازل بالمسلمين، والمؤمنون كالبنيان يشد بعضه بعضاً.

Artinya, “Sebagian ulama berpendapat bahwa yang melakukan qunut adalah setiap orang yang sholat (walaupun sendirian) karena musibah ini terjadi terhadap umat Islam, karena orang beriman bagaikan satu bangunan yang satu sama lain saling menguatkan.”

والقول الراجح: أنه يقنت الإمام العام، ويقنت غيره من أئمة المساجد، وكذلك من المصلين وحدهم

Artinya, “Yang boleh melakukan qunut adalah khalifah, imam-imam masjid dan orang-orang yang sholat walaupun sendiri.”

Di dalam potongan fatwa di atas syaikh Utsaimin merajihkan pendapat yang menyatakan bahwa yang melakukan qunut tidaklah harus seorang imam, tapi orang yang sholat sendirian di rumah juga diperbolehkan melakukan qunut.

BACA JUGA  Mungkinkah Wanita Haid Mendapati Keutamaan Malam Lailatul Qadar?

Di dalam kitab Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj” Ibnu Hajar Al-Haitsami berkata :

وَيُسْتَحَبُّ مُرَاجَعَةُ الْإِمَامِ الْأَعْظَمِ أَوْ نَائِبِهِ بِالنِّسْبَةِ لِلْجَوَامِعِ فَإِنْ أَمَرَ بِهِ وَجَبَ وَيُسَنُّ الْجَهْرُ بِهِ مُطْلَقًا لِلْإِمَامِ وَالْمُنْفَرِدِ وَلَوْ سِرِّيَّةً

Artinya, “Dan disunnahkan meminta izin khalifah atau yang mewakilinya untuk melakukan qunut di masjid-masjid jami’. Jika khaifah memerintahkan maka wajib dilaksakan. Disunnahkan juga menjahrkan qunut baik sebagai imam maupun sholat sendirian, walaupun pada sholat sirriyah.” (Tuhfatul Muhtaj fi Syarhil Minhaj 6/41 –versi Syamilah)

Di dalam keterangan di atas ada kalimat (وَيُسَنُّ الْجَهْرُ بِهِ مُطْلَقًا لِلْإِمَامِ وَالْمُنْفَرِدِ) yang berarti, disunnahkan menjahrkan qunut baik bagi imam maupun orang yang sholat sendirian. Maknanya, qunut diperbolehkan dilakukan oleh orang yang sholat sendirian. Wallahu a’lam bissowab.
Dijawab oleh : Miftahul Ihsan

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Dokumenter

Film Dokumenter Aksi Bela Islam 212

Aksi Bela Islam dengan sederet jilidnya adalah saringan siapa yang setia dan siapa yang ingkar terhadap janji. Dalam aksi ketiga, umat Islam tetap setia dengan janji yang disepakati, meski janji pembukaan blokade diciderai. Selanjutnya, kita tidak bisa menebak, apakah janji penegak hukum untuk menindak Ahok akan dipenuhi, atau sama seperti janji-janji sebelumnya.

Kamis, 15/12/2016 12:38 0

Indonesia

ASEAN Diimbau Bentuk TPF Pembantaian Muslim Rohingya

Ahli Hukum Internasional, Prof. Hikmahanto Juana, menegaskan bahwa genosida yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya tidak bisa dibenarkan.

Kamis, 15/12/2016 11:29 0

Suriah

Rezim Suriah Lepaskan Palmyra Sangat Cepat, Sengajakah?

Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menegaskan bahwa pasukan rezim Suriah menari pasukannya "sangat cepat" dari kota Tadmur (Palmyra) dan meninggalkan banyak senjata dan amunisi untuk kepentingan pasukan Daulah Islamiyah atau ISIS.

Kamis, 15/12/2016 10:34 0

Suriah

Rezim Rusak Gencatan di Aleppo, Begini Kata Rusia

Gencatan senjata kemanusiaan di Aleppo Timur buyar beberapa jam setelah diberlakukan, tepatnya pada Selasa malam (13/12).

Kamis, 15/12/2016 09:39 0

Suriah

Oposisi dan Rezim Sepakati Gencatan Baru di Aleppo Timur

Penanggung jawab negosiasi oposisi Suriah di kota Aleppo, Al-Faruq Abu Bakar, Rabu (14/12), mengatakan bahwa pihaknya sedang melangsungkan negosiasi kembali terkait gencatan di Aleppo Timur dengan dimediasi Turki dan Rusia.

Kamis, 15/12/2016 09:03 0

Arab Saudi

Beredar Isu Arab Saudi Usir Diplomat Rusia dan Putuskan Hubungan Diplomatik

Sejumlah media menyebarkan isu bahwa kerajaan Arab Saudi pada Rabu, 14 Desember 2016, memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia. Isu tersebut muncul menyusul pembunuhan dan jatuhnya sejumlah besar korban sipil di Aleppo, Suriah. Rusia telah lama menjadi sekutu Basyar Assad dalam masalah ini.

Kamis, 15/12/2016 08:57 0

Qatar

Demi Solidaritas Rakyat Aleppo, Qatar Batalkan Perayaan Hari Nasional

KIBLAT.NET – Qatar telah memutuskan untuk membatalkan perayaan Hari Nasional Qatar, demi solidaritas dengan rakyat...

Kamis, 15/12/2016 08:27 0

Suriah

Milisi Syiah Hadang Evakuasi Sipil dari Aleppo Timur

Pejuang oposisi Suriah, Rabu (14/12), menegaskan bahwa milisi Syiah pendukung rezim Assad menghambat proses evakuasi sipil dari Aleppo Timur yang terkepung.

Kamis, 15/12/2016 07:58 0

Artikel

5 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Membantu Aleppo

Aleppo tubaad (حلب_تباد), itulah tagar yang menjadi trending topic di tanah Arab. Tagar itu berarti Aleppo sedang dibinasakan. Bagaimana tidak, dalam sebuah laporan yang dilansir oleh wartawan Al-Jazeera, saat ini rakyat Aleppo timur hanya menduduki daerah seluas 5 meter persegi. Padahal jumlah mereka yang tersisa masih ribuan, bahkan puluhan ribu.

Rabu, 14/12/2016 19:30 4

Analisis

Ada Kerjasama Internasional di Balik ‘Festival Kematian’ di Aleppo

Semua malapetaka itu terjadi atas restu dan dukungan Amerika. Aleppo merupakan salah satu peradaban tertua dan paling terkenal di dunia. Kota ini, yang dibangun sejak puluhan abad yang lalu, baru-baru ini mengalami penghancuran oleh tangan-tangan jahat yang kuat dari musuh umat manusia, dan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rabu, 14/12/2016 18:34 0