... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ASEAN Diimbau Bentuk TPF Pembantaian Muslim Rohingya

Foto: Ahli Hukum Internasional, Prof. Hikmahanto Juana

KIBLAT.NET, Jakarta – Ahli Hukum Internasional, Prof. Hikmahanto Juana, menegaskan bahwa genosida yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap minoritas Muslim Rohingya tidak bisa dibenarkan.

“Tidak bisa (dibenarkan -red), jangankan terhadap Rohingya, kepada siapapun nggak bisa dibenarkan,” katanya kepada Kiblat.net di Balai Sudirman pada Rabu (14/12).

Ia juga mengungkapkan, selama ini, saat melakukan pembantaian etnis Muslim pemerintah Myanmar beralasan untuk memberantas teroris.  Maka ia menghimbau agar negara-negara ASEAN membuat Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mendalami hal ini. Apakah benar, selama ini Myanmar memberantas teroris.

“Tapi selalu yang dari pemerintah Myanmar bukan etnic cleansing yang mereka lakukan tapi pengejaran terhadap para teroris. Cuman kita nggak tau, kita tau dari mana kalau nggak dicari faktanya,” tuturnya.

“Harusnya ada tim pencari fakta yang dibentuk oleh negara-negara ASEAN,” tegasnya.

Ia juga menghimbau agar Indonesia menjadi negara yang menjadi pelopor untuk membentuk tim pencari fakta tersebut.

Seperti diketahui, Myanmar menggulirkan kampanye militer di wilayah Muslim Rohingya dengan dalih memburu penyerang tiga kantor polisi Oktober lalu. Dilaporkan ribuan rumah Muslim Rohingnya dibakar yang menyebabkan penghuninya melarikan diri ke negara tetangga.

Amnesty Internasional melaporkan, citra satelit melihatkan banyak kampung-kampung Rohingya yang berada di pelosok menghitam. Nampak seperti bekas dibakar.

Reporter: Taufiq Ishak
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rezim Suriah Lepaskan Palmyra Sangat Cepat, Sengajakah?

Departemen Pertahanan AS (Pentagon) menegaskan bahwa pasukan rezim Suriah menari pasukannya "sangat cepat" dari kota Tadmur (Palmyra) dan meninggalkan banyak senjata dan amunisi untuk kepentingan pasukan Daulah Islamiyah atau ISIS.

Kamis, 15/12/2016 10:34 0

Suriah

Rezim Rusak Gencatan di Aleppo, Begini Kata Rusia

Gencatan senjata kemanusiaan di Aleppo Timur buyar beberapa jam setelah diberlakukan, tepatnya pada Selasa malam (13/12).

Kamis, 15/12/2016 09:39 0

Suriah

Oposisi dan Rezim Sepakati Gencatan Baru di Aleppo Timur

Penanggung jawab negosiasi oposisi Suriah di kota Aleppo, Al-Faruq Abu Bakar, Rabu (14/12), mengatakan bahwa pihaknya sedang melangsungkan negosiasi kembali terkait gencatan di Aleppo Timur dengan dimediasi Turki dan Rusia.

Kamis, 15/12/2016 09:03 0

Arab Saudi

Beredar Isu Arab Saudi Usir Diplomat Rusia dan Putuskan Hubungan Diplomatik

Sejumlah media menyebarkan isu bahwa kerajaan Arab Saudi pada Rabu, 14 Desember 2016, memutuskan hubungan diplomatik dengan Rusia. Isu tersebut muncul menyusul pembunuhan dan jatuhnya sejumlah besar korban sipil di Aleppo, Suriah. Rusia telah lama menjadi sekutu Basyar Assad dalam masalah ini.

Kamis, 15/12/2016 08:57 0

Qatar

Demi Solidaritas Rakyat Aleppo, Qatar Batalkan Perayaan Hari Nasional

KIBLAT.NET – Qatar telah memutuskan untuk membatalkan perayaan Hari Nasional Qatar, demi solidaritas dengan rakyat...

Kamis, 15/12/2016 08:27 0

Suriah

Milisi Syiah Hadang Evakuasi Sipil dari Aleppo Timur

Pejuang oposisi Suriah, Rabu (14/12), menegaskan bahwa milisi Syiah pendukung rezim Assad menghambat proses evakuasi sipil dari Aleppo Timur yang terkepung.

Kamis, 15/12/2016 07:58 0

Artikel

5 Hal yang Dapat Kita Lakukan untuk Membantu Aleppo

Aleppo tubaad (حلب_تباد), itulah tagar yang menjadi trending topic di tanah Arab. Tagar itu berarti Aleppo sedang dibinasakan. Bagaimana tidak, dalam sebuah laporan yang dilansir oleh wartawan Al-Jazeera, saat ini rakyat Aleppo timur hanya menduduki daerah seluas 5 meter persegi. Padahal jumlah mereka yang tersisa masih ribuan, bahkan puluhan ribu.

Rabu, 14/12/2016 19:30 4

Analisis

Ada Kerjasama Internasional di Balik ‘Festival Kematian’ di Aleppo

Semua malapetaka itu terjadi atas restu dan dukungan Amerika. Aleppo merupakan salah satu peradaban tertua dan paling terkenal di dunia. Kota ini, yang dibangun sejak puluhan abad yang lalu, baru-baru ini mengalami penghancuran oleh tangan-tangan jahat yang kuat dari musuh umat manusia, dan dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Rabu, 14/12/2016 18:34 0

Suriah

Tak Sampai Sehari, Rezim Assad Rusak Gencatan Senjata di Aleppo

Hanya hitungan jam, rezim Assad dan Iran yang didukung milisi Syiah telah melanggar gencatan senjata di Aleppo Timur.

Rabu, 14/12/2016 16:50 0

Foto

Dari Eropa hingga Gaza, Aksi Protes atas Pembantaian di Aleppo Mengemuka

Penderitaan warga Aleppo turut dirasakan oleh mereka yang memiliki empati kemanusiaan tinggi. Sejumlah warga dari beberapa wilayah di dunia hari Selasa (13/12), menggelar aksi protes atas pembantaian yang dilakukan Rezim Assad dan sekutu-sekutunya

Rabu, 14/12/2016 16:35 1

Close