... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Nashiruddin Haqqani, Sosok Mujahid Cerdas yang Menguasai Empat Bahasa

Foto: Nashiruddin Haqqani

KIBLAT.NET – Dalam profil sebelumnya telah dibahas secara singkat tentang Jaringan Haqqani sebagai salah satu sel Taliban di Afghanistan sekaligus pendirinya, Maulawi Jalaluddin Haqqani. Edisi kali ini kita akan membahas salah seorang putra pimpinan JH ini. Putra beliau ini mewarisi jiwa kepahlawanan ayahnya dan berkiprah penting dalam jihad dan perjuangan.

Maulawi Jalaluddin Haqqani, ayah sekaligus sosok panutan Nashiruddin

Maulawi Jalaluddin Haqqani, ayah sekaligus sosok panutan Nashiruddin

Di dalam gerakan yang didirikan ayahnya, putra pendiri JH ini dikenal sebagai tokoh kunci pendanaan organisasi. Perlu diketahui bahwa Jalaluddin mempunyai dua istri. Istri pertama asli dari suku Zadran yang bertempat di Afghanistan bagian timur dan istri kedua seorang wanita keturunan arab.

Putra Jalaluddin yang kita bahas kali ini adalah keturunannya dari wanita arab. Ia adalah Nashiruddin Haqqani rahimahullah. Nashiruddin ini saudara beda ibu dengan pemimpin JH sekaligus suksesor ayahnya, Sirajuddin Haqqani. Sirajuddin Haqqani adalah anak Jalaluddin dari istri pertama dari suku Zadran.

Nashiruddin Haqqani telah syahid mendahului Sirajuddin pada Ahad, 10 November 2013. Ia ditembak oleh orang-orang yang tidak dikenal di daerah perumahan di Islamabad yang disebut Bhara Kahu, beberapa kilometer dari kedutaan besar AS.

Selang dua hari setelahnya, Imarah Islam Afghanistan secara resmi mengucapkan belasungkawa atas syahidnya seorang pemimpin senior Jaringan Haqqani yang juga anggota dewan kepemimpinan Taliban, Nasiruddin Haqqani atau dikenal sebagai  Zabihullah Mujahid.

“Emirat Islam menyatakan belasungkawa kepada ayahnya, Jalaluddin Haqqani, anggota dewan kepemimpinan Imarah Islam , saudara-saudaranya, keluarga dan semua mujahidin,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan yang diperoleh oleh kantor berita Anadolu.

BACA JUGA  Karantina Wilayah: Perlu tapi Pemerintah Belum Siap

Bagaimanakah sepak terjang beliau di dalam jihad dan perjuangan? Sampai-sampai Nashiruddin dijadikan target pembunuhan oleh orang-orang yang membenci Islam? Simak hanya di sini…

Sepak Terjang Nashiruddin Haqqani

Nashiruddin Haqqani yang juga dikenal dengan nama Zahibullah Mujahid, Dr, Nashir Haqqani, Dr, Alim Ghair ini lahir di Distrik Neka, Provinsi  Paktia pada tahun 1356 H atau 1972. Suasana kelahiran Nashiruddin saat itu bertepatan dengan kudeta komunis di Afghanistan. Ayahnya, Jalaluddin Haqqani memimpin para mujahidin Afghan melawan pendudukan komunis di Paktia. Sebelum terjadi pertempuran didahului dengan pertentangan pikiran antara Islam dan komunis. Karena pemikiran komunis pada dasarnya merusak aqidah Islam, maka berkobarlah perang antara yang haq melawan kebatilan.

Karena kondisi di Afghanistan yang kurang terkendali, sekaligus pendudukan Uni Soviet di Afghanistan, Jalaluddin memutuskan untuk berhijrah. Ia membawa keluarganya Keluar dari Afghanistan menuju kota Miram shah, ibukota Waziristan Utara. Mulai saat itu lah, Nashiruddin kecil tumbuh dan berkembang di daerah itu.

Pendidikan Nashiruddin Haqqani

Nashiruddin mengeyam pendidikan dasar dan menengah di madrasah Mambaul ‘Ulum yang dirintis ayahnya sendiri. Ia juga mengikuti dauroh ulumul Hadits di madrasah itu. Selain itu, Nashiruddin juga menuntut ilmu modern di perguruan Anjaman Al-Quran. Kemudian melanjutkan perkuliahan di fakultas kedokteran dan berhasil mengikuti spesialisasi keahlian dalam kedokteran. Namun, pendidikannya terhenti setelah terjadi peperangan pada saat itu.

Nashir juga dikenal sebagai mujahid yang cerdas. Ia mampu menguasai dengan baik empat bahasa, yaitu bahasa Arab, Persia, Urdu dan Pashto.

BACA JUGA  Dampak Pandemi Corona, Ribuan Satpam Kehilangan Pekerjaan

Namun, dari semua pendidikan yang diperoleh Nashiruddin, ada satu pendidikan yang paling penting dan membekas dalam dirinya. Yaitu pelajaran keteladanan dari sang ayah dalam hal jihad dan perjuangan. Sejak awal Nashir sangat mencintai jihad dan mempunyai harapan besar didalamnya. Lingkungan kehidupannya tidak pernah lepas dari dunia jihad. Di dalam keluarganya berisikan nafas-nafas keislaman yang kuat, hingga muncul sosok keteladanan dari ayahnya sendiri sebagai pemrakarsa Jaringan Haqqani. Tak ayal jika Nashir mewarisi jiwa kepemimpinan ayahnya dan siap mengemban amanah perjuangan.

Kepandaian dan kecakapan Nashir membuat sang ayah mempercayakan amanah yang dibebankan padanya. Nashir menggantikan kepemimpinan  ayahnya majelis syura di Emirat Islam Afghanistan.

Peran Nashiruddin dalam Perjuangan

Bisa dibilang bahwa Nashir benar-benar meniru ayahnya dalam segala hal baik, kepribadian, pemikiran, amalan dan perbuatan. Hingga para mujahid menyebut Nashir sebagai “Sang Anak Singa”. Allah telah menganugerahinya wajah yang tampan, jasmani yang kuat. Orang-orang disekitarnya mengatakan bahwa Nashir adalah orang yang sederhana, rendah hati dan berakhlak mulia.

Salah seorang anggota majelis Syura Emirat Islam Dr. Sher Ali Syah pernah menuturkan kesaksiannya bahwa tidak heran jika Allah menganugerahkan kesyahidan kepada anak Haqqani satu per satu. Karena anak-anak keturunan Haqqani senantiasa mengikuti jalan perjuangan bapaknya dan tiada henti-hentinya mendambakan kesyahidan untuk dirinya sendiri maupun keluarganya.

Dr Shar Ali Syah

Dr Sher Ali Syah

Dr Sher Ali Syah juga menduga bahwa Allah telah mengabulkan doa keluarga Haqqani agar mereka memperoleh kesyahidan. Fakta membuktikan bahwa sebagian besar keluarga Haqqani meninggal dalam keadaan syahid. Subhanallah…

Baca halaman selanjutnya: Anugerah kesyahidan itu tidak...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Minta JPU Sidang Ahok Pertajam Bukti dan Saksi

Sekertaris Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman menilai dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah cukup jelas terhadap pelaku penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Rabu, 14/12/2016 11:08 0

Indonesia

Bantu Gempa Aceh, Sinergi Foundation Bangun Masjid Tahan Gempa

Lembaga pengelolaan zakat, infak dan shadaqoh, Sinergi Foundation, memberi perhatian khusus pada pembangunan meunasah (masjid kecil) dalam membantu korban gempat Aceh

Rabu, 14/12/2016 10:09 0

Turki

PBB: Militer Rezim Bunuhi Sipil Aleppo yang Sembunyi di Rumah

Kementerian Luar Negeri Turki mengecam pembantaian sejumlah besar warga Aleppo timur yang dilakukan rezim Assad.

Rabu, 14/12/2016 09:25 0

Suriah

Aleppo Diambang Pembantaian, Jurnalis Ini Sampaikan Pesan Perpisahan

Wilayah kontrol pejuang Suriah di Aleppo Timur yang dihuni puluhan ribu warga sipil kian terjepit, membuat wartawan dari media One Ground News, Bilal Abdul Kareem, menyampaikan pesan-pesan terakhir.

Rabu, 14/12/2016 09:04 0

Suriah

Oposisi dan Rezim Dikabarkan Sepakati Gencatan di Aleppo Timur

Pasukan Oposisi Suriah di Aleppo timur dilaporkan menyepakati gencatan senjata dengan rezim Assad untuk mengevakuasi warga sipil yang terjebak

Rabu, 14/12/2016 08:10 0

Indonesia

Parmusi: Persidangan Ahok Bisa Seperti Kasus Jessica

Pada saat itu, kata dia, masyarakat yang menginginkan keadilan untuk Ahok sudah mulai meletih dan Ahok kemungkinan akan dibebaskan.

Selasa, 13/12/2016 20:30 0

Afrika

Faksi Islamis Libya Diisukan Saling Serang

Faksi-faksi Islamis Libya diterpa kabar negatif beberapa hari ini. Faksi yang tergabung dalam "Ruang Operasi Keamanan Gabungan Misrata" menyerang wilayah "Saraya Difa’ An Benghazi" di wilayah Thaminah

Selasa, 13/12/2016 19:28 0

Indonesia

Ahok Datang, Massa: Tangkap Ahok, Tangkap Ahok!

"Tangkap Ahok, tangkap Ahok, sang penista agama Islam, jangan biarkan dia bebas,"begitu teriakan massa di depan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016).

Selasa, 13/12/2016 18:50 0

Indonesia

Jika Ahok Tak Kunjung Dipenjara, Jawara Betawi: Hukum Belum Tercipta

Jawara Betawi dari daerah se-Jabodetabek menegaskan, keadilan untuk terdakwa penistaan agama Ahok harus ditegakkan.

Selasa, 13/12/2016 18:40 0

Indonesia

Persidangan Kasus Ahok Dibatasi 80 Peserta

Sidang perdana kasus penistaan agama dengan terdakwa petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang digelar di Pengadilan Negri Jakarta Utara hanya boleh diikuti 80 orang.

Selasa, 13/12/2016 18:13 0

Close